Pentingnya Memahami dan Mencermati Terms of Service (ToS)

Pentingnya Memahami dan Mencermati Terms of Service (ToS)

Memahami-dan-Mencermati-Terms-of-Service-01

Ketika kita sibuk dan harus menyelesaikan banyak pekerjaan, seringkali kita merasa terbantu dengan keberadaan software atau layanan digital yang kini mudah dijumpai di #internet. Software dan layanan gratis memang membuat kita bisa menyelesaikan pekerjaan atau tugas secara cepat dan mudah, ya.

Karena terlalu fokus pada pekerjaan yang ingin segera diselesaikan, biasanya kita kerap meng-install atau menggunakan software dan layanan secara terburu-buru. Hal ini membuat kita selalu mengabaikan Term of Service (ToS) yang ada pada software atau layanan tersebut.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Term of Service? Mengapa kita harus memahami Term of Service sebelum menggunakan suatu software atau layanan digital?

Artikel lain: Sering Gunakan Software Bajakan? Ini Dampak Buruknya Bagi Bisnis Anda

Definisi Term of Service

Term of Service bisa didefinisikan sebagai sejumlah aturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan atau produsen pembuat layanan digital atau software untuk para pengguna layanan atau software tersebut. Jadi, untuk bisa menggunakan suatu software atau layanan digital, kita diharuskan untuk memahami dan mematuhi Term of Serviceyang sudah ditetapkan.

Dimana Kita Bisa Menemukan Term of Service?

Para pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Term of Service. Ketika kita ingin membuat akun #email baru, ingin mendaftarkan diri pada suatu layanan digital atau website atau ketika kita ingin melakukan instalasi software, Term of Servicebiasanya selalu ada di bagian bawah halaman instalasi atau aktivasi akun. Bahkan pada beberapa produk lainnya seperti pengajuan kartu kredit atau formulir pengguna asuransi, kita juga bisa menemukan Term of Servicesebagai poin-poin kesepakatan antar dua belah pihak.

Sebelum kita memberikan check list sebagai tanda menyetujui Term of Service, kita tidak bisa melakukan proses pengguna software atau layanan digital secara lebih lanjut. Nah, untuk alasan kepraktisan dan hemat waktu, kita biasanya seringkali memberi check list tanpa memahami isi Term of Serviceyang diajukan.

Bagaimana Sikap yang Tepat Terhadap Term of Service?

Supaya di kemudian hari kita tidak dirugikan dengan isi Term of Service yang melanggar hak-hak kita sebagai pengguna atau pelanggan, beberapa hal ini harus kita lakukan sebelum menyetujui Term of Service dan mulai menggunakan software atau layanan digital:

1. Membaca Term of Services terlebih dahulu

Budaya malas membaca peraturan tampaknya harus mulai disisihkan dari sekarang. Mulailah untuk membaca dan mencermati sejumlah Term of Serviceyang diajukan oleh perusahaan software atau layanan digital. Jangan sampai hal-hal merugikan seperti pencurian data atau autodebet uang terjadi begitu saja hanya karena kita lalai membaca Term of Service.

2. Ambillah keputusan yang tepat

Setelah puas membaca dan mencermati setiap poin yang tertera dalam Term of Service, langkah selanjutnya adalah mengambil keputusan yang tepat untuk menggunakan layanan yang bersangkutan atau tidak. Bila masih ada poin Term of Service yang membuat kita ragu, sebaiknya kita menunda penggunaan layanan atau software tersebut. Alangkah lebih baiknya bila kita mencari referensi atau testimoni yang terkait dengan software atau layanan yang hendak kita gunakan.

3. Mulailah mematuhi aturannya

Jika sudah setuju dengan setiap poin kesepakatan pada Term of Service, kita tentu harus menggunakan software atau layanan digital sesuai dengan aturan yang ada pada Term of Service tersebut. Jangan sampai kita kehilangan akses hanya karena melanggar poin-poin pada ToS.

Baca juga: Salah Satu Kebohongan Pengguna Internet Ini Pasti Pernah Kita Lakukan

Mematuhi peraturan bukan hanya soal masalah lalu lintas atau aturan kewarganegaraan saja, ya. Karena hal-hal kecil seperti Term of Service pada sejumlah software dan layanan digital adalah awal yang baik bagi kita untuk belajar memahami dan mematuhi peraturan. Tidak ada ruginya jika kita selalu mematuhi peraturan dan menjadi pengguna internet yang baik. Karena kebiasaan yang baik akan membiasakan kita untuk hidup disiplin dan teratur di masa mendatang.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan