Program Eduwisata ~ Peluang Bisnis Wisata Berbalut Nilai Pendidikan

Image dari Budayaindonesia.net

Image dari Budayaindonesia.net

Musim liburan selalu menjadi waktu yang paling ditunggu utamanya bagi anak-anak. Tak harus berkutat dengan rutinitas harian di sekolah serta bisa melakukan banyak hal yang disukai menjadi alasan mengapa waktu liburan bak surga dunia bagi anak-anak.

Dan bagi orang tua, tak jarang ada yang telah menyiapkan serangkaian rencana wisata liburan dengan keluarga. Pada umumnya obyek wisata menjadi tempat yang paling ramai diserbu. Ini jugalah yang menjadi gerbang keuntungan bagi penggiat #bisnis wisata. Mulai dari aneka jasa wisata hingga bisnis kuliner ikut terdongkrak omsetnya saat musim libur tiba.

Dan bagi Anda yang mungkin tengah merencakan untuk berwisata atau bagi pebisnis yang sedang mencari ide usaha seputar wisata, kali ini akan kita bahas salah satu konsep wisata yang mempunyai prospek yang menjanjikan, yakni konsep Eduwisata. Menawarkan gabungan antara edukasi dan wisata, popularitas jenis wisata yang satu ini memang kian meningkat dan banyak diminati.

Sekilas Tentang Konsep Eduwisata

Secara sederhana konsep yang ditawarkan oleh Eduwisata adalah menggabungkan antara layanan wisata pada umunya namun selipi dengan berbagai macam nilai pendidikan praktis sesuai dengan tema yang diambil.

Konsep semacam ini memang bukan hal baru, bahkan di luar negeri konsep Eduwisata telah lama dikembangkan dan ditawarkan dalam berbagai bentuk. Seperti salah satu kamp pelatihan kependidikan yang banyak diselenggarakan di musim panas. Tidak hanya kegembiraan yang ditawarkan, kamp tersebut juga memberikan banyak bekal pendidikan praktis seperti kepempinan hingga ketrampilan harian.

Artikel lain: 8 Jenis Usaha/ Bisnis Yang Cocok di Tempat Wisata

Di Indonesia, penggiat ranah bisnis ini memang belum sebesar yang ada di luar negeri. Namun sudah ada beberapa konsep Eduwisata yang berhasil dikembangkan dan menarik minat masyarakat. Salah satunya yakni penyedia jasa Eduwisata Tiara Mas yang ada di kawasan pulau dewata Bali.

Dimulai dari Sinematografi

Adalah Agung Bawantara yang mendirikan perusahaan jasa Eduwisata Tiara Mas. Ia merupakan seorang penulis serta pakar Sinematografi yang telah banyak berkarya dan bersentuhan dengan obyek seni dan wisata. Berkat bidang yang ditekuninya tersebut ia mulai mengenal dan melihat adanya peluang besar yang bisa dikembangkan dari konsep Eduwisata.

Pulau Bali yang menjadi salah satu surga wisata di Indonesia juga dipandang Agung sebagai lahan sempurna mengembangkan proyek tersebut. Pada awalnya, ide menjalankan jasa eduwisata tercetus ketika ia sedang menggelar workshop produksi film dokumenter yang berkerja sama dengan pihak pemerintah daerah setempat. Kala itu, ternyata peminat workshop tersebut cukup banyak bahkan hingga berasal dari luar daerah.

Dalam sesi workshop, para peserta tentunya dibekali dengan beragam ilmu terkait sinematografi, khususnya bagaimana membuat film dokumenter yang menarik. Dan sebagai agenda pelengkap, setiap peserta dibawa berkeliling di beberapa daerah wisata di Bali untuk menangkap obyek sinematografi sebagai bahan membuat film dokumenter.




Tak disangka, banyak peserta yang menyatakan mendapat manfaat besar yakni mendapatkan tambahan ilmu terkait obyek wisata yang dikunjungi seperti tentang seni tari, topeng, hingga tentang kerajinan. Inilah yang menjadi cikal bakal Agung mendirikan Tiara Mas sebagai penyedia jasa eduwisata.

Menawarkan Berbagai Pilihan

Menurut Agung yang peluang bisnis eduwisata ini masih memiliki pasar yang sangat luas. Saat ini selain menangani peserta siswa-siswa sekolah atau mahasiswa, jasa wisata ini juga sangat pas diambil oleh keluarga yang ingin berlibur bersama.

Kekuatan utama dari Eduwisata adalah menggabungkan nilai kebersamaan, kegembiraan, petualangan dan tentunya pendidikan. Nantinya ada beberapa jenis wisata khusus yang bisa dipilih, di antaranya adalah paket wisata seni tari, pembuatan kerajinan hingga sistem pertanian yang ada di Bali. Setiap peserta yang bergabung akan diajak berkeliling ke beberapa obyek wisata sejenis, sehingga ilmu yang didapatkan lebih mantab dan beragam.

Baca juga: GoArchipelago ~ Siapkan Layanan Wisata Bersanding dengan Kegiatan Sosial

Selain itu salah satu paket menarik yang ditawarkan oleh Tiara Mas adalah penggabungan antara eduwisata plus pelatihan sinematografi yang telah ditekuni Agung sejak lama. Paket ini tentunya sangat pas di ambil oleh rekan-rekan yang memang mempunyai hobi atau telah menggeluti dunia pembuatan film.

Kini waktu liburan dapat dihabiskan dengan cara yang lebih bermanfaat dengan memilih paket wisata bertema Eduwisata. Dan untuk rekan-rekan yang tertarik dengan paket yang ditawarkan Tiara Mas bisa menghubungi lewat:

TIARA MAS, Jl. Akasia 28 Denpasar, Bali

Telp (0361) 232710

E-mail: ek[email protected]



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud