Rifai Slamet ~ Tekun “Curi” Ilmu, Mantan OB pun Mampu Sukses Bisnis Properti

Rifai Slamet

Image dari Liputan6.com

Perjalanan seseorang meraih kesuksesan dalam berbisnis memang sering kali sama sekali tidak terduga sebelumnya. Siapapun dengan latar belakang apapun berhak untuk menjadi seorang yang sukses dalam berbisnis. Tidak ada jaminan kesuksesan dalam berbisnis kecuali dari diri sendiri. Sebaik apapun latar pendidikan Anda, seberapapun banyak modal yang Anda miliki, namun jika Anda tidak memiliki kesungguhan tekad dalam berusaha, maka kesuksesan pasti akan menjauh dari Anda.

Kali ini kita akan membahas mengenai cerita inspirasi dari Rifai Slamet, seorang mantan OB (office boy) yang berhasil dan sukses menjalankan bisnisnya. Tak tanggung-tanggung, bisnis yang ia tekuni adalah jual beli properti. Dari #bisnis properti yang ia geluti tersebut, Rifai Slamet berhasil mengantongi pendapatan mencapai 100 juta rupiah.

Lalu bagaimana awal mula mantan OB ini berhasil menjalankan bisnis properti nya, simak kisah selengkapnya di bawah ini.



Awal Mula Jadi Agen Properti Ketika Bekerja Sebagai OB

Rifai Slamet tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa ia akan mempunyai pendapatan yang berkali lipat dari apa yang ia dapatkan dari menjadi seorang OB. Sebagai seorang OB, seperti OB yang lain Rifai menjalankan tugas seperti bersih-bersih kantor, menyediakan kopi dan pekerjaan ringan lainnya. Justru ketika ia menjadi OB inilah pintu rezeki ternyata terbuka untuk dirinya.

Ia adalah seorang OB yang bekerja di Oris Property, dari sini kemudian cerita sukses Rifai dimulai. Ketika itu, salah seorang staf di kantor ia bekerja menawarkan padanya untuk memasang listing di situs properti online Rumahdijual.com.

Setelah memasang listing di situs jual beli property online, Rifai mengaku tak terlalu memikirkannya. Ia kembali bekerja seperti sediakala sebagai seorang OB. Ia hanya sesekali melihat dan ketika ada kesempatan ia kembali memasang iklan. Sampai pada suatu ketika ponselnya berdering dan menghubungi Rifai dimana penelpon tersebut menyatakan tertarik dengan rumah yang dijualnya. Rifai pun merasa sangat gugup bahkan sampai terbata-bata ketika menerima telepon tersebut.

Artikel lain: Ipan Samsudin ~ Mantan Penjual Kopi yang Sukses Berbisnis Online Berkat Kreativitas dan Kerja Keras

Singkat kata, keduanya sepakat untuk bertemu untuk menjalin kesepakatan. Dengan bantuan dari atasannya, Rifai pun berhasil melakukan transaksi pertamanya dalam bisnis properti dengan komisi sebagai agen mencapai 40 juta rupiah, sungguh nilai yang luar biasa bagi seorang OB.

Terus Belajar Untuk Menekuni Bisnis Agen Properti

Dengan hasil yang ia dapatkan pertama kali sebagai agen properti, Rifai kemudian tertarik untuk terjun lebih dalam. Ia pun tak berhenti belajar untuk meningkatkan kemampuannya sebagai pebisnis properti. Rifai sendiri mengaku sebelumnya ia adalah orang yang gaptek, ia tidak pernah kuliah, ia juga sama sekali tidak mampu mengoperasikan komputer.

Untuk internet ia mengaku hanya bisa menggunakan Facebook, itu pun hanya menggunakan ponselnya saja. Namun dengan keadaan itu Rifai tidak pernah menyerah, justru keadaan tersebut memacu dirinya untuk terus belajar terutama pada #teknologi karena sangat membantu sekali terhadap bisnis yang ia geluti.

Ia merasa sangat beruntung karena memiliki rekan-rekan yang baik hati, termasuk atasannya sendiri Bapak Omar. Mereka dengan penuh kesabaran selalu mengajari Rifai untuk memanfaatkan teknologi untuk menunjang bisnisnya. Selain teknologi, Rifai juga banyak belajar mengenai bagaimana menghadapi konsumen kelas atas. Bagaimana berbicara dengan konsumen, bagaimana berhubungan dan menjalin komunikasi dengan mereka, Rifai mengaku belajar banyak dari atasannya.

Baca juga: Ratu Yuliana ~ Perjuangan Dari Waitress Hingga Sukses Berbisnis Aksesoris

Strategi yang Dilakukan Rifai Dalam Menjual Properti

Ada beberapa strategi khusus yang dilakukan oleh Rifai untuk memasarkan dagangannya. Pertama adalah, ia harus mengenal terlebih dahulu properti yang akan dijual. Ia perlu memahami lebih dalam produknya agar jika ditanya oleh konsumen ia bisa menjawab sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atau tidak mengada-ada.

Selain itu, ia juga selalu berusaha untuk datang lebih awal dari konsumen ketika ada janji untuk bertemu. Ada lagi, ia menuturkan seorang agen properti harus bisa menjaga sopan santun pada konsumen agar konsumen merasa nyaman dengan sikap kita.

Dengan strategi seperti itu, ia berhasil menjual banyak properti dan tentunya menghasilkan komisi yang tak sedikit. Bahkan pada bulan Januari 2016 kemarin, ia berhasil mendapatkan komisi mencapai 100 jutaan.





1 comment on this postSubmit yours
  1. mararantappp

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud