Pemasaran Melalui Media Sosial Jadi Lebih Efektif dengan Trik Ini

Pemasaran-Melalui-Media-Sosial

Sudah menjadi hal yang lumrah bila keberadaan beranekaragam #media sosial di masa kini dimanfaatkan untuk tujuan pengembangan bisnis. Dengan konsep yang lebih modern, lebih unik, pebisnis modern mencoba untuk menyampaikan visi dan misi bisnis mereka melalui media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat dari bermacam-macam tingkat ekonomi. Hal ini memang cukup unik dan kreatif, mengingat media sosial telah menjadi media penyebaran informasi yang sangat efektif dan mempengaruhi persepsi banyak orang.

Walaupun menggunakan media sosial adalah sebuah strategi bisnis yang tepat, kita tentu harus memahami esensi penggunaan media sosial bagi masyarakat modern. Melalui persamaan persepsi dengan para pengguna media sosial lainnya, kita dapat mencari tahu mengenai ekspektasi apa yang diharapkan dari produk bisnis kita. Nah, agar kita menjadi lebih kreatif dan cermat dalam menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran, pelajari dulu yuk beberapa triknya berikut ini:

1. Tentukan Target dan Jenis Media yang Akan Digunakan

Kalangan mana yang menjadi target kita dalam memasarkan produk? Apakah target kita adalah pengguna media sosial yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa, atau kalangan eksekutif muda yang memiliki segudang rutinitas?

Artikel lain: Tips Agar Toko Online Semakin Populer di Facebook

Ini tentu harus kita pelajari terlebih dahulu. Pada umumnya mungkin produk-produk kuliner bisa menjangkau pasar yang lebih luas, sementara produk-produk teknologi dengan harga yang cukup mahal lebih baik difokuskan pada kalangan eksekutif muda atau mahasiswa yang ekonominya memadai.

Selain memutuskan kalangan mana yang akan dijadikan target, kita juga harus fokus memilih media sosial mana yang cocok untuk memasarkan produk kita. Gunakan saja media sosial yang memiliki banyak pengguna seperti #Facebook,  Twitter  atau Instagram. Kita juga bisa menggunakan forum-forum Indonesia yang sering dikunjungi oleh para pengguna internet, seperti Kaskus dan Detik.com. Buatlah perpaduan yang membuat pengguna internet merasa pemasaran, misalnya berikan posting singkat di Twitter atau Instagram untuk mengarahkan para audience ke halaman yang lebih besar lagi, seperti forum atau Facebook Page.

2. The Power of Creative Content

Konten yang seru dan kreatif menjadi salah satu kunci kesuksesan pemasaran melalui media sosial. Konten yang seru akan membuat para pengguna internet tertarik untuk selalu mengikuti informasi yang kita berikan. Pilihlah konten yang unsur viralnya (unsur share) tinggi. Pengguna internet akan merasa tertarik untuk membagikan informasi yang menarik.

Kesempatan yang diperoleh dari share tersebut bisa membuat pengguna internet lainnya mulai mengenal informasi dan produk bisnis kita. Dan usahakan untuk membuat konten yang singkat, padat namun menarik agar pengguna internet tak merasa malas untuk membacanya, ya.

3. Jalinlah Komunikasi Efektif Secara Personal

Menentukan target bisnis sudah, memilih konten dan jenis media sosial yang tepat juga sudah. Sekarang saatnya untuk memanfaatkan bantuan dari orang-orang sekitar kita. Memiliki banyak teman Facebook, #Twitter atau media sosial lainnya merupakan hal yang positif untuk mulai memperkenalkan bisnis kita.

Coba berikan posting, tweet atau wall post secara internal agar mereka bisa lebih mengenal produk bisnis kita. Langkah ini mungkin efektif bila mereka merasa senang dan ingin membagikan informasi kepada kerabat-kerabat lainnya.So, jangan bosan untuk menjalin hubungan baik dengan kenalan-kenalan di media sosial.




4. Carilah Pihak yang Tepat

Memilih key opinion leader (influencer) yang tepat memang perkara yang susah-susah gampang. Orang yang aktif menggunakan media sosial setiap hari, punya gaya penyampaian yang seru dan punya banyak followers adalah kriteria influencer yang tepat. Kita dapat bekerjasama dengan influencer tersebut untuk mempromosikan bisnis secara efektif melalui media sosial.

Contoh nyatanya yakni, bila kita memiliki #bisnis kuliner, maka kita bisa menjalin hubungan baik dengan food-blogger dan memberitahukan mengenai varian produk dan keunggulan bisnis kita. Dengan demikian food-blogger tersebut tentu tertarik untuk mempopulerkan produk kuliner kita. Ia dapat meyakinkan banyak orang mengenai keunggulan dan citarasa produk kuliner kita.

Baca juga: Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial

Jadi, jangan asal membuat akun media sosial saja untuk mencoba mempopulerkan bisnis secara modern ya. Gunakan strategi yang jitu dan minim budget untuk menciptakan sistem pemasaran yang efektif, unik dan digemari banyak orang.



7 total comments on this postSubmit yours
  1. Alhamdulillah, sedikit demi sedikit di praktekkan, membuahkan hasil!

  2. untuk mencari segmentasi pasar lewat medsos mungkin agak susah kecuali kalau dari fb kita bisa masuk ke group2 sesuai segmentasi pasar yg di incer.

  3. Yap semua orang pasti udah tahu dan paham betul manfaat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, sapai Path sebagai alat promo untuk bisnis yang dijalankan. Baik seorang penyedia jasa maupun produsen barang-barang bermutu, media sosial memang memberi kita kesempatan untuk bertemu dengan calon konsumen

  4. Setuju 4 hal itu penting bagi pemasaran di medsos, tapi yang paling sulit itu yang no.3. Tapi walau paling sulit, efeknya luar biasa dahsyat! :D

  5. keren tipsnya, jadi pengen memperdalam ilmu marketing di social media

  6. Saya sangat setuju dengan trik yang nomor 2, karena artikel yang berkualitas pasti akan diminati dan disukai oleh pembaca.

  7. good artikel max, no 3 .. saya paling suka mengerjakannya :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud