Perlukah Memberikan Sampel Produk Pada Konsumen?

Image dari Marketingmagazine.co.uk

Image dari Marketingmagazine.co.uk

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu ada banyak cara yang dilakukan agar bisa mencapai tujuan kesuksesan. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan berpromosi. Cara melakukan #promosi bisnis bisa dengan berbagai macam cara.

Apalagi untuk saat ini, dimana dunia #internet semakin berkembang yang semakin memudahkan Anda untuk melakukan promosi. Grafik pengguna media sosial yang semangkin hari semakin meningkat, tentu menjadi kabar gembira bagi tim promosi bisnis Anda untuk memanfaatkannya.

Dengan begitu terbukanya sarana sebagai media untuk promosi saat ini, apakah masih diperlukan memberikan sebuah sampel produk bisnis. Lantas, seberapa perlu pemberian itu dilakukan. Apa keuntungannya dengan memberikan sampel produk pada konsumen untuk perkembangan bisnis ke depan? Mari kita simak ulasan berikut.

1. Meningkatkan Kepercayaan Calon Konsumen

Memberikan sampel produk bisnis kepada konsumen sejauh ini masih sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan dari konsumen. Apalagi untuk calon konsumen yang ingin berbelanja besar dan ingin menjalin kerjasama dalam jangka waktu yang lama.

Tentu saja konsumen ingin mendapatkan kepastian bagaimana kualitas produk yang akan mereka dapatkan. Mereka juga pasti tidak ingin hanya seperti membeli kucing dalam karung saja. Apalagi pada era bisnis online seperti saat ini, memberikan sampel pada deal-deal besar saya rasa sangat diperlukan.




Artikel lain: 6 Tips Memaksimalkan Bazar Sebagai Media Promosi Bisnis

2. Memberikan Pengalaman Kepada Konsumen

Ini sangat penting untuk masa depan produk Anda sendiri. Dengan memberikan sampel produk, Anda akan bisa memberikan pengalaman secara langsung kepada konsumen. Selain itu, pengetahuan konsumen terhadap produk bisnis Anda juga akan semakin bertambah.

Ketika sudah merasakan atau menggunakan secara langsung dari produk Anda, tentu mereka akan semakin aware terhadap produk yang Anda tawarkan. Ini menjadi penting dalam berbisnis, karena para konsumen akan semakin tahu jika mereka memerlukan A misalnya, maka secara otomatis mereka bisa teringat dengan produk Anda.

3. Mendapatkan Review Langsung Dari Konsumen

Masukan langsung dari konsumen sangatlah penting dalam mengembangkan produk yang dibutuhkan konsumen. Nah, dengan cara memberikan sampel ini, memungkinkan produk Anda mendapatkan review langsung dari konsumen.

Dari sini produk Anda akan mendapatkan masukan langsung dari konsumen. Apapun masukan dari konsumen, sebaiknya catat baik-baik dan jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk selalu meningkatkan kualitas produk.




4. Meningkatkan Kualitas Hubungan Bisnis

Dalam dunia bisnis, simpati dari konsumen bisa menjadi penentu dalam suatu keputusan. Jika konsumen Anda memiliki simpati terhadap Anda, maka ke depan akan memudahkan hubungan bisnis Anda dengannya.

Tidak ada salahnya jika Anda memberikan satu atau dua sampel kepada pelanggan Anda. Memberikan free sampel pada hari-hari spesial mereka akan sangat berarti dan akan meningkatkan kualitas hubungan bisnis Anda. Dengan membangun kualitas hubungan bisnis yang baik, diharapkan ke depan kerjasama Anda dengan konsumen bisa terus ditingkatkan.

5. Membantu Riset Produk Bisnis

Ketika Anda memiliki beberapa produk bisnis untuk dipasarkan, tentu tidak semuanya akan mendapatkan respon baik dari konsumen. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset adalah dengan memberikan sampel produk kepada calon konsumen maupun pelanggan.

Dari sini tentu akan ada respon balik, atau kalau tidak Anda bisa langsung meminta respon dari mereka. Perhatikan respon dari mereka, mana yang mendapatkan respon bagus dan mana yang mendapatkan respon yang negatif. Nah, informasi tersebut sangat berharga untuk menentukan langkah strategis apa yang akan diambil untuk produk Anda tersebut.

Baca juga: Dahsyatnya Promosi Bisnis Dgn Word of Mouth (WOM) Strategy

Jika melihat dari beberapa poin manfaat di atas, maka memberikan sampel produk bisnis kepada konsumen sangat diperlukan sekali. Mungkin Anda tidak akan mendapatkan keuntungan finansial secara langsung. Namun ada yang lebih besar dari keuntungan finansial dari sebuah perjalanan bisnis. Kepercayaan, simpati dan perhatian dari konsumen jauh lebih menguntungkan untuk bisnis Anda ke depan.

Namun tentu saja Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal dalam memberikan sampel produk. Tidak semua produk bisa Anda berikan sampelnya. Efektifitas dan efisiensi dari metode ini juga mungkin tidak sama pada masing-masing produk.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud