Beranda General Pilihan Sekolah Berkualitas di Depok dan Tips Memilih Sekolah untuk Buah Hati...

Pilihan Sekolah Berkualitas di Depok dan Tips Memilih Sekolah untuk Buah Hati Anda

Sekolah Prestasi Global, seperti namanya – sekolah ini merupakan lembaga pendidikan yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana bermain, belajar dan bersosialisasi untuk anak tercinta Anda. Saat ini, ada banyak sekali pilihan lembaga-lembaga pra pendidikan (sebelum memasuki tk/ taman kanak-kanak) yang biasanya sering disebut atau dikenal dengan istilah playgroup. Pilihan Playgroup terbaik di Depok dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi dimana Anda akan memilih playgroup yang sesuai dengan kebutuhan.

Seiring dengan tingginya tuntutan dunia pendidikan, tak heran jika terkadang masih banyak playgroup yang kurang sesuai dengan tujuan awal yang ingin dicapai, misalnya kurikulumnya mungkin kurang sesuai. Terdapat berbagai playgroup yang lebih menekankan pada keterampilan bidang sosial si anak, seperti kemampuan mendengarkan, bekerja sama, berbagi, memahami dengan teman sebayanya dan masih banyak lainnya. Bagi Anda yang berdomisili di Depok, mungkin terpikirkan untuk memilih Playgroup yang terbaik di Depok.

Namun, ada juga Playgroup yang lebih menekankan pada persiapan penguasaan masalah di bidang akademik, seperti menggabungkan keterampilan membaca dan matematika. Sebenarnya hal tersebut juga tidak terlepas dari berbagai anggapan para orang tua sendiri. Kebanyakan orang tua beranggapan bahwa seharusnya playgroup tidak mengajarkan pengajaran di bidang akademik, karena pada akhirnya sang anak tidak bisa apa-apa.

Ini semua kembali pada kebutuhan dan keinginan orang tua masing-masing dalam memilih sekolah, apa tujuan mereka memasukkan anaknya ke sekolah tertentu. Namun, jika melihat kembali tujuan awal menyekolahkan anak, keinginan dan maksud tertentu orang tua memang dirasa kurang tepat karena pada dasarnya sekolah bukan hanya tujuan orang tua semata tapi untuk pendidikan anak sesuai usianya.

Tips Memilih Sekolah untuk Buah Hati Anda

Agar Anda tidak salah langkah dalam memilih sekolah untuk buah hati, alangkah lebih baiknya jika Anda membaca beberapa tips di bawah ini.

Sekolah Berkualitas di Depok

1. Selalu Lakukan Observasi

Anda bisa coba lakukan sedikit observasi yang lebih mendalam. Di KB TK SD Prestasi Global, Anda bisa periksa infrastrukturnya, bagaimana situasi jelas, kurikulum apa yang ditawarkan dan bagaimana manajemen di dalamnya. Ada banyak hal yang bisa anda perhatikan.

2. Cari Referensi yang Sesuai

Pastikan anda selalu mencari sumber referensi dan informasi dari keluarga, siapa saja atau teman sejawat yang memang kebetulan mempunyai berbagai pengalaman yang ada tentang playgroup tersebut. Sebagai orang tua pasti ingin mencari playgroup terbaik di depok.

3. Cek Fasilitas yang Tersedia

Anda harus perhatikan apakah playgroup tersebut menyediakan anda dengan sarana dan prasarana yang sesuai dan memadai, serta tidak membahayakan bagi si buah hati.

Pastikan mempunyai ideologi yang sama  ataupun kepercayaan yang memang sama dengan kebutuhan anda. Sehingga sang buah hati nantinya tidak bingung ketika hendak mengikuti proses belajar bersama dalam mengasah kemampuan motorik mereka.

4. Cek Rasio Guru dan Murid

Sebagai perhitungan ideal, anda bisa memilih playgroup dengan rasio antara guru dan siswanya antara 1 banding 3 hingga 5 anda bisa dikesampingkan jika rasio yang anda inginkan lebih dari jumlah tersebut supaya anak anda mampu mendapatkan perhatian lebih dengan pembelajaran yang optimal dalam mencari playgroup depok yang sesuai.

5. Amati Karakter dari Turn Over dari Guru Pengajar

Anda bisa amati terlebih dahulu bagaimana cara pendidik menanamkan kedisiplinannya. Anda bisa amati bagaimana mereka bisa berinteraksi dalam menjalin hubungan dengan peserta didiknya. Tidak lupa anda juga bisa amati turnover guru di playgroup tersebut. Jika turnover rendah, maka playgroup tersebut akan nyaman bagi para guru dan siswa, sehingga tidak akan berpengaruh pada cara mendidiknya.

6. Tenaga Pendidik Profesional

Anda bisa lakukan observasi apakah playgroup memang sudah dikelola dan dijalankan oleh pihak profesional dalam bidangnya, terlatih dan sesuai dengan spesifikasi latar belakang. Atau sekolah hanya dikelola secara serabutan atau sembarangan saja.

Tips Memilih Sekolah

7. Selalu Perhitungkan Jarak Sekolah

Usahakan dalam memilih sekolah playgroup yang rentang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi rumah anda. Hal tersebut bisa mempermudah anda sekaligus mobilitas buah hati dari rumah, anda juga bisa lakukan sedikit penghematan biaya.

8. Jangan Hanya Terpaku Pada Gengsi Saja

Hal ini adalah salah satu pertimbangan besar orang tua. Banyak orang tua yang sangat menginginkan sekolah bergengsi bagai anak-anaknya. Anda juga bisa pertimbangkan beberapa faktor kenyamanan bagi anak-anak anda. Sejatinya, mereka yang menjalani hari-hari mereka di lingkungan sekolah tersebut. Tak heran banyak juga yang menginginkan pilihan sekolah playgroup dan TK terbaik.

9. Sesuaikan Dengan Dana yang Anda Miliki

Anda bisa sesuaikan dengan dana yang Anda miliki karena setiap sekolah biasanya mempunyai standar biaya yang berbeda dalam memilih atau menyediakan fasilitasnya. Anda bisa memilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan dana, jangan terlalu dipaksakan jika memang tidak mampu.

10. Pelayanan Darurat yang Disediakan

Anda bisa periksa bagaimana mereka bisa menangani dan melayani kebutuhan anak ketika sedang berada dalam kondisi darurat, seperti sakit. Apakah mereka juga memperhatikan beberapa hal tersebut. Meskipun terdengar sepele, anda bisa periksa bagaimana mereka bisa mengatur dan melayani asupan makanan bagi buah hati anda, misal snack yang disajikan.

Nah, dengan mengikuti beberapa tips di atas dalam memilih sekolah yang berkualitas dan bermutu, semoga anda bisa mendapatkan sekolah yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan dana yang anda miliki, tidak hanya bagi anda namun utama bagi anak Anda.

Manfaat Menyekolahkan Buah Hati ke Playgroup dan TK

Manfaat Menyekolahkan Buah Hati ke Playgroup

Menyekolahkan anak anda di Playgroup atau Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak bukanlah hanya sekedar mengikuti trend atau gengsi saja. Namun, memfasilitasi sang anak dengan kebutuhan yang sesuai usianya.

Saat buah hati masih kecil, mereka akan melewati masa-masa penting dalam perkembangannya. Tentu saja, hal yang paling penting dalam memilih sekolah yang bisa memberikan kebutuhan si anak dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan.

Yang terpenting adalah memilih sekolah dalam menyeleksi sekolah yang bisa memberikan kasih sayang dan perhatian pada buah hati. Selain itu, sekolah juga harus bisa bekerjasama dengan para orang tua untuk memastikan bahwa anak anda bisa berkembang lebih baik seiring dengan berjalannya waktu.

Anda harus tahu jika pendidikan pada anak usia dini dengan kualitas baik bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan anak antara lain:

1. Membantu Perkembangan Emosional dan Sosial Anak

Dengan menyekolahkan anak ke Playgroup dan TK, para ibu bisa selalu membantunya dalam hal menjalin hubungan baik dengan para orang dewasa serta dengan anak-anak lain seusianya. Biasanya jika anak sudah merasa nyaman dengan lingkungan di sekitarnya kemungkinan besar mereka akan senang dalam berpartisipasi di dalam proses pembelajaran dan aktivitas menarik lainnya seperti role play, dan seterusnya.

2. Mengembangkan Kemampuan Kognitif

Di Sekolah Prestasi Global yang merupakan Sekolah terbaik di Depok ini juga menggunakan kurikulum yang sesuai, maka hal tersebut bisa membantu anak lebih mudah dalam mengembangkan kemampuan kognitif mereka.

3. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa

Perkembangan bahasa pada sang buah hati bisa terjadi sangat cepat saat anak berusia 1 hingga 5 tahun, anak akan merasa nyaman dan aman berada di dalam lingkungannya dan orang-orang yang berada di sekitarnya menjadi lebih mudah dalam berinteraksi dan melakukan berbagai percakapan.

Interaksi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari bisa berujung pada adanya kemampuan bahasa yang lebih luas. Namun kemampuan berbahasa tersebut juga bisa ditingkatkan dengan melakukan kegiatan berdiskusi kelompok, membaca dengan keras, bernyanyi dan masih banyak lainnya. Jadi, menyekolahkan anak anda ke playgroup bisa menjadi salah satu investasi besar bagi perkembangan kecerdasan anak.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Anak akan Bersekolah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kemampuan bersosialisasi anak dengan orang lain merupakan sesuatu yang sangat penting. Sekolah Prestasi Global adalah salah satu lembaga pendidikan yang bisa menjadi solusi perkembangan anak karena sekolah ini memberikan kesempatan bagi anak untuk melakukan sosialisasi sebelum kegiatan sekolah dimulai.

Sekarang ini, kegiatan di playgroup dan taman kanak-kanak Prestasi Global sudah tidak didominasi oleh bermain saja, namun juga diselipkan dengan beberapa aspek akademik. Selain berkurangnya porsi bermain, kemampuan dalam bersosialisasi juga bisa ditekankan. Hal ini karena guru tidak mempunyai cukup banyak waktu dalam mengajarkan kurikulum dan juga membantu perkembangan kemampuan bersosialisasi dalam keterbatasan waktu.

Meskipun playgroup merupakan salah satu alternatif yang bisa anda gunakan, namun tetap saja ada berbagai hal yang harus anda pertimbangkan. Ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda ikuti.

1. Usia Anak

Biasanya sekolah Playgroup akan dimulai ketika anak berusia sekitar 3 hingga 4 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut merupakan usia dimana anak sudah mampu memperlakukan orang dengan baik. Ketika anak sudah bisa mendengarkan dan memperhatikan lingkungan sekitar atau orang lain, maka para pendidik bisa mengarahkan anak untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan.

Manfaat lainnya, di usia tersebut mereka merasa sudah mampu untuk buang air kecil ataupun besar di toilet. Jadi, orang tua dapat menyuruh si anak untuk ke toilet dahulu sebelum mulai meninggalkan rumah dan nanti setelah mereka sudah sampai di rumah. Pasti anak juga pergi ke toilet saat berada di playgroup. Sehingga anda sudah tidak perlu lagi mengganti popok terlalu sering dan memudahkan para orang tua.

2. Jadwal Sekolah

Ternyata frekuensi selama berapa kali dalam seminggu anak-anak pergi ke playgroup ternyata sangat berkaitan erat pada orang tua. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan anda. Dengan begitu si anak akan sangat menantikan kapan akan pergi ke playgroup dan tidak akan terbebani dengan rutinitas yang sama setiap harinya.

3. Keinginan untuk Melakukan Eksplorasi

Sebelum anak anda mulai belajar, maka mereka harus mempunyai keinginan terlebih dahulu dalam mengeksplorasi hal baru. Mereka akan mempelajari hal tersebut selama proses bersekolah.

Dengan bersekolah, anak sudah tidak akan asing lagi dengan berbagai aktivitas yang diadakan di sekolah tentunya. Anda bisa ajak mereka untuk bermain lego, bermain di luar rumah, dsb.

4. Kemampuan Dalam Mengikuti Arahan

Biasanya sekolah membantu untuk menuntut muridnya dalam memperhatikan instruksi guru. Artinya, sang anak diharap mampu untuk mematuhi aturan dasar dahulu.

Anda bisa menciptakan situasi belajar seperti di kelas dengan sang buah hati dengan menerapkan beberapa aturan dasar seperti, seperti meletakkan tas dengan benar dan menyusun buku.  Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar si anak tidak merasa kaget dengan perintah pendidik di sekolah.

Jika Anda ingin sang buah hati mendapatkan pendidikan terbaik di Sekolah Prestasi Global, Anda bisa menghubungi lembaga pendidikan ini;

  • Alamat Sekolah: Jl. Palem I No. 1. Perumahan Mampang Indah II, Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. 16435
  • Phone: (021)22779600

Tinggalkan Balasan