Peluang Usaha dari Hobi Makan, Ini 5 Pilihan yang Bisa Anda Coba

Peluang Usaha dari Hobi Makan, Ini 5 Pilihan yang Bisa Anda Coba

Peluang Usaha dari Hobi Makan

Peluang usaha dari hobi makan? Mungkin Anda merasa aneh dengan tulisan tersebut, tapi faktanya orang yang punya hobi makan justru sering berhasil membuka usaha lho.

Hobi, passion atau kesukaan memang tidak akan bisa dipisahkan dari seseorang begitu saja. Meskipun barangkali Anda saat ini bekerja pada bidang tertentu, hasrat untuk menyalurkan hobi atau kesukaan ini pasti akan tetap bergejolak. Misalnya saja jika Anda hobi futsal, tentu sebisa mungkin akan menyempatkan waktu untuk bermain futsal meskipun sibuk.

Tak jarang hobi bisa merusak karir atau bisnis Anda jika tidak dimanage dengan baik. Namun banyak juga orang yang justru sukses dalam berkarir atau berbisnis bermula dari hanya sekedar hobi.

Banyak kisah sukses dari hobi jadi peluang bisnis yang sering kita jumpai. Nah, jika Anda saat ini memiliki hobi makan, ada beberapa peluang bisnis makanan yang cocok dan bisa Anda coba. Selain untuk menyalurkan hobi, juga bisa untuk menambah penghasilan Anda.

1. Peluang Usaha dari Hobi Makan: Buka Warung Atau Restoran

Tentu saja ini bisnis yang sangat menjanjikan. Bukan saja untuk memenuhi hobi Anda, namun juga sangat potensial untuk menjadi sebuah bisnis dengan kapasitas yang besar. Banyak sekali restoran besar yang sukses hanya berawal dari sebuah hobi.

Apalagi jika Anda memiliki ilmu manajemen yang baik, tentu membuka peluang usaha warung bisa dikerjakan dengan lebih baik. Prospek bisnis ini masih tetap menjanjikan ke depan. Gaya hidup masyarakat modern dengan lebih suka makan di luar pada momen-momen tertentu akan semakin mendukung kesuksesan bisnis restoran Anda.

2. Menjalankan Usaha Katering

Menjalankan hobi makan sambil berbisnis memang sangat mengasikkan. Menjalankan bisnis katering tampaknya sangat cocok bagi Anda yang gemar dengan makanan atau kuliner.

Seperti halnya putra Presiden Jokowi yang mempunyai bisnis katering sendiri, bisnis ini sangat menjanjikan. Dengan intensitas pesta atau acara dan event yang semakin hari semakin banyak, peluang bisnis ini seperti mendapat angin segar.

Lengkapi jasa katering Anda dengan melayani pesanan pembuatan kue. Karena di masyarakat saat ini banyak sekali acara selamatan atau sukuran yang membutuhkan makanan seperti jenis kue-kue kering.

Artikel lain: Ternyata Ini Kunci Sukses Bisnis Katering Gibran Rakabuming Putra Presiden RI

3. Membuka Toko Makanan

Membuka toko dan berjualan makanan juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang suka dengan aneka kuliner. Jika Anda lihat di sekeliling, pasti banyak toko yang menjual makanan terutama kue-kue kering. Apalagi musim menjelang lebaran seperti ini, tentu peluang semakin besar. Karena pasti akan banyak orang yang membutuhkan kue untuk menjamu para tamu.

Bukan itu saja, makanan khas suatu daerah juga bisa menjadi bisnis yang potensial. Dengan semakin gencarnya promosi yang dilakukan oleh daerah masing-masing, dengan sendirinya akan meningkatkan pengetahuan masyarakat luas terhadap produk khas dari daerah tertentu.

Hal ini bisa menjadi pemicu semakin meningkatnya keinginan masyarakat untuk sekedar merasakan atau mencicipi kuliner khas daerah tertentu.

4. Menjadi Kritikus Makanan

Kritikus makanan adalah profesi yang paling sesuai bagi seorang yang memiliki hobi makanan dan mempunyai skill menulis. Profesi kritikus makanan dewasa ini bisa dibilang mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Hal ini dikarenakan semakin beraneka ragamnya jenis makanan atau masakan yang dipublikasi baik melalui media televisi maupun #media online. Banyak media terutama yang bertemakan kuliner, membutuhkan jasa ini.

Untuk memulai nya, Anda bisa membuat portofolio terlebih dahulu dan membuat contoh tulisan Anda kemudian kirim ke koran, majalah atau bisa juga ke media online.

Baca juga: 5 Ide Produk Kuliner yang Potensial Dijadikan Bisnis Online

5. Menjadi Pembuat Resep Makanan

Jika Anda memiliki kesukaan terhadap makanan dan juga sering membuat resep sendiri untuk dicoba, sayang kalau tidak dibagi ke orang lain. Memodifikasi suatu resep atau bahkan membuat resep baru juga membutuhkan keahlian khusus.

Bisnis kuliner dengan menjadi seorang pembuat resep juga bisa sangat menjanjikan. Bagimana caranya, kumpulkan karya resep yang Anda buat ke dalam sebuah catatan khusus. Kalau sudah terkumpul beberapa resep baru, Anda bisa menawarkan kepada penerbit untuk dijadikan sebuah buku, peluang yang bagus bukan.

Itulah beberapa peluang usaha dari hobi makan, ternyata ketertarikan besar pada makanan itu menguntungkan. So, jangan ragu untuk menjadikan hobi Anda untuk dikelola menjadi bisnis yang lebih serius. Selain hobi tetap tersalurkan, yang terutama dapur juga tetap harus mengepul.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan