7 Persiapan Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis, Agar Sukses Bukan Hanya Impian

Persiapan Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis

Apa saja persiapan sebelum terjun ke dunia bisnis yang harus diperhatikan? Sebagian besar orang akan menyebut, UANG untuk modal!

Bukan, bukan uang.

Modal terpenting setiap pebisnis itu adalah mindset atau pola pikirnya, termasuk; mentalitas, keberanian, kedisiplinan, optimisme, dan kesabaran.

Dunia bisnis merupakan salah satu jalan karir yang diimpikan banyak orang. Selain karena kebutuhan finansial, keberhasilan di dunia bisnis juga bisa menaikkan gengsi seseorang.

Namun tak dapat kita pungkiri bahwa, untuk sukses di dunia bisnis bukanlah perkara yang mudah. Pendidikan formal juga tidak bisa menjamin kesuksesan dalam dunia bisnis.

Belum lagi banyaknya tantangan yang harus di hadapi, persaingan, serta bayang-bayang kegagalan dan kebangkrutan yang sering menghantui.

Ketakutan seperti ini sedikit banyak bisa mempengaruhi semangat seseorang untuk mulai terjun kedunia bisnis.

Apalagi buat mereka yang memang tidak memliki background di dunia bisnis, tentu akan menghadapi tantangan  yang sangat sulit untuk bisa sukses.

Apa Saja Persiapan Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis?

Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut ini saya ingin sedikit berbagi tentang 7 persiapan sebelum terjun ke dunia bisnis.

1. Mental dan Tekad yang Kuat

Ini adalah modal yang paling utama yang harus dimiliki semua calon pebisnis!

Kenapa?

Karena dalam dunia bisnis, apapun itu, kita akan menghadapi banyak rintangan dan tangtangan, bahkan tanpa kita duga-duga.

Terkadang kenyataan yang terjadi sangat berbeda dari yang kita pelajari secara teori ataupun belajar dari pengalaman orang lain.

Mental dan Tekad yang Kuat

Hampir dipastikan juga, sangat jarang pebisnis yang bisa sukses dari bisnis pertama, kedua, dan bisnis ketiga mereka.

Jadi, peranan mental dan tekad yang kuatlah yang bisa menuntut para pebisnis sukses untuk tidak menyerah menghadapi segela rintangan dan semua permasalah yang dihadapi pada saat mengembangkan bisnisnya.

Seperti yang pernah ditulis di artikel saya yang lain tentang kisah pengusaha sukses yang menginspirasi. Tidak satupun dari mereka yang bisa sukes di dunia bisnis dengan mudah, melainkan dengan penuh perjuangakan serta kesabaran.

Untuk itu, bagi kita ingin terjun kedunia bisnis, pastikan kita sudah memiliki mental serta tekad yang kuat, bahwa kita siap menghadapi segala kemungkinan yang ada.

Baca juga: Rahasia Sukses Orang Jepang yang Patut Ditiru

2. Tidak Takut Gagal

Seperti kata pepatah, kegagalan adalah kesukesan yang tertunda. Jadi kalau kita takut gagal, itu artinya kita takut untuk meraih kesukesan.

Justru sebenarnya dari kegagalan-kegagalan itulah kita bisa belajar memperbaiki kesalahan dan menjadi jalan untuk kita bisa sukses.

Tidak Takut Gagal

Oleh sebab itu, jika kita ingin terjun kedunia bisnis, persiapkan diri kita sebaik mungkin untuk menghadapi berbagai kegagalan. Kalau perlu buat beberapa, misalnya planning A, B, dan C.

Dengan begitu ketika kita mengalami kegagalan, kita sudah memiliki rencana cadangan dan kitapun tidak mudah putus asa dalam menjalaninya kembali.

3. Belajar Disiplin

Disiplin memang bukanlah sifat dasar manusia, dan sifat ini tidak kita peroleh dari sejak lahir.

Padahal sikap disiplin merupakan salah satu penentu kesukesan di dalam setiap aspek, termasuk di dunia bisnis.

Belajar Disiplin

Oleh karena itu, bagi kita yang ingin terjun kedunia bisnis, mulai dari sekarang kita harus bisa belajar di siplin dalam setiap hal yang kita lakukan.

Mulailah dari hal hal terkecil dalam hidup kita, seperti bangun tidur, makan, ibadah, menjaga kesehatan, menabung, dan lainnya.

Sehingga pada saat kita terjun ke dunia bisnis kelak, kita sudah siap dengan sikap disiplin yang tingga dalam mengelola bisnis yang kita lakukan.

Walau bagaimanapun bila tanpa disiplin yang tinggi, akan sangat sulit untuk bisa meraih kesuksesan.

Misalnya jika ingin menjadi seorang blogger profesional. Tentu kita harus bisa menyajikan tulisan tulisan yang menarik dan bermanfaat secara konsisten.

Hal ini bukanlah perkara mudah karena untuk membuat artikel itu butuh kemampuan menulis, cara penyampaian yang baik, dan butuh sumber daya.

Nah, kalau kita tidak disiplin tentu akan membuat kita malas dan akhirnya membuat artikel secara sembarangan atau mengambil jalan pintas dengan cara copy paste atau menjiplak karya orang lain.

Cara seperti ini justru akan menghambat kita untuk bisa meraih kesuksesan.

4. Berani Mengambil Risiko

Dalam dunia bisnis tentu ada resiko yang pasti akan kita hadapi. Misalnya; penghasilan yang tidak pasti, potensi kegagalan, komplain dari customer, penipuan, dan lain sebagainya.

Semua risiko tersebut merupakan hal-hal yang seringkali tidak bisa dihindari, apalagi bagi kita yang baru terjun di dunia bisnis.

Berani Mengambil Resiko

Namun jika risiko tersebut kita jadikan alasan untuk tidak terus maju, dan rasa takut yang berlebihan untuk mengambil keputusan, hal tersebut malah justuru akan menghambat kesukesan kita.

Untuk itu keberanian dalam mengambil risiko sangat di perlukan di dunia bisnis.

Dan yang pasti, di dunia ini tidak ada satupun model bisnis yang tanpa risiko. Kita harus ingat itu!

5. Belajar Dari Orang yang Tepat

Layaknya seseorang yang berteman dengan pedagang minyak wangi, sedikit banyak pasti mereka akan ketularan wanginya juga. Begitu juga dalam dunia bisnis.

Belajar Dari Orang yang Tepat

Dengan belajar dari orang orang yang tepat maka akan mempercepat jalan menuju sukses karena mereka sudah lebih tahu, dan lebih dulu menjalaninya dari pada diri kita.

Jangan sampai kita terjebak dengan orang-orang yang ngakunya ahli atau “Mastah”. Eh pada kenyataanya dia hanya “Mastahu” yang hanya memanfaatkan keluguan para pemula dan menyedot uang mereka.

6. Sikap Optimistis

Bayangkanlah bisnis mu suatu saat akan menjadi sebuah bisnis yang besar dan mampu meraih target pasar sesuai yang diinginkan.

Ini akan membantu kita untuk terus memotivasi diri, bahwa suatu saat kita pasti bisa meraih kesukesan tersebut.

Persiapan Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis

Rasa optimistis ini harus kita pupuk terus menerus karena dengan rasa optimis maka akan menimbulkan rasa percaya diri kita bahwa kita juga bisa menjadi orang sukses.

Kalau bukan diri kita yang percaya pada kemampuan sendiri, siapa lagi? Dan bagaimana mungkin kesuksesan tersebut akan menghampiri kita?

Ya kan?

7. Kesabaran

Hal terakhir yang harus kita siapkan untuk terjun kedunia bisnis adalah kesabaran. Sebuah kata yang mudah diucapkan, tapi sulit dipraktikkan.

Terkadang ada hal yang sudah kita lakukan maksimal ternyata hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Dan seringkali hasil yang diharapkan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk bisa kita rasakan secara nyata.

Kesabaran juga merupakan salah satu faktor penting untuk menunjung kesukesan di dunia bisnis.

Tanpa kesabaran bisa jadi kita akan cepat menyerah dan mundur, padahal kesuksesan itu hanya berjarak satu jengkal saja dari hadapan kita.

Baca juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Anda Tiru

Penutup

Demikianlah beberapa poin penting tentang persiapan sebelum terjun ke dunia bisnis. Poin-poin yang disebutkan pada artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman Saya pribadi.

Mungkin orang lain memiliki resep sukses yang berbeda. Tidak ada salahnya bila Anda juga berbagi pengalaman melalui halaman komentar, agar lebih banyak orang terinspirasi.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Artikel ini dikirim oleh Tresna Amanah, seorang full time blogger yang sedang membangun situs tentang bisnis online. Kunjungi websitenya di www.kerjaonline.my.id.

Kontributor

Semua artikel yang dikirim oleh penulis tamu atau kontributor untuk Maxmanroe.com. Bila ingin artikel kamu tayang di Maxmanroe.com, silahkan kirim draftnya ke [email protected]

3 pemikiran pada “7 Persiapan Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis, Agar Sukses Bukan Hanya Impian”

  1. Jangan pernah menyerah..terus berusaha dan bangkit…jangan cengeng selalu cari solusi dari tiap permasalahan

    Balas
  2. Benar apa yang ditulis ini. Perkara paling susah adalah membentuk disiplin. Disiplin memain peranan kita untuk lebih fokus kearah kejayaan. Malah berani mengambil risiko adalah medium paling berani dan harus ada dalam diri seorang peniaga.

    Balas
  3. memang sebelum memulai membangun bisnis persiapan – persiapan diatas perlu di lakukan, karena persaingan bisnis saat ini sangat ketat jika tidak di persiapkan dari awal maka bisnis yg sudah di bangun tidak tahan lama karena mental dan persiapan yg belum matang

    Balas

Tinggalkan Balasan

) -->