Rudi Salim, Sukses Bangun Bisnis Unik Berkonsep Kredit Online

Rudi-Salim-Kredit-Online

Mungkin rekan-rekan yang hobi main Kaskus sudah pernah mendengar nama Rudi Salim, atau bahkan sudah ada yang pernah mencoba jasa yang ditawarkannya? Yup, nama Rudi Salim nampaknya cukup erat dengan mega forum Kaskus. Pasalnya bisnis yang ia jalankan saat ini tidak lain juga bermula dan dapat berkembang pesat berkat jaringan Kaskus. Lalu apakah bisnis yang dijalankan #entrepreneur muda ini?

Rudi Salim bisa disebut sebagai salah satu perintis model bisnis unik, yakni perkreditan online. Jika dicari lagi, tentunya masih jarang ada layanan kredit online pihak ketiga seperti yang ditawarkan oleh Rudi Salim. Namun yang pasti setelah berjalan beberapa tahun kini omzet bisnis kredit onlinenya telah mencapai Rp 1,3 miliar! Ingin tahu lebih dalam bagaimana ia dapat berhasil mengembangkan bisnis digitalnya tersebut? Berikut ulasannya.

Totalitas Membangun Bisnis

Petuah bisnis “terjun dalam dunia bisnis memerlukan totalitas” nampaknya pantas disandingkan dengan perjuangan yang dilalui Rudi Salim. Pria kelahiran Jakarta 24 April 1987 tersebut membangun bisnis benar-benar dengan semua hal yang ia punya. Bagaimana tidak, demi menjalankan bisnisnya ia mengorbankan studi hingga melego usaha keluarga untuk dijadikan modal.

Pada awalnya, Rudi mungkin seperti pemuda pada umumnya. Ia mempunyai hoby bermain game online dan juga mempunyai ketertarikan besar di dunia bisnis. Selepas pendidikan menengah atas, ia sempat didaftarkan dan masuk di salah satu perguruan tinggi di Jakarta jurusan kedokteran. Pendidikanpun dijalani, namun bersamaan dengan itu inspirasi untuk memulai usaha mandiri juga tak kalah kuat dalam dirinya.

Inspirasi awalnya mungkin cukup sederhana, ia mempunyai rekan yang bekerja di sebuah dealer elektronik besar di Jakarta. Dari kawannnya tersebut, ia mendapat informasi mengenai konsep kredit yang bisa diajukan untuk membeli produk elektronik di tempat tersebut. Dari informasi tersebut ia berfikir, jika konsep kredit barang elektronik tersebut di tawarkan secara online tentu peminatnya akan jauh lebih banyak. Dan setelah mencari informasi jasa sejenis, layanan kredit online pihak ketiga memang masih jarang.

Tanpa menunggu lama, ia segera mempersiapkan konsep dan sistem kredit onlinenya serta mulai mengumpulkan modal. Kisah menarik sewaktu mengumpulkan modal, ia memutuskan menjual mobil miliknya serta melego sebuah usaha karaoke milik keluarganya sebagai modal. Dan setelah berfikir kembali, ia juga memilih putus kuliah agar bisa konsen 100% pada bisnisnya tersebut.  Sangat totalitas bukan? Tapi keyakinan tersebut harus dibayar mahal. Sang ibunda sampai pernah mengatakan pada Rudi di awal karirnya, tidak mau melihat Rudi sebelum ia sukses dengan usahanya tersebut.

Artikel lain: Perkembangan Kaskus, Startup Forum Khas Generasi Muda Indonesia

Jatuh Bangun Menjalankan Bisnis

Dengan semua pengorbanan yang telah dilakukan, Rudi mulai menjalankan usaha kredit online. Kala itu ia memanfaatkan lapak FJB Kaskus untuk menawarkan jasanya tersebut. Tak disangka jasa kredit onlinenya tersebut mendapatkan perhatian para pengguna FJB yang ingin membeli barang elektronik.

Namun di awal usahanya, ia juga mendapatkan banyak kendala. Karena sistem dan tingkat keamanan yang belum terlalu baik, Rudi pernah tertipu seorang pembeli gadungan yang membuat ia merugi belasan juta. Namun perlaham ia mulai menata kembali sistem dan keamanan proses pemberian kredit. Bahkan sebagai rekanan surveyor, Rudi juga menggandeng para moderator forum kaskus yang ada di daerah-daerah. Ia yakin keamanan bekerja sama dengan moderator forum kaskus karena untuk menjadi seorang moderator forum pun tak mudah dan tentu akan menjaga kredibilitasnya di dunia maya.

Setelah perbaikan sistem, usaha kredit online Rudi kian berkembang. Di bawah bendera PT. Excel Trade Indonesia, perusahaan jasa kreditur milik Rudi kian banyak diminati tidak hanya pengguna Kaskus namun juga website sejenis yang lain. Hingga kini Exel Trade telah melayani ratusan debitur aneka produk elektronik. Dengan jaringan di seluruh indonesia, kini nilai omzet usaha kredit online tersebut telah mencapai 1,3 miliar per tahun.

Baca juga: Masa Kuliah Masa Terbaik Untuk Mulai Belajar Berbisnis




Melihak sosok Rudi Salim, yang dapat kita contoh adalah keyakinan dirinya untuk berani terjun ke dalam bisnis dengan semua resiko dan pengorbanannya. Namun ketika sudah menjalankan dengan maksimal, hasil yang diharapkan pun akan nampak dengan jelas di depan kita. Semangat Berbisnis !



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud