Rajin Nge-Vlog, Presiden Jokowi Mendapat Apresiasi Google

Vlog Jokowi

Vlog Jokowi via Detik.com

Belum lama ini salah satu kabar yang paling banyak di dibahas di media sosial atau kanal berita lain, adalah tentang kehadiran penguasa Arab Saudi yakni Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, ternyata timbul beberapa fakta unik selama Raja Arab tersebut menghabiskan beberapa hari di bumi pertiwi.

Salah satu kejadian unik tersebut adalah, ketika Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan vlog dengan Raja Salman dalam sebuah acara makan. Dan bisa ditebak, #vlog tersebut langsung mendapat perhatian tinggi tidak hanya dari netizen lokal namun juga luar negeri. Bahkan, apresiasi juga diberikan oleh perusahaan teknologi Google setelah memandang bagaimana Presiden Jokowi mampu memanfaatkan fasilitas teknologi dengan cerdas.

Manfaatkan Teknologi Digital

Bisa dikatakan bahwa presiden Indonesia saat ini Joko Widodo merupakan salah satu pemimpin negara yang paling banyak memanfaatkan fasilitas internet untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya. Tidak hanya melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter, Jokowi juga dikenal dengan beberapa vlog atau video blog yang ia buat pada akun resmi Youtube Presiden Jokowi.

Dan yang terbaru serta paling menarik, tentunya vlog yang ia buat bersama dengan pimpinan Arab Saudi, Raja Salman. Dalam video blog tersebut nampak Presiden Jokowi menyampaikan bahwa dirinya sedang dalam sebuah jamuan makan bersama Raja Salman. Bahkan, ada pula sesi dimana raja Salman juga menyampaikan beberapa patah kata kepada para penonton.

Artikel lain: Cara Unik Menangkap Potensi Bisnis Dibalik Fenomena Jaket Jokowi

Hal semacam ini tentunya menjadi langkah positif terutama jika dilakukan oleh para pemimpin negara. Seorang pemimpin yang terkadang terkesan sulit untuk disentuh oleh para masyarakat, kali ini bisa dilihat dari sisi lain lewat fasilitas teknologi.

Menanggapi hal tersebut, Shinto Nugroho selaku Head of Public Policy & Government Relations Google Indonesia menyampaikan bahwa, upaya memanfaatkan media sosial serta membuat video blogging yang dilakukan oleh Presiden Jokowi merupakan langkah tepat untuk bisa lebih akrab dengan masyarakat.




“Kita semua jadi tahu apa sebenarnya yang ada ‘di balik layar’. Kita juga bisa lihat sisi humanis dari Kepala Negara ini yang sebenarnya tidak banyak orang ketahui. Presiden Jokowi bukan sekali dua kali (nge-vlog) saja, bisa dibilang sering,” kata Shinto.

Menangkap Moment Khusus

Dalam keterangannya, Shinto menyebut bahwa vlog Jokowi dapat menjadi ajang dimana masyarakat umum melihat pemimpin negaranya dengan lebih dekat. Dalam acara makan siang bersama Raja Salman tersebut, ada momen khusus yang memang tidak bisa dilihat oleh masyarakat umum dalam kondisi biasa. Maklum karena selalu ada penjagaan ketat bagi seorang pemimpin negara.

Beberapa momen tersebut antara lain seperti ketika sang Raja Arab makan serta membenarkan sorban dan hal tersebut terekam kamera secara langsung dan sangat spontan.

“Bisa dilihat, vlog tersebut memperlihatkan sosok Raja Salman yang (seharusnya) bersahaja jadi terlihat lucu saat memperbaiki letak sorbannya. Dalam sudut pandang yang dekat, beliau (Raja Salman) seolah-olah berbicara langsung ke rakyat Indonesia. Hal-hal ini kan semua orang tidak bisa tahu. Jadinya menarik,” ia meneruskan.

Lebih lanjut, pihak Google melihat bahwa apa yang dilakukan oleh Presiden Jokowi tidak lain merupakan upaya untuk lebih mengakrabi kalangan anak muda. Tidak hanya itu, upaya pendekatan melalui teknologi juga dapat digunakan sebagai sarana menyampaikan pesan positif namun dalam bentuk yang lebih menghibur.

Karena disadari atau tidak, saat ini ketika teknologi mengambil peranan penting dalam kehidupan masyarakat, kita tidak hanya membutuhkan hal baik namun juga sesuatu yang menghibur. Karena ketika hal tersebut disampaikan secara menghibur, maka akan lebih mudah untuk dicerna dan diterima.

Baca juga: Ingin Lapor Presiden Via Twitter? Bisa! Ini Twitter Presiden Jokowi Yang Baru

Dalam kesempatan tersebut Shinto bahkan membandingkan Presiden Jokowi dengan salah satu pemimpin negara lain yakni Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. Ia menyatakan bahwa presiden kita termasuk salah satu presiden yang paling eksis di dunia maya.

“Bisa dibilang, dari semua (Kepala Negara) yang rajin vlogging, Pak Jokowi mungkin bisa jadi yang paling eksis. Sebetulnya ada Justin Trudeau (PM Kanada) follower-nya nggak sebanyak Presiden kita,” terang Shinto.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. Presiden aja yang sangat super sibuk aja masih bisa meluangkan waktu untuk nge-vlog, masak kita nggak ada waktu untuk itu…alasan, hehe…

  2. Ini baru presiden yg mau berkembang di dunia informasi masyarakat.

  3. Jujur meski belum pernah berjumpa secara langsung dengan pak Presiden, tapi ngga tahu kenapa kok rasa-rasanya saya udah kenal dekat ya dengan pak Jokowi. Hmmm.

  4. lanjut pa joko, biar kekinian

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud