Sering Gunakan Software Bajakan? Ini Dampak Buruknya Bagi Bisnis Anda

Software-Bajakan-berdampak-Buruk-Bagi-Bisnis

Semua pebisnis tentu ingin menekan biaya serendah-rendahnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Hal seperti ini memang baik dan positif bagi kemajuan bisnis. Akan tetapi, banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan untuk menunjang kualitas bisnis.

Kita tentu tidak boleh menurunkan kualitas bahan baku atau mengurangi standar proses produksi hanya untuk memperbesar keuntungan. Karena hal tersebut justru bisa berimbas pada penurunan kualitas bisnis secara keseluruhan.

Satu hal yang mungkin tidak disadari oleh para pebisnis adalah pengaruh penggunaan #software bajakan terhadap kualitas bisnis. Kita mungkin merasa software bajakan memiliki harga yang terjangkau dan fungsi yang sama dengan software original. Tapi rupanya banyak sekali risiko yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan software bajakan untuk kepentingan bisnis.

Risiko apa yang mungkin ditimbulkan karena penggunaan software bajakan?

1. Tingkat Keamanan Software Bajakan Ternyata Rendah

Semua software original mendapatkan perlindungan resmi dari produsennya, namun tidak demikian halnya dengan software bajakan. Proses penggandaan software yang asal-asalan dan bisa dilakukan oleh siapa saja membuat software bajakan jadi rentan terhadap manipulasi dan tindak #cyber crime.

Jika kita tidak ingin data-data bisnis kita dicuri oleh oknum yang tidak bertangggung jawab, kita tentu harus menghentikan penggunaan software bajakan untuk kepentingan bisnis.

2. Bisa Mempengaruhi Proses Produksi

Software bajakan yang rusak bisa saja mempengaruhi proses produksi atau kerugian lainnya dalam bisnis. Software bajakan yang kualitasnya rendah ternyata rentan kerusakan dan rentan dipengaruhi serangan #virus atau gangguan cyber crime lainnya. Bila sudah begini, waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk membenahi kerusakan tentu akan teruang percuma dan mengakibatkan tingkat efisiensi bisnis menjadi turun.




Sebagai contoh konkret, software keuangan perusahaan yang berasal dari sumber bajakan ternyata rentan rusak dan membuat semua divisi bisnis harus bekerja keras mencari dan mencatat dokumentasi aliran keuangan bisnis. Bayangkan saja berapa kerugian waktu dan tenaga yang harus dibayarkan hanya karena menggunakan software bajakan yang harganya murah.

3. Tidak Ada Service After Sales

Perusahaan produsen software tentu akan bertanggung jawab terhadap setiap software original yang diproduksi. Kita bisa menghubungi produsen tersebut bila kita menemukan kendala saat menggunakan software original. Tapi hal yang sama tidak bisa kita lakukan jika kita menggunakan software bajakan. Sebab tidak ada jaminan keamanan, garansi dan service after sales yang bisa diperoleh oleh software bajakan.

4. Tidak Akan Ada Versi Update

Software original biasanya memiliki fitur updating yang membuat kita bisa menggunakan fitur-fitur baru yang ditambahkan pada software tersebut. Namun fitur update tersebut tentu tidak bisa kita peroleh dari software bajakan.

Solusi untuk menggunakan software bajakan versi terbaru hanyalah membeli kembali versi bajakan terbarunya. Ini tentu bukan sebuah jalan keluar yang tepat untuk mengakhiri mata rantai penggunaan software bajakan.

Baca juga: Perbedaan Malware, Virus, Trojan, Spyware, dan Worm




5. Kemungkinan Menghadapi Tuntutan Hukum

Di beberapa negara maju lainnya, Undang-Undang yang mengatur tentang penggunaan software bajakan diberlakukan secara ketat. Para pengguna software bajakan mungkin saja terkena tuntutan hukum karena dianggap telah merugikan produsen software.

Di Indonesia mungkin regulasi hukum yang mengatur penggunaan software bajakan tidak seketat peraturan di negara lain. Akan tetapi, kita tentu dapat menyadari bahwa perbuatan menggunakan software bajakan adalah contoh perbuatan yang tidak baik dan mampu membawa kerugian bagi produsen software. Sebagai sesama pebisnis, kita tentu harus memberikan respect terhadap bidang bisnis lainnya.

Jadi, apakah sekarang kita masih ingin menggunakan software bajakan untuk meraup keuntungan bisnis yang besar? Mari pikirkan kembali hal tersebut, dan mulailah menjadi pebisnis yang jujur dan bertanggung jawab dari sekarang!




3 total comments on this postSubmit yours
  1. coba anda sharing dan berbagi informasi pengalaman atas penipuan software bajakan yang terjadi dan alami selama ini ke situs laporpolisi.com, supaya masyarakat tahu siapa nama nama pembajak tersebut, sehingga semua bisa antisipasi atas semua bentuk penipuan yang terjadi selama ini

  2. kan itu untuk bisnis gan, kalo kita pribados ya no problem untuk pembelajaran

  3. jaman sekarang pengen nyari yang murah, tanpa mempedulikan dampak negatifnya..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud