5 Keuntungan Menjadi Blogger di Era Pesatnya Komunikasi Digital Saat Ini

Di era komunikasi dan kebebasan berpendapat seperti sekarang ini, banyak sekali bermunculan media massa, baik itu media cetak, media elektronik, maupun #media online. Dan seiring dengan situasi dan perkembangan politik yang ada di negeri ini, terutama pada tahun 2014 kemarin, media massa telah memainkan perannya di depan publik.

Hasilnya, beberapa media massa tertentu dengan arah politik yang dimiliki oleh OWNER-nya terlihat menganut sebuah prinsip jurnalisme yang memihak pada salah satu arah politik tersebut. Jurnalisme yang berpihak pada politik tertentu inilah yang kini menjadi tantangan tersendiri bagi media massa saat ini.

Selain berdampak pada menurunnya kepercayaan publik terhadap media massa karena pemberitaan yang tidak objektif, keberpihakan jurnalisme juga membuat dunia jurnalistik sendiri mengalami kemunduran. Blog sebagai salah satu media online yang dikelola perseorangan ternyata juga hadir di era komunikasi yang sedang riuh redah.

Bagaimana kontribusi seorang blogger pada perkembangan media massa saat ini? Ditilik dan dikaitkan dengan maraknya media massa dengan label politik tertentu ini, ternyata blog dan blogger memiliki keuntungan di balik itu. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjadi seorang blogger di era digital yang semakin canggih seperti saat ini.

Artikel lain: Beberapa Jenis Blog yang Ada di Internet, Blog Anda yang Mana?

1. Menjadi Sumber Referensi yang Objektif

Seperti ulasan singkat di atas bahwasannya situasi jurnalisme saat ini memihak kepada label politik tertentu jelas membuat publik akan mencari sumber yang lebih objektif. Dan kenyataannya tak sedikit publik yang kemudian mulai beralih pada media blog yang bisa memenuhi kebutuhannya, yaitu sebuah jurnalisme yang objektif. Dan inilah peluang besar bagi para blogger .




Jika para blogger mampu memanfaatkan situasi ini, maka bukan tidak mungkin publik akan berpindah pada blog yang Anda miliki. Tentunya syaratnya adalah Anda menyajikan informasi yang objektif (berdasarkan fakta sebenarnya). Anda tak boleh menulis informasi pada blog tersebut memihak pada salah satu arah politik tertentu. Jika Anda bisa melakukannya, bukan tidak mungkin blog dan blogger akan berjaya dan menjadi saingan media jurnalistik lainnya.

2. Lebih Cepat Dikenal

Di era komunikasi digital seperti sekarang ini, menjadi blogger memiliki keuntungan tersendiri, jika blogger mengerti cara melakukannya. Bagi para blogger yang ingin eksis dan ingin cepat dikenal (meningkatkan personal branding) dengan tulisan-tulisan atau karya yang dimiliki, ia bisa mewujudkannya dengan cara mengoptimalkan performa blognya.

Yang saya maksud adalah selain Anda aktif memposting karya tulisan terbaik di blog, Anda juga harus aktif memamerkan postingan tersebut ke media yang lain, seperti sosial media dan mengoptimasi dari sisi SEO. Jika Anda mampu memainkan hal ini dengan baik bukan tidak mungkin Anda akan cepat eksis dan dikenal oleh orang banyak. Asyik kan.

Artikel lain: 10 Manfaat Blogging Bagi Seorang Blogger Profesional

3. Sebagai Portofolio Online

Blog dengan segala isi atau kontennya yang unik dan bermanfaat jelas menjadi kelebihan dan keuntungan bagi para blogger. Apalagi jika Anda aktif memposting tulisan-tulisan terbaik Anda. Postingan-postingan yang telah Anda tampilkan di blog adalah sebuah portofolio online yang bisa dilihat oleh orang-orang yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama dengan Anda.




Namun hal ini percuma jika Anda hanya berdiam diri setelah memposting karya Anda di blog. Para blogger juga harus aktif mengenalkan karya meraka – misalnya melalui media sosial – jika ingin orang lain atau perusahaan melihat dan kemudian merekrut Anda sebagai tim penulis atau tim marketing online.

4. Semakin Banyak Teman

Bukan hanya media sosial saja yang bisa membuat Anda banyak teman. Blog sebagai media online yang terhubung satu dengan lainnya juga bisa menjadikan seorang blogger memiliki teman yang banyak.  Dengan banyaknya blog yang bermunculan setiap harinya Anda bisa melakukan blogwalking atau saling mengunjungi blog untuk bisa mendapatkan teman yang baru.

Di era komunikasi digital yang sangat pesat saat ini, Anda bisa memperluas jaringan blog dengan bergabung dengan beberapa komunitas blog atau komunitas penulis yang ada. Dengan bergabung dengan komunitas-komunitas tersebut blogger berpeluang besar untuk menambah jumlah temannya.

Baca juga: Change.org – Media Petisi Online Terbesar di Dunia

5. Sebagai Ajang Kreatifitas

Seberapa kreatifnya Anda? Anda bisa melihatnya pada blog yang sedang Anda bangun. Kreatifitas di zaman sekarang memang seperti hal yang menarik dan menyenangkan. Industri kreatif yang semakin berkembang di negeri ini seharusnya mendorong para blogger untuk mengembangkan karya-karya mereka di blog.

Ini adalah sebuah tantangan sekaligus keuntungan menjadi blogger untuk bisa berkreasi dengan lebih baik dan lebih produktif lagi. Kalau para blogger bisa melakukan hal ini, bukan tidak mungkin hasil kreatifitasnya di blog, baik itu berupa tulisan, gambar, video, dan lainnya, bisa membuahkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan bagi sesama.



13 total comments on this postSubmit yours
  1. “Sebagai Portofolio Online”, yang paling bisa menggambarkan manfaatnya. Karena sekarang kalau internetan terkesan medsos. Blog hanya untuk cari informasi.

  2. menjadi blogger itu memang memberikan banyak keuntungan dan manfaat khususnya bagi blogger sejati (bukan tukang copas), dan bisa menjadi ladang amal buat bekal keakhirat kelak…

  3. Dan kalau bisa memanfaatkanya dengan baik bisa jadi ladang tambahan penghasilan juga.
    salam sukses selalu

  4. saya masih terus belajar ngeblog hingga hari ini…..

  5. Memang menyenangkan ketika punya blog apalagi sekarang sudah ada kebijakan pemerintah tentang MEA. Bisa memerluas jaringan di kancah asia bahkan dunia via blog. Salam by Mitra Google

  6. Tantangan terberat seorang blogger yaitu pada permulaan membangun blog. Disanalah biasanya banyak yang tumbang. Tapi kalau tahap pertama yang merupakan tahap terberat sudah terlewati, maka setelah itu tinggal update santai saja^^.

  7. Setiap Amalan itu harus didasari oleh niat yang baik. Maka dengan blogging kita bisa menjadi sesorang yang murahan ( murah berbagi alias sedekah).

  8. Yups… Ane lagi belajar memperdalam soal blogging nih om.. Makasi juga atas pencerahannya. Termasuk yang terinspirasi dengan situs maxmanroe.com juga..hehehe

    Salam senyum

  9. Hal inilah yang mestinya harus dilakukan sedini mungkin bagi kaum intelektual saat sekarang ini. Belajar dan melatih diri untuk menulis adalah hal yang sangat positif meskipun saya sendiri harus berjuang belajar lebih lagi agar bisa menjadi lebih baik seperti Pak Max.

  10. Saya pribadi belum merasakan keuntungan apapun dari blog mas. Maksudnya blog saya belum bisa menghasilkan apa-apa.

  11. kalau menjadi seorang blogger sumper inspirasif memang harus menulis sesuatu yang lain dari pada yang lain.

  12. wah mantap bener-bener jadi blogger itu sebagai kerjaan terhormat, terims banyak gan atas infonya

  13. Kalau saya blogging lebih ke mengisi waktu luang, dan juga karena sudah mulai bosan main fb :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud