Rahasia Sukses Dapatkan Pendanaan Investor Ala Founder Dapurmasak.Com

mendapat pendanaan investor ala founder dapurmasak

Image dari Techinasia.com

Untuk perusahaan-perusahaan dengan skala yang cukup besar pendanaan dari investor merupakan salah satu sumber finansial yang sangat dibutuhkan. Mulai dari tahap #startup hingga pengembangan, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Beruntung jika sang founder dan tim mempunyai dana sendiri (bootstrap) yang cukup untuk menjalankan seluruh aktivitas perusahaan. Namun jika dana pribadi tidak mencukupi, pilihan mencari investor lah yang akan menjadi solusi.

Kembali, permasalahannya tidak berhenti begitu saja. Ketika ingin mendapatkan pendanaan dari investor cukup banyak syarat yang harus dilalui oleh sebuah perusahaan atau startup. Meski sulit namun bukan berarti tidak mungkin, tinggal bagaimana kita mencari tips dan trik untuk memperlancar dalam upaya menggaet investor potensial.

Berikut ini beberapa tips dari founder dapurmasak.com, Soegianto Widjaja tentang bagaimana menarik minat investor menanamkan dana pada bisnis kita. Semoga bermanfaat.

1. Alasan Memberikan Pendanaan Investor

Setiap investor yang ingin menginvestasikan dananya pada sebuah bisnis tentu telah berpikir dengan matang apakah bisnis tersebut potensial untuk dijalankan. Oleh karena itu kita sebagai pemilik bisnis harus mampu memberikan alasan mengapa layak mendapatkan pendanaan investor.

Menurut pria yang akrab disapa Soegi ini, faktor “alasan” mempunyai kekuatan yang lebih tinggi daripada produk dan proses bisnis kita sendiri. Dalam pengalamannya mengembangkan dapurmasak.com, Soegi mencurahkan lebih banyak fokus pada tahap startup untuk mencari alasan tersebut.




Artikel lain: Mau Startup Anda Dilirik Investor? Terapkan Tips Pitching Bisnis yang Baik Berikut Ini

2. Kekuatan Tim

Yang kedua untuk dapat menarik minat investor adalah membentuk sebuah tim yang solid. Untuk sebuah bisnis yang besar tentunya investor tidak mau menyerahkan dananya begitu saja pada tim bisnis yang tidak kompeten.

Oleh karena itu kita perlu membentuk sebuah tim dari orang-orang yang mempunyai kemampuan mumpuni di setiap bidang. Selain itu yang harus kita pahami adalah kita bukanlah manusia super yang bisa mengerjakan banyak tanggung jawab sekaligus. Diperlukan orang lain yang siap membantu kita untuk mengembangkan bisnis bersama-sama.

3. Faktor Kualitas Produk

Setelah dua point di atas terpenuhi, barulah menginjak pada tentang kualitas produk. Meski berada pada poin ketiga bukan berarti kualitas produk bisa dikesampingkan. Setelah pihak investor mengenal bisnis kita, tentunya mereka ingin diyakinkan dengan produk yang memang memiliki potensi tinggi.

Umumnya yang dibutuhkan untuk mendapat pendanaan investor adalah jenis produk yang telah tervalidasi. Validasi di sini yang dimaksudkan adalah telah terukur dalam segala halnya seperti ukuran, bahan, keamanan, legalitas dan lain sebagainya. Jadi pastikan seluruh poin-poin tersebut telah terpenuhi sebelum anda memperkenalkan produk kepada calon investor.




Soegi menambahkan bahwa kita harus membuat produk yang variabel produk atau MVP. Ketika ia mengembangkan dapurmasak.com, dia bersama tim berusaha untuk menggali dan menvalidasi layanan dapurmasak.com secara detil dan menyeluruh. Hasilnya, ketika investor melihat produk kita mereka tidak akan ragu.

Baca juga: 11 Investor Potensial Bagi Startup Teknologi di Indonesia

4. Ketertarikan Konsumen

Setelah membicarakan beberapa poin di atas sebagai penutup dan juga salah satu yang paling penting untuk mendapat pendanaan investor adalah, dapat mengenali ketertarikan konsumen. Hal ini tentu sangat penting karena sebagus apapun produk yang kita tawarkan jika tidak bisa menarik konsumen maka akan sama saja.

Pastikan bahwa setelah produk kita selesai dibuat, produk tersebut dapat memberikan solusi atau manfaat kepada konsumen. Baik itu dalam bentuk produk barang atau jasa, semuanya harus benar-benar dikembangkan berdasarkan permasalahan yang ada.

Seperti yang dilakukan oleh Soegi  kalau itu dirinya melihat bahwa masih banyak ibu-ibu rumah tangga di Indonesia yang merasa kesulitan mendapatkan resep atau panduan memasak yang lengkap dan terpercaya via #media online. Dan benar saja setelah situs dapurmasak.com dirilis, website tersebut menjadi salah satu portal yang sangat membantu siapa saja untuk mencari panduan memasak. Inilah kekuatan potensi ketertarikan konsumen yang dicari oleh para investor.

Selain beberapa tips di atas, tentunya masih ada cara lain yang bisa Anda terapkan dalam upaya mendapatkan pendanaan dari investor. Gali terus potensi bisnis dan tunjukkan bahwa bisnis Anda layak mendapatkan pendanaan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud