Pengertian Hardware Beserta Fungsi, Jenis dan Contohnya

Advertisement-Scroll to Continue

Pengertian hardware atau perangkat keras adalah komponen fisik dari sebuah sistem komputer atau perangkat elektronik. Ini mencakup semua bagian yang dapat dilihat, disentuh, dan dipegang oleh pengguna atau teknisi, mulai dari prosesor dan memori hingga perangkat input dan output.

Hardware memainkan peran krusial dalam menentukan kinerja dan kemampuan suatu sistem, dan merupakan fondasi yang mendasari operasi dari setiap perangkat elektronik modern.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang apa itu hardware, serta bagaimana komponen-komponen ini bekerja bersama-sama untuk membentuk sistem komputer yang berfungsi.

Pengertian Hardware Adalah

pengertian hardware

Apa itu Hardware? Hardware adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada semua komponen fisik yang membentuk sistem komputer atau perangkat elektronik. Ini meliputi semua perangkat keras yang dapat dilihat, disentuh, dan diraba oleh pengguna atau teknisi. Komponen-komponen hardware mencakup berbagai jenis perangkat, seperti prosesor, memori, hard drive, monitor, keyboard, mouse, motherboard, kartu grafis, dan banyak lagi.

Hardware merupakan bagian penting dalam setiap perangkat elektronik, karena ini adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menjalankan perintah-perintah perangkat lunak (software) dan menjalankan berbagai tugas komputasi. Hardware juga memengaruhi kinerja keseluruhan perangkat, termasuk kecepatan, kemampuan, dan stabilitasnya.

Sebagai contoh, prosesor yang kuat dapat meningkatkan kinerja pemrosesan data, sementara kartu grafis yang canggih dapat menghasilkan grafis yang lebih baik dalam permainan atau aplikasi grafis.

Dalam konteks yang lebih luas, hardware tidak hanya terbatas pada komputer pribadi, tetapi juga mencakup perangkat keras dalam berbagai perangkat elektronik, termasuk ponsel, tablet, perangkat audio, mesin fotokopi, dan banyak lagi. Hardware adalah komponen yang secara fisik ada dan dapat dilihat, berbeda dengan perangkat lunak (software), yang merujuk kepada program-program dan instruksi yang menjalankan perangkat keras tersebut.

Perangkat keras berfungsi untuk mendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya atau yang sering disebut dengan brainware. Dengan adanya komponen hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan.

Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang komputer pernah menjelaskan tentang definisi hardware, diantaranya adalah:

1. William Stallings

Menurut William Stallings, pengertian hardware adalah komponen fisik dari sistem komputer yang terdiri dari semua perangkat keras, termasuk CPU (Central Processing Unit), memori, perangkat penyimpanan, perangkat input/output, dan perangkat keras lainnya yang digunakan dalam sistem komputer.

2. Andrew S. Tanenbaum

Menurut Andrew S. Tanenbaum, hardware adalah semua komponen fisik yang ada dalam sistem komputer, termasuk komputer pribadi, server, perangkat seluler, dan perangkat elektronik lainnya. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari sirkuit terkecil hingga perangkat keras yang lebih besar.

3. John D. Carpinelli

Menurut John D. Carpinelli, pengertian hardware adalah segala komponen fisik yang membentuk sistem komputer atau perangkat elektronik. Ini mencakup prosesor, memori, perangkat penyimpanan, perangkat input/output, dan komponen lain yang diperlukan untuk menjalankan perangkat tersebut.

4. Thomas C. Hayes

Menurut Thomas C. Hayes, hardware adalah komponen fisik dari sebuah sistem komputer yang mencakup semua perangkat keras yang digunakan untuk memproses, menyimpan, dan mentransfer data dalam perangkat elektronik.

5. Ali Zaki

Menurut Ali Zaki,  hardware adalah bagian fisik dari komputer, termasuk sirkuit digital di dalam perangkat komputer.

6. Joko Untoro

Menurut Joko Untoro, hardware adalah perangkat fisik berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.

7. James O’Brien

Menurut James O’Brien, pengertian Hardware adalah semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif.

Baca juga: Pengertian Manajemen File Dan Fungsinya Pada Sistem Operasi

Fungsi Hardware Secara Umum

fungsi hardware

Seperti yang disebutkan di atas, pengertian hardware adalah komponen dalam komputer yang dapat dilihat secara kasat mata dan memiliki fungsi tertentu. Masing-masing hardware komputer memiliki fungsi yang berbeda. Secara umum, ada beberapa fungsi utama dari hardware, diantaranya adalah:

1. Memberikan Input

Perangkat keras input, seperti keyboard, mouse, layar sentuh, dan mikrofon, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat dan memasukkan data atau instruksi ke dalamnya. Hardware tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.

2. Mengolah Data/ Informasi

Setelah menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru. Hardware, seperti prosesor (CPU), bertanggung jawab untuk mengolah data dan instruksi yang diterima dari perangkat lunak (software). Ini termasuk perhitungan matematika, pemrosesan gambar, suara, dan sebagainya.

3. Memberikan Output

Setelah diproses, hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui hardware khusus. Hardware output, seperti monitor, speaker, dan printer, menghasilkan hasil dari pemrosesan data dan memungkannya untuk pengguna. Ini mencakup tampilan visual, suara, atau cetakan fisik.

4. Menyimpan Data/ Informasi

Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam komputer, namun ada juga hardware yang dipasang di luar.

Hard drive, solid-state drive (SSD), dan perangkat penyimpanan lainnya digunakan untuk menyimpan data, program, dan berkas-berkas. Mereka memungkinkan akses dan retensi data dalam jangka waktu yang lama.

5. Manajemen Sumber Daya

Hardware juga bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya sistem, seperti daya, suhu, dan penggunaan memori. Ini termasuk komponen seperti power supply dan pendingin.

6. Koneksi Jaringan

Perangkat keras jaringan, seperti kartu jaringan dan modem, memungkinkan perangkat untuk terhubung ke jaringan komunikasi, seperti internet atau jaringan lokal, sehingga dapat berkomunikasi dengan perangkat lain.

Jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya

Hardware dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsinya dalam sebuah sistem komputer atau perangkat elektronik. Berikut adalah beberapa jenis hardware beserta penjelasan singkatnya:

1. Perangkat Masukan (Input Devices)

keyboard komputer

Input device (perangkat masukan) adalah hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi ke komputer. Data atau informasi tersebut dapat berbentuk gambar, teks, video, dan audio.

Beberapa contoh input device antara lain; Keyboard, Mouse, Microphone, Webcam, Dan lain-lain

2. Perangkat Pemrosesan (Process Devices)

VGA komputer

Process device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah atau memproses berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Process device dapat juga disebut sebagai ‘otak’ komputer karena dapat memproses informasi yang dimasukkan ke komputer.

Beberapa contoh process divice adalah: CPU (Central Processing Unit), VGA (Video Graphics Adapter), RAM (Random Access Memory), Power Supply, dan lain-lain.

3. Perangkat Keluaran (Output Devices)

Output device adalah perangkat dalam komputer yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer yang kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer.

Misalnya informasi atau data yang dikeluarkan dalam bentuk gambar, teks, video, dan audio. Beberapa hardware untuk ouput divice tersebut diantaranya; Monitor komputer, Proyektor, Printer, speaker, dan lain-lain.

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Devices)

Harddisk komputer

Perangkat penyimpan adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Salah satu contoh storage unit adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data di dalam komputer.

Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan dalam komputer, namun bisa juga dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal.

5. Perangkat Tambahan (Periferal)

Modem

Periferal merupakan hardware yang berfungsi membantu komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna. Modem adalah salah satu contoh perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

Contoh Hardware dan Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa contoh hardware pada komputer dan fungsinya:

1. Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah otak dari komputer, dan berfungsi untuk melakukan pemrosesan data. Ini menjalankan instruksi-instruksi dari program-program yang dijalankan oleh komputer, melakukan operasi matematika, dan mengkoordinasi aktivitas seluruh sistem.

2. Random Access Memory (RAM)

RAM adalah jenis memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data sementara saat komputer sedang berjalan. Semua program dan data yang sedang digunakan oleh komputer disimpan dalam RAM untuk akses cepat. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data yang dapat disimpan dan diakses secara cepat.

3. Hard Drive (HDD/SSD)

Hard drive adalah perangkat penyimpanan utama dalam komputer. HDD (Hard Disk Drive) menggunakan piringan magnetik untuk menyimpan data, sedangkan SSD (Solid State Drive) menggunakan chip semikonduktor. Keduanya berfungsi untuk menyimpan program, file, dan data yang diperlukan oleh komputer.

4. Keyboard & Mouse

Keyboard digunakan untuk memasukkan teks dan perintah ke dalam komputer, sementara mouse digunakan untuk mengontrol pergerakan kursor dan memberikan perintah dengan mengklik atau menggerakkan pointer.

5. Monitor

Monitor adalah perangkat output yang menampilkan informasi visual kepada pengguna. Ini digunakan untuk menampilkan antarmuka pengguna, gambar, video, dan teks yang dihasilkan oleh komputer.

6. Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama yang menghubungkan semua komponen hardware dalam komputer. Ini menyediakan jalur komunikasi antara CPU, RAM, kartu grafis, dan perangkat lainnya.

7. Scanner

Scanner adalah perangkat input yang digunakan untuk mengambil gambar atau dokumen fisik dan mengonversinya menjadi data digital yang dapat disimpan atau diedit di komputer.

8. Video Graphics Adapter (VGA)

VGA merupakan hardware yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil prosesnya ditampilkan pada layar monitor komputer.

9. Mikrofon dan Speaker

Mikrofon adalah perangkat input yang digunakan untuk merekam suara, sementara speaker adalah perangkat output yang digunakan untuk memutar suara. Mereka penting dalam komunikasi suara, konferensi web, dan hiburan multimedia.

10. Kartu Jaringan (Network Card)

Kartu jaringan digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan lokal atau internet. Ini memungkinkan komunikasi data melalui kabel Ethernet atau sambungan nirkabel (Wi-Fi).

11. Printer

Printer berperan sebagai perangkat keras output atau bentuk realisasi dari perintah. Perangkat keras ini berfungsi untuk mencetak segala macam dokumen yang dibutuhkan.

12. Proyektor LCD

Proyektor LCD berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Dengan menggunakan proyektor LCD maka berbagai presentasi dapat disampaikan dengan lebih jelas.

13. Harddisk

Perangkat keras ini berfungsi untuk menyimpan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Selain di dalam komputer, harddisk saat ini ada juga yang bentuknya portable, atau sering disebut dengan harddisk eksternal.

14. Flashdisk

Hardware ini berfungsi sebagai alat menyimpan data dari komputer dan memiliki konektor USB untuk menghubungkannya ke komputer atau media lainnya. Biasanya Flashdisk digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.

15. Optical Disk

Perangkat keras ini berfungsi sebagai media penyimpanan data yang dapat ditulis/dibaca oleh cahaya laser. Media penyimpanan data Optical Disk misalnya seperti Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).

16. Modem

Ini adalah hardware yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem dapat memungkinkan komputer terhubung ke internet.

Baca juga: Pengertian Teknologi Informasi Serta Fungsi, Komponen Dan Perananan Dalam Bisnis

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa hardware adalah perangkat berwujud fisik yang membentuk sistem komputer dan perangkat elektronik, yang berperan dalam menjalankan fungsi-fungsi yang diinginkan oleh pengguna atau aplikasi yang berjalan pada perangkat tersebut.

Hardware berperan penting dalam menentukan kinerja dan kemampuan suatu sistem. Setiap perangkat elektronik modern, termasuk komputer, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya, bergantung pada hardware untuk menjalankan perangkat lunak (software) dan memberikan fungsi yang diinginkan.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian hardware, fungsi, jenis, dan contoh hardware. Komponen perangkat keras ini umumnya mudah ditemukan di berbagai perusahaan. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

Leave a Comment