Pom Bensin Mini, Peluang Bisnis yang Berawal dari Kebutuhan Sehari-hari

Pom-Bensin-Mini-Peluang-Bisnis

Jumlah kendaraan bermotor yang semakin banyak di jalan raya memang menimbulkan masalah kemacetan yang sulit diatasi di kota-kota besar. Kondisi ini memang telah menjadi masalah klasik yang penyelesaiannya masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

Namun tahukah kita bahwa melimpahnya jumlah kendaraan bermotor juga membawa peluang bisnis baru? Peluang bisnis tersebut berasal di bidang jual beli bahan bakar atau bensin. Saat ini memang banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) milik negara yang tersebar di sejumlah daerah. Akan tetapi hal tersebut tidak menghalangi pertumbuhan bisnis penjual bensin eceran yang menjangkau pelosok-pelosok daerah hingga di jalan tikus yang sering dilalui kendaraan bermotor.

Produsen POM Bensin Mini

Karya Teknik Bersama (KTB) adalah salah satu produsen pom bensin mini yang cukup populer dan dikenal oleh para pebisnis bensin eceran. Awalnya, pengembangan pom bensin mini yang diproduksi oleh KTB hanya dipasarkan secara mouth to mouth. Konsep pom bensin mini tersebut menyerupai tank pengisian yang terdapat di SPBU.

Ketika hendak mengisi bensin, penjual bensin tinggal mengarahkan tank pengisian ke tangki bahan bakar kendaraan bermotor, persis seperti prosedur yang dilakukan di SPBU. Bedanya, pom bensin mini ini terdiri dari single tank dengan desain menyerupai booth yang simpel dan praktis. Lihat gambar di spoiler,

[spoiler]
pom-bensin-mini[/spoiler]
[spoiler]
Pom-Bensin-Mini-Peluang-Bisnis-02[/spoiler]

Apa Keunggulan POM Bensin mini?

Berbisnis bensin eceran dengan menggunakan pom bensin mini ternyata memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan bisnis bensin eceran yang masih memanfaatkan pengisian bensin di botol-botol. Keunggulan yang diperoleh dari bisnis pom bensin mini ini antara lain:

1. BEP (Break Even Point) yang Relatif Singkat

Kita semua tentu tahu bahwa bensin sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi para pemilik kendaraan bermotor. Oleh sebab itu, bisnis pom bensin mini adalah salah satu bisnis dengan persentase keberhasilan yang sangat besar.

Masa BEP akan menjadi lebih cepat bila kita menempatkan lokasi bisnis di tempat yang strategis, cukup jauh dari SPBU dan banyak dilalui oleh kendaraan motor roda dua. Selain itu yang membuat konsep ini semakin diminati adalah bentuknya yang unik sehingga orang lebih tertarik untuk kembali mengisi bensin via pertamini tersebut.

2. Lebih Modern dan Praktis

Para pelanggan tentu akan lebih mudah tertarik ketika melihat bentuk pom bensin mini yang unik dan khas. Bentuk booth yang praktis dan modern ini secara tidak langsung menjadi sarana pemasaran yang efektif bagi bisnis bensin eceran.

3. Keamanan Lebih Terjaga

Pom bensin mini memiliki tangki penyimpanan bensin yang aman dan terlindungi dari sinar matahari dan benda-benda yang berpotensi menimbulkan percikan api. Sehingga penggunaan konsep pom bensin mini tentu lebih aman daripada bisnis bensin eceran secara konvensional.

4. Jumlah Literan Bensin yang Akurat

Keunggulan yang satu ini sudah pasti disukai oleh para pelanggan bisnis bensin eceran. Jumlah bensin yang keluar dari selang nozzle akan selalu pas dan pelanggan bensin pun puas karena tidak dicurangi. Hal ini tentu saja berbeda dengan bisnis bensin eceran konvensional yang takaran bensinnya dilakukan secara manual.

Perkembangan Bisnis POM Bensin Mini yang Dikelola KTB

KTB selaku produsen pom bensin mini mengaku sangat kewalahan dalam menanggapi pesanan yang datang dari sejumlah pelanggan di Indonesia. Karena pelanggan KTB tidak hanya terbatas pada daerah Jabodetabek saja, tapi juga mulai merambah ke luar pulau hingga sampai ke Bali dan Papua.




KTB mengaku memiliki kapasitas produksi pom bensin mini sebanyak 12 unit per hari. Jumlah ini memang kurang mencukupi mengingat permintaan dari pelanggan bisa mencapai 30 unit pom bensin mini setiap hari. Oleh sebab itu, keterbatasan kapasitas produksi membuat KTB terpaksa meng-cancel pesanan-pesanan yang tidak bisa ditangani.

Baca juga: LewatMana, Pantau Lalu Lintas Secara Real Time Dengan CCTV

Dari Mana Permintaan Tersebut Datang?

Banyak sekali pelanggan KTB yang memesan pom bensin mini untuk dijual kembali. Harga jual pom bensin mini KTB yang berkisar di angka 7 jutaan bahkan bisa di mark up hingga harga 12 jutaan. Tim KTB mengaku tidak ambil pusing dengan keberadaan #reseller yang tidak direncanakan tersebut. Karena kedepannya, tim KTB berencana tetap menjalankan bisnis produksi pom bensin mini secara konvensional dan menambah kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Jika kita bingung ingin memulai bisnis sampingan apa di zaman modern ini, membeli unit pom bensin mini yang diproduksi KTB mungkin bisa menjadi salah satu solusi bisnis yang tepat. Karena sekarang bensin sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat modern. Selamat berbisnis!




13 total comments on this postSubmit yours
  1. bagaimana cara pemesanan nya, dan darimana suply bensin nya apakah dari pertamina langsung bls ke email

    • Untuk surat izin nya seperti apa… ?
      Kemudian untuk pengambilan bbm nya ke spbu terdekat apa kah harus pake surat izin jga… ?

  2. untuk pemesananny bgmn kemudian per unitnya harganya brp..mhn d balas di email trmksh

  3. Sy berminat untuk usaha pom bensin mini ini,,mhn pencerahannya bgmn memulai bisnis ini dr awal,mulai dr hrg jual smpai supply bensinnya,tlg dibls ke email ya pak,,trimaksh

  4. saya in gin order POM bensin.boleh tahu sekarang pak ada di mana.. dan ssya ingin tahu berapa harga POM bensin per unit..mohon pak bls sms saya ini ke alamat email ku..terimah kasih .

  5. Pak saya sangat tertarik sekali dengan Pompa bensin mini ini..saya ingin punya POM bensin..bagaimana saya bisa order POmpa bensin mini ini cara nya bagaimana..mohon di balas

  6. Suplai bensin dr mana?bisa order pertamina?

    • @. Pak Budi. Nampaknya hanya jual alat2 pertamini saja pak. untuk urusan stok minyak, kita sendiri yang usahakan.

      Kebetulan saya juga jualan bensin eceran, tadi tiap hari mustri antri di SPBU …. bersaing mendapatkan bensin.

      Tapi jualan saya masih manual… belum pakai gerobak pertamini.

      salam sukses
      partisimon

  7. untuk harga satu unitnya berapa?

  8. Sampai ke desa-desa bisa nggak ya mas, trus suplai BBM-nya darimana dong..
    Kan transportasi ke desa mungkin agak sulit untuk ukuran mobil tanker..

  9. Tangki tidak di dalam tanah ya, kalau dulu banyak yang bermasalah dengan POM Mini milik perorangan karena Bensin sering tercampur air dari tangki timbun yang kurang baik.

  10. Sungguh kreatif, di Bali juga sudah ada, teman facebook saya pernah unggah fotonya di facebook, tapi kasihan juga KTB tidak mampu menerima banyak order untuk memenuhi banyak permintaan pasar.

  11. nah ini dia lahan job untuk spg saya hahhahaha
    sering saya guyon dengan spg2 saya ada event dari pertamina yaitu jaga bensin eceran,malah ketawa mereka padahal ini kan peluang

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud