2 Contoh Pidato Bhs Jawa Perpisahan Kls 6

Advertisement-Scroll to Continue
pidato Bhs Jawa perpisahan Kls 6
Sumber: Freepik.com

Berpidato di hadapan publik merupakan hal yang sulit karena harus memiliki keberanian dan juga kecakapan berbicara. Tanpa kedua hal tersebut Anda tentu akan kesulitan untuk membawakan pidato di hadapan banyak orang. Belum lagi Anda harus mempelajari atau justru menyiapkan teks pidato Bhs Jawa perpisahan Kls 6 yang akan Anda bawakan. Ada banyak sekali persiapan yang harus Anda lakukan agar bisa membawakan pidato yang menarik dan juga mampu menyampaikan isi pidatonya dengan baik.

Belajar membawakan pidato di depan kaca dapat membantu Anda untuk mengetahui sejauh mana Anda bisa berpidato dengan baik. Suasananya nanti memang berbeda, setidaknya Anda bisa lebih familier dengan teks pidato serta belajar gestur-gestur dan juga mimik wajah. Kedua hal ini juga penting untuk mendukung pembawaan pidato yang bagus. Ulasan ini akan membahas mengenai contoh-contoh pidato perpisahan untuk anak kelas 6 Sekolah Dasar. Silakan pelajari bagaimana cara berpidato yang baik dan benar menggunakan teks-teks di bawah ini.

Inilah Contoh Pidato Bhs Jawa Perpisahan Kls 6

Membicarakan masalah pidato tentu tidak harus selalu merujuk pada penugasan untuk berpidato di hadapan umum. Ada pula kemungkinan Anda mendapatkan tugas untuk membuat teks pidato di rumah. Teks pidato di bawah ini menggunakan bahasa yang sederhana dan cenderung santai. Ini untuk menyesuaikan dengan tingkat Sekolah Dasar baik untuk pembawanya maupun pendengarnya.

Untuk apa berpidato bila ujung-ujungnya teman-teman sekelas tidak ada yang mengerti apa yang Anda ucapkan di depan podium, bukan? Pidato Bhs Jawa perpisahan Kls 6 bukan tentang halus atau tingginya Bahasa Jawa yang Anda gunakan. Bukan pula teks yang panjang dan begitu mendalam mengenai tema perpisahan. Hal terpentingnya adalah baik Anda maupun pendengar bisa memahami isi dan menikmati penyampaian pidato tersebut.

Baca juga: Mengenal Pulau Jawa Hingga Batas Daratan Pulau Jawa

Nah, berikut ini merupakan beberapa teks pidato yang dapat Adna gunakan. Silakan pilih salah satu dari teks berikut ini untuk Anda bawakan atau sebagai bahan referensi tugas.

Pidato Bhs Jawa Perpisahan Kls 6 dengan Teman

Sumber: Freepik.com

Kegiatan berpidato memang untuk event-event tertentu saja atau untuk kebutuhan tugas. Sangat mungkin pula Anda bisa menikmati pengalaman berpidato hanya ketika ada materi pidato di kelas. Berpidato tidak harus berada di hadapan ratusan orang. Satu orang pun yang bersedia mendengarkan Anda juga bisa Anda sebut sebagai pidato. Sedikit banyak pendengar dari pidato tersebut, Anda tentunya ingin memberikan yang terbaik.

Misalnya saja ada teman sekelas yang memutuskan untuk pindah sekolah. Ini tentu menjadi peristiwa yang sangat menyedihkan bagi teman sekelasnya. Untuk ini Anda bisa memberikan kejutan berupa berpidato di hadapan teman sekelas. Ini tentunya akan menjadi pengalaman yang menarik dan tak terlupakan bagi Anda dan teman Anda tersebut.

Nah, berikut ini adalah contoh pidato Bhs Jawa perpisahan Kls 6 yang dapat Anda jadikan referensi.

Pembukaan Pidato

“Assalamualaikum W. W. Sugeng rawuh damel para guru lan kanca-kanca sak kelasku sing ayu lan gemi. Salam sehat damel guru lan kanca-kanca sing sampun rawuh ing mriki.

Dina iki, kita sedaya sampun kelas 6, sampun pada gedhe, lan padha luwih mangerti. Nanging bebarengan saka kelas 1 wis sakmestine kita sedaya nduweni pangarep sing bedo-bedo. Kita sedaya musti kepingin lulus sareng-sareng lan nerusake pendidikan ing sekolah sing dikepingini.”

Isi Pidato

Nggih, setahun malih kita bakalan pisah damel nguber cita-cita sing kita nduweni. Pisahe kudune setahun malih, kula kaliyan kanca-kanca sedaya. Nanging kanca kita sedaya paring asma Dewi Sekar sampun nyuwun pamit kaliyan kita sedaya.

Nggih, leres. Dewi Sekar bade pindah sekolah amergi tumut ayah lan ibune pindah panggonan kerja. Kita sedaya bakalan pisah setahun luwih cepet kaliyan Dewi Sekar.

Sedih nggih pun mesti kita rasakaken amergi kekancan kalih Dewi Sekar mboten namung sedinten kalih dinten. Kita sedaya mboten saget nopo-nopi sakliyane ndungo marang gusti supados Dewi Sekar lan keluarga tansah pinaring sehat lan saget krasan ing panggonan anyar.

Dewi Sekar, kita sedaya seneng banget saget kekancan, dolanan sesarengan, lan sinau sesarengan. Mboten katah kita sedaya nyuwun marang Dewi Sekar. Mugi-mugi wonten kasempatan saget pajeng malih lan Dewi Sekar mboten ngelalekke kita sedaya. “

Penutup Pidato

“Sakmonten mawon sampun cekap anggenipun kula matur ing ngajenge kanca-kanca sedaya. Umpami wonten kelepatan kula nyuwun pangapunten ingkang katah.

Wassalamualaikum W. W.”

Pidato Bhs Jawa Perpisahan Kls 6 dengan Guru

Sumber: Freepik.com

Perpisahan di lingkungan sekolah bukan hanya terjadi antar teman sesama pelajar, tetapi juga perpisahan dengan guru. Ketika guru pindah tugas atau pensiun tentu Anda dan semua warga sekolah harus berpisah dengan guru tersebut. Biasanya akan ada acara khusus untuk memberikan kenang-kenangan terakhir.

Nah, pidato Bhs Jawa perpisahan Kls 6 kali ini akan menyampaikan mengenai perpisahan dengan guru.

Pembukaan Pidato

“Assalamualaikum W. W. Sugeng rawuh damel para guru lan kanca-kanca kelas 6!

Alhamdulillah dina ini kita sedaya saget kumpul ing mriki sehat-sehat lan bahagia. Kanca-kanca sedaya, guru kita sing sampun sabar paring ilmu lan mbantu kita sedaya mangerteni tanggung jawab bade pamit. Ibu kita tercinta, Ibu Dewi Sekar, dipindah tugas ing sekolah liya mulai minggu ngajeng.”

Baca juga: Tutorial Google Translate Aksara Jawa ke Latin Termudah

Isi Pidato

Ibu Dewi Sekar sampun ndidik lan mbimbing kita sedaya mulai kelas 1 sampek kelas 6 niki. Mboten kirang-kirang kula lan kanca-kanca ndamel Ibu Dewi Sekar sedih, jengkel, lan murka. Kula kaliyan kanca-kanca nyuwun pangapunten ingkang katah marang Ibu Dewi Sekar.

Mboten maksud kula lan kanca-kanca kurang ajar napa sengaja mboten ngurmati Ibu Dewi Sekar. Kula lan kanca-kanca seneng marang bimbingan lan arahan saking Ibu Dewi Sekar 6 tahun kepungkur niki.

Kula lan kanca-kanca ngarep-arep Ibu Dewi Sekar tansah pinaring sehat lan bahagia. Mugi-mugi Ibu Dewi Sekar lan keluarga diparingi slamet olehipun tumindak marang kutho anyar. Saget ketemu kalian tiyang-tiyang sae lan murid-murid sing sregep lan pinter.

Kejaba niku, kula lan kanca-kanca tasih ngarep-arep Ibu Dewi Sekar mboten ngelalekke kita sedaya ten mriki. Kita sedaya ugi ngarep-arep kenangan ten sekolah niki dados kenangan tansah endah lan nyenengake damel Ibu Dewi Sekar. Mugi Gusti Allah paring kasempatan damel kita sedaya saget ketemu malih.

Penutup Pidato

“Matur suwun sanget sampun sabar mbimbing lan ndidik kita sedaya, sampun maringi kasih sayang, lan pangerten. Menawi wonten kalepatan anggenipun kula matur ing mriki, kula nyuwun pangapunten ingkang katah.

Wassalamualaikum W. W.”

Sampai di sini saja pembahasan mengenai contoh pidato Bhs Jawa perpisahan Kls 6 yang dapat Anda ketahui. Sekarang, Anda tentunya sudah tidak bingung lagi mengenai tugas berpidato atau membuat teks pidato. Ternyata pidato sebenarnya tidak sesulit itu, bukan? Yang Anda butuhkan adalah keberanian untuk mencoba, ketekunan untuk belajar, dan juga tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

Advertisement
M Zam

1 thought on “2 Contoh Pidato Bhs Jawa Perpisahan Kls 6”

Leave a Comment