Pengertian CSR Menurut Para Ahli, Manfaat dan Fungsi CSR Serta Contohnya

Pengertian CSR

Apa itu CSR? Pengertian CSR (Corporate Social Responsibility) secara harifiah adalah respon sosial atau tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam bentuk berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, misalnya; menjaga lingkungan sekitar perusahaan, membangun fasilitas umum, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, memberikan bantuan beasiswa kepada anak yang dirasa kurang mampu, hingga memberikan bantuan dana untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pada dasarnya, CSR memang bertumpu pada suatu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder yang terkait. Beberapa hal yang termasuk di dalam program CSR ini diantaranya adalah:

  • Tatalaksana perusahaan (corporate governance)
  • Kesadaran perusahaan perusahaan terhadap lingkungan
  • Standar bagi karyawan dan kondisi tempat kerja
  • Hubungan perusahaan dengan masyarakat
  • Investasi sosial perusahaan (corporate philantrophy)

Pengertian CSR Menurut Para Ahli

Lebih jelasnya, para ahli memiliki 3 (tiga) pengertian CSR, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengertian CSR yang pertama, yaitu suatu komitmen bisnis untuk turut berkontribusi dalam membangun ekonomi berkelanjutan. Pihak perusahaan bekerja dan berinteraksi positif dengan karyawan, keluarga hingga komunitas yang ada di sekitar perusahaan tersebut. hal ini tak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup bersama.

2. Pengertian CSR yang kedua, yaitu suatu komitmen usaha yang dilakukan secara etis serta beroperasi secara legal. Disamping itu, perusahaan juga berkontribusi untuk peningkatan ekonomi yang diikuti dengan peningkatan kualitas hidup karyawan hingga masyarakatnya.

3. Ketiga, CSR memiliki definisi sebagai tindakan sosial, termasuk untuk peduli terhadap lingkungan hidup yang lebih dari batas-batas yang dituntut atau diharuskan dalam peraturan perundang-undangan.

Dari beberapa pengertian CSR yang sudah ada, CSR sendiri sangat berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) dimana perusahaan tersebut sebelum melakukan suatu kegiatan, harus berdasarkan atas keputusan yang tak hanya memikirkan atau terorientasi pada aspek ekonomi, melainkan juga harus memikirkan dampak sosial serta lingkungan yang bisa ditimbulkan oleh keputusan tersebut.

Kegiatan CSR secara tidak langsung akan menjamin keberlanjutan bisnis sebuah perusahaan. Hal ini disebabkan karena :

  1. Gangguan sosial akibat pencemaran lingkungan akan menurun dan perusahaan mendapat dukungan dari masyarakat setempat
  2. Pasokan bahan baku lebih terjamin untuk jangka panjang
  3. Keuntungan dari unit bisnis baru yang berawal dari kegiatan CSR yang dirancang oleh corporate

Manfaat dan Fungsi CSR

Fungsi CSR secara umum yaitu sebagai suatu bentuk tanggung jawab suatu perusahaan terhadap pihak yang terlibat atau terdampak baik secara langsung atau tidak langsung atas apa yang menjadi aktivitas perusahaan.




Adapun 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR diantaranya adalah:

  1. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam perusahaan dan juga masyarakat
  2. Peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan
  3. Terjalin hubungan baik antara corporate dengan lingkungan sosial
  4. Membantu memperbaiki tata kelola perusahaan
  5. Upaya pelestarian lingkungn, baik lingkungan fisik maupun sosial dan budaya

Tanggung jawab tersebut bisa dilakukan dengan memberikan perhatian lebih kepada pihak-pihak yang terlibat tersebut. Sementara itu, jika ingin mengetahui penjabarannya, setidaknya ada 9 manfaat atau fungsi dari CSR tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sosial Licence to Operate (Ijin Sosial untuk Beroperasi)
  2. Melebarkan akses sumber daya
  3. Melebarkan akses menuju pasar
  4. Mereduksi resiko bisnis perusahaan
  5. Mereduksi biaya
  6. Memperbaiki hubungan dengan regulator
  7. Memperbaiki hubungan dengan stakeholder
  8. Meningkatkan semangan dan produktivitas karyawan
  9.  Peluang mendapatkan penghargaan

Contoh CSR Perusahaan

Selain mengetahui dan mengerti apa itu pengertian CSR dan manfaat yang bisa diambil darinya, kini saatnya Anda tahu contoh dari CSR perusahaan. S

ekarang ini, banyak sekali perusahaan yang memberikan perhatian kepada lingkungan dengan melakukan beberapa program CSR. Dari sekian banyak perusahaan tersebut, setidaknya ada 3 perusahaan sebagai contohnya.

1. Pertamina

Berbagai program dilakukan oleh pertamina untuk memenuhi komitmennya dalam program CSR guna membantu pemerintah Indonesia.

2. Danone (Air Mineral Aqua)

Program CSR dari Danone disebut dengan WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan masyarakat pra-sejahtera serta berkontribusi secara aktif dan berkelanjutan agar permasalahan Indonesia yang berhubungan dengan penyediaan air bersih dapat diatasi.

3. PT. Sinde Budi Sentosa (Larutan Cap Badak)

Program CSR yang dilakukan oleh PT Sinde Budi Sentosa yaitu dengan melestarikan habitat Badak Jawa yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon. Program tersebut merupakan kerjasama perusahaan dengan WWF Indonesia dimana Sinde berperan sebagai donatur dana.

Baca juga: Pengertian Struktur Organisasi dan Penerapannya dalam Bisnis

KESIMPULAN:

Keputusan manajemen sebuah perusahaan untuk memberikan program CSR kepada masyarakat secara berkelanjutan adalah tindakan rasional. Alasannya, implementasi program CSR tersebut secara keseluruhan akan memberikan dampak positif bagi stakeholder dan juga kepada perusahaan.

Selain itu, dengan adanya CSR maka kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan akan lebih baik. Kondisi tersebut pada akhirnya akan membuat proses produksi dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan berjalan lancar dengan hasil yang maksimal.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud