Pendaftaran 1000 Startup Digital Telah Dibuka, Daftarkan Diri Anda!

Pendaftaran 1000 Startup Digital Telah Dibuka, Daftarkan Diri Anda!

1000 Startup Digital
Image dari Teknopedia.asia

Semakin berkembangnya dunia teknologi dewasa ini, membuat dunia bisnis pun juga mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Terutama internet, internet berkembang begitu cepat dan penggunanya pun semakin menggurita di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Nah, fakta ini ternyata juga sangat mempengaruhi laju perkembangan bisnis di Indonesia. Kini, semakin banyak bermunculan #startup digital yang menawarkan berbagai macam layanan kepada para konsumen.

Bukan saja startup yang dikembangkan oleh anak negeri, namun ada juga beberapa startup digital asing yang juga mulai masuk ke Indonesia. Kenyataan ini jika hanya dibiarkan saja, maka sampai kapanpun Indonesia hanya akan menjadi pasar bagi negara-negara raksasa bisnis digital dunia.

Maka dari itu, sebagai salah satu cara untuk membendung hal itu dan juga untuk memacu bisnis digital di tanah air, pemerintah kemudian meluncurkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Diharapkan dari program tersebut bisa menelurkan banyak pengusaha muda yang bisa bersaing di kancah internasional dengan startup digital yang mereka kerjakan.

Pendaftaran Terbuka Bagi Para Pemuda Dari Berbagai Keahlian

Setelah pada tanggal 17 Juni 2016 yang lalu program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah secara resmi dirilis, kini pendaftaran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah resmi dibuka. Dari program ini diharapkan ada banyak para pemuda yang berpartisipasi dan turut serta dalam setiap tahapan yang harus dilalui mulai dari awal hingga akhir.

Program ini terbuka bagi semua anak muda, artinya tidak membatasi mereka dengan hanya pada keahlian tertentu. Setiap anak muda yang memiliki keahlian seperti desain, komunikasi, bisnis dan berbagai keahlian lainnya memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti program ini.

Artikel lain: Menkominfo Minta Bos Google Bantu Kembangkan Startup Indonesia

Bagi Anda dan anak muda lainnya yang memiliki mindset bisnis dan selalu ingin menciptakan inovasi untuk menyelesaikan masalah yang ada, maka Anda bisa ikut mendaftarkan diri Anda dalam program ini. Bahkan bagi Anda yang sudah ataupun belum memiliki ide, tim ataupun produk startup, Anda tetap boleh mendaftarkan diri Anda.

Cara mendaftar adalah dengan mengisi formulir yang disediakan melalui registrasi di reg.1000startupdigital.id. Dan jika Anda ingin mendaftar bersama tim, maka Anda harus mendaftarkan diri secara perorangan dan mengikuti program dari awal sampai akhir.

Salah Satu Syarat Pendaftaran Untuk Peserta

Semua peserta yang sudah mendaftar, nantinya harus memenuhi salah satu syarat pendaftaran yaitu membuat sebuah video. Video yang dibuat berdurasi maksimal 2 menit, dan #video tersebut berisi masalah besar yang ingin diselesaikan oleh peserta. Selain deskripsi masalah, dalam video tersebut harus juga disertakan sebuah ide dan solusi yang rencananya akan dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital. Nah, video yang sudah dibuat tersebut kemudian diunggah melalui Youtube dengan menyertakan tagar #1000startupdigital.

Setelah proses pendaftaran semuanya selesai, nantinya akan dipilih 400 peserta pada tahap pertama di setiap kota untuk kemudian akan mengikuti Ignition. Ignition sendiri adalah sebuah seminar yang akan memberikan inspirasi bagi para peserta untuk membuat sebuah startup digital yang mampu menyelesaikan masalah dan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Program ini sangat penting diikuti oleh para peserta, karena akan menuntun para calon pendiri startup digital tersebut untuk memahami pola pikir kewirausahaan sebelum benar-benar memulai mengembangkan startup masing-masing.

Baca juga: Ini Alasan Perusahaan Startup Kini Banyak Dilirik Para Pencari Kerja di Indonesia

Sedangkan kota yang akan melaksanakan Ignition pertama adalah Jakarta yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2016 dan bertempat di Universitas Trisakti. Kemudian dilanjutkan di kota Surabaya yang akan di gelar di Spazio Hall pada tanggal 6 Agustus 2016. Setelah itu dilanjutkan ke Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2016 dan bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Nah, jika Anda adalah termasuk anak muda yang ingin menjadi pendiri startup digital dan ingin menjadi bagian dari solusi masalah yang sedang dihadapi masyarakat, maka segeralah daftarkan diri Anda. Bawalah cita-cita Anda untuk membangun Indonesia menjadi negara yang besar dengan passion dan kemampuan yang Anda miliki, segera daftarkan diri Anda!

3 KOMENTAR

  1. setuju sama artikel ini, dengan daya pikir dan kinerja anak muda kita yang masih fress, indonesia bisa membalikan statment “menjadi pasar untuk negara lain”. apapun usahanya, bisa itu menyediakan jasa cloud seperti Biznet GIO lakukan. di tengah2 ketatnya persaingan perusahaan startup, Biznet GIO berani menyediakan cloud dengan harga terjangkau dengan layanan terbaik.

  2. sy ingin gabung… punya ide tp bingung kolaborasi dan investor

  3. Nah, kebijakan pemerintah ini sangat cocok buat mahasiswa yg mpunyai ketertarikan dalam mendirikan startup. Semoga semakin banyak anak anak muda indonesia yg berkarya

Tinggalkan Balasan