Rahasia Di Balik Kesuksesan Startup di Silicon Valley

Image dari Clevertap.com

Image dari Clevertap.com

Kita semua sudah tahu bahwasannya Sillicon Valley adalah sebuah nama yang dijadikan sebagai rujukan startup di seluruh dunia termasuk juga Indonesia. Ekosistem startup di Silicon Valley begitu mendukung perkembangan setiap startup untuk mencapai kesuksesan.

Jika Anda saat ini sedang mencoba merintis dan mengembangkan #startup, maka tidak ada salahnya jika Anda sedikit melirik apa saja yang dilakukan oleh para pebisnis startup di Silicon Valley sehingga bisa mencapai kesuksesan. Di bawah ini adalah beberapa alasan yang membuat banyak startup yang ada di Silicon Valley mencapai kesuksesan.

1. Kepemimpinan yang Kuat di Silicon Valley

Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya faktor kepemimpinan yang kuat menjadi pendorong utama yang membuat banyak startup di Silicon Valley menuai kesuksesan. Banyaknya pemimpin yang memiliki visi dan mengelola sebuah organisasi membuat banyak talenta berminat untuk bergabung.

Sinergi antar pemimpin yang memiliki visi yang kuat dengan talenta yang berbakat membuat ekosistem startup di Silicon Valley menjadi tumbuh dan berkembang dengan sehat. Sehingga pada akhirnya memunculkan platform startup yang maksimal dan sukses. Artinya platform startup bisa diterima oleh masyarakat dan banyak yang merasa butuh dengan keberadaan platform startup itu sendiri.

Artikel lain: Silicon Valley ~ Tempat Kelahiran Pusat Teknologi Dunia




2. Kebebasan Terhadap Karyawan

Seorang founder startup yang memiliki visi jauh ke depan tentu mengerti apa yang bisa membuat karyawan termotivasi. Karyawan yang termotivasi biasanya akan memunculkan iklim kompetitif antar masing-masing dari mereka. Memberi kebebasan ruang untuk berkreasi dan berinovasi pada karyawan tentu akan membuat para karyawan lebih tersentuh sisi kreatifitasnya.

Lebih dari itu, membebaskan karyawan membawa binatang piaraan, memakai sepeda untuk berkantor, atau pun bahkan memberikan kebebasan dalam mengatur jadwal kerja membuat karyawan semakin nyaman dalam menjalani pekerjaan mereka. Nah, ketika bekerja dengan senang dan nyaman, tentu saja ini membuat para karyawan lebih produktif lagi dalam menjalankan pekerjaan mereka.

3. Tidak Membuat Produk Tapi Membuat Platform

Di Silicon Valley, mereka tidak membuat produk, namun mereka membuat sebuah platform. Jika dulu untuk mendapatkan uang harus dengan menjual produk atau membuat produk untuk dipasarkan, ini berbeda dengan apa yang dilakukan di Silicon Valley. Mereka membuat platform untuk mengeruk keuntungan, seperti misalnya Facebook.

#Facebook bukan sesuatu yang diperjualbelikan untuk mendapat keuntungan, namun mereka mendapatkan keuntungan dari para pengguna yang berinteraksi menggunakan Facebook. Dan hal ini seakan menjadi mata uang baru di dunia modern. Ukuran kesuksesan adalah bukan seberapa banyak konsumen membeli produk, namun seberapa banyak konsumen menggunakan sebuah platform tersebut.

4. Adanya Enginer yang Berpikir Seperti Consumer

Sudut pandang seperti konsumen atau pengguna sangat penting dalam menjalankan sebuah startup. Tentu saja ini sangat untuk menunjang agar sebuah platform startup bisa berguna dan bisa bermanfaat bagi para pengguna. Sehingga ketika platform diluncurkan dan itu bisa berguna bagi masyarakat, maka dengan sendirinya akan banyak yang menggunakan platform tersebut.




Ketika platform semakin banyak digunakan oleh pengguna, maka kesuksesan sebuah startup bisa dilihat dari banyaknya pengguna tersebut. Dan inilah yang terjadi di Silicon Valley, di sana setiap level yang ada baik dari CEO sampai pada tim-tim kecil selalu memiliki pandangan seperti layaknya seorang pengguna.

Baca juga: Indonesia Diwakili Presiden dan Menkominfo Akan ke Silicon Valley, Ada Apa?

5. Mengetahui Pentingnya Uang Untuk Perkembangan Startup

Untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya, sebuah startup pasti memerlukan uang sebagai salah satu pendorongnya. Namun demikian, saat mengembangkan platform uang harus memiliki fungsi lebih dari sekedar untuk memenuhi kebutuhan pengembangan platform itu sendiri.

Namun uang harus juga bisa menghubungkan mereka dengan ekosistem yang lebih luas. Ini penting sekali untuk memberikan daya dorong tambahan agar startup bisa lebih tumbuh ke depannya dalam menerjemahkan visi yang sudah mereka bangun sejak awal.

Jika ingin meningkatkan perkembangan ekosistem startup di Indonesia, setidaknya lima poin di atas harus diwujudkan di Indonesia. Dengan adanya faktor-faktor penting tersebut, sebuah ekosistem akan bisa berkembang secara mandiri sehingga bisa menunjang startup yang pada akhirnya tentu akan meningkatkan bisnis #ecommerce di Indonesia sendiri.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud