Puali, Aplikasi Marketplace Jual Beli Online Dengan Konsep Twitter

Aplikasi-Puali-Marketplace-Dengan-Konsep-Twitter

Perkembangan bidang marketplace di Indonesia memang berlangsung secara pesat. Kehadiran konsep marketplace di internet makin memudahkan kita dalam melakukan proses transaksi jual beli dengan pihak yang berada di daerah lain. Hanya dengan terhubung melalui internet dan #aplikasi mobile, kita bisa memperoleh produk atau jasa secara praktis tanpa harus mencari-cari ke luar rumah. Konsep yang praktis inilah yang diterapkan marketplace populer seperti OLX Indonesia.

Bila kita sering merasa bingung dengan fitur marketplace yang terlalu beragam, maka marketplace sederhana dengan konsep ala #Twitter mungkin bisa menjadi alternatif yang praktis dan mudah digunakan. Konsep inilah yang sudah dikembangkan oleh sekelompok pemuda Indonesia, sebuah konsep marketplace yang simpel dan mudah dimengerti oleh seluruh pengguna internet. Aplikasi marketplace tersebut adalah Puali.

Tentang Berdirinya Puali

Didirikan secara resmi pada tanggal 3 Oktober 2014 oleh Triandy Gunawan dan Stefanus Christofan, Puali (Puali.com) mengetengahkan konsep #media sosial pada layanan iklan baris yang dijalankan. Berbeda dengan konsep marketplace ala OLX Indonesia, memasang dan mencari iklan baris di Puali bisa dilakukan secara mudah dan praktis seperti membuat update status di Twitter.

Saat ini Puali dikembangkan dengan fokus pada platform website yang kemudian dilengkapi dengan aplikasi mobile yang praktis untuk para pengguna gadget. Dengan inovasi tersebut, maka diharapkan Puali bisa semakin dikenal oleh para pengguna internet di seluruh Indonesia.

Artikel lain: Mencermati Perbedaan Toko Online dan Marketplace

Tantangan dan Mekanisme yang Dijalankan Puali

Puali memulai debutnya bukan tanpa tantangan. Meski mengusung konsep baru yang berbeda dengan jenis marketplace dan forum jual beli lainnya, Puali secara tidak langsung menjadi saingan bagi berbagai marketplace dan forum seperti FJB Kaskus, Bhinneka, Lazada dan OLX Indonesia.

Yang membuat Puali lebih spesial dan berbeda dari marketplace lainnya adalah konsep time line yang digunakan. Timeline Puali memungkinkan kita untuk melihat berbagai produk yang dijual oleh para pengguna Puali lainnya.

Kita juga bisa memberikan komentar atau pesan personal pada posting timeline yang kita minati. Fitur komentar dan pesan personal ini sangat mudah diakses dan membuat kita bisa terhubung dengan para pengguna akun Puali lainnya secara praktis dan cepat. Hampir sama seperti menggunakan media sosial lain, Puali menjadikan proses jual beli menjadi nuansa sosial yang lebih menyenangkan.

Sedangkan untuk memudahkan pencarian, Puali juga membagi produk tersebut ke dalam beberapa kategori seperti gadget, #komputer, fashion, properti, mobil, motor dan beberapa kategori lainnya. Bila ingin menjalin komunikasi personal dengan pihak penjual di Puali, maka kita bisa langsung mem-follow para pemilik akun Puali tersebut.

Yang akan Diperbaiki oleh Puali

Walaupun masih terhitung baru, hingga pertengahan Desember 2014 Puali sudah memiliki 3.500 pengguna aktif di website dan aplikasi mobile. Jumlah tersebut juga dibarengi dengan lebih dari 33.500 iklan produk yang di posting di timeline Puali. Untuk versi sistem operasi Android, Puali sudah di download sebanyak 2.335 kali, sedangkan untuk sistem operasi #iOS jumlah download masih berkisar di angka 490.

Hingga awal tahun 2015, Puali masih dijalankan secara bootstrap dan belum melakukan monetisasi atau kerjasama dengan pihak manapun. Namun tim Puali berencana untuk memberlakukan sistem iklan premium mulai tahun 2015 bagi para pengguna Puali yang berminat. Para pengguna iklan premium akan memperoleh benefit berupa tempat khusus pada listing dan news feed di Puali.




Disamping melakukan pengembangan fitur iklan premium, Puali juga akan mengembangkan fitur rekening bersama untuk memfasilitasi transaksi jual beli secara aman dan praktis. Pihak penjual dan pembeli yang menggunakan akun Puali jadi tidak perlu khawatir dengan maraknya penipuan yang sering terjadi di bidang bisnis online. Supaya lebih keren dan menarik lagi, Puali juga berencana untuk meluncurkan fitur iklan dengan format video. Karena promosi produk tidak cukup hanya dilakukan melalui deretan tulisan atau foto produk saja.

Baca juga: 6 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet

Jadi, bagi kita yang termasuk pebisnis online dan pengguna beragam marketplace, tidak ada salahnya mencoba menggunakan Puali sebagai salah satu marketplace unik yang terus berkembang dan diperbaharui. Yuk meraih kesuksesan berbisnis online dengan memanfaatkan ragam fitur bermanfaat di Puali!




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud