Peluang Usaha Dari Hobi Makan, 7 Ide Bisnis yang Bisa Anda Coba

Peluang Usaha dari Hobi Makan

Peluang usaha dari hobi makan? Mungkin Anda merasa aneh dengan judul tersebut, tapi faktanya orang yang punya hobi makan justru sering berhasil membuka usaha lho.

Hobi, passion atau kesukaan memang tidak akan bisa dipisahkan dari seseorang begitu saja. Meskipun barangkali Anda saat ini bekerja pada bidang tertentu, hasrat untuk menyalurkan hobi atau kesukaan ini pasti akan tetap bergejolak. Misalnya saja jika Anda hobi futsal, tentu sebisa mungkin akan menyempatkan waktu untuk bermain futsal meskipun sibuk.

Tak jarang hobi bisa merusak karir atau bisnis Anda jika tidak dimanage dengan baik. Namun banyak juga orang yang justru sukses dalam berkarir atau berbisnis bermula dari hanya sekedar hobi.

7 Peluang Usaha Dari Hobi Makan

Banyak kisah sukses dari hobi jadi peluang bisnis yang sering kita jumpai. Nah, jika Anda saat ini memiliki hobi makan, ada beberapa peluang bisnis makanan yang cocok dan bisa Anda coba. Selain untuk menyalurkan hobi, juga bisa untuk menambah penghasilan Anda.

1. Buka Warung Makan atau Restoran

Kita semua tahu bahwa bisnis warung makan atau restoran merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Bukan hanya untuk memenuhi hobi Anda, namun juga sangat potensial untuk menjadi sebuah bisnis dengan kapasitas yang besar.

bisnis restoran

Ada banyak lho restoran sukses yang berawal dari hobi.

Kafe burger dan steak dengan merek Red Label merupakan salah satu contoh restoran sukses yang berawal dari hobi makan. Restoran ini dijalankan oleh Andrew Ryan, seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Sydney Australia.

Apalagi jika Anda memiliki ilmu manajemen yang baik, tentu membuka peluang usaha warung bisa dikerjakan dengan lebih baik. Prospek bisnis ini masih tetap menjanjikan ke depan. Gaya hidup masyarakat modern dengan lebih suka makan di luar pada momen-momen tertentu akan semakin mendukung kesuksesan bisnis restoran Anda.

2. Menjalankan Usaha Katering

Bisnis katering merupakan salah satu contoh peluang usaha dari hobi makan. Menjalankan hobi makan sambil berbisnis memang sangat mengasikkan. Menjalankan bisnis katering tampaknya sangat cocok bagi Anda yang gemar dengan makanan atau kuliner.

Peluang Usaha dari Hobi Makan

Menjalankan bisnis katering tampaknya sangat cocok bagi Anda yang gemar dengan makanan atau kuliner. Seperti halnya putra Presiden Jokowi yang mempunyai bisnis katering sendiri, bisnis ini sangat menjanjikan.

Dengan intensitas pesta atau acara dan event yang semakin hari semakin banyak, peluang bisnis ini seperti mendapat angin segar. Lengkapi juga jasa katering Anda dengan melayani pesanan pembuatan kue karena di masyarakat saat ini banyak sekali acara selamatan atau sukuran yang membutuhkan makanan seperti jenis kue-kue kering.

Artikel terkait: Kunci Sukses Bisnis Katering Gibran Rakabuming

3. Peluang Usaha dari Hobi Makan: Food Blogger

Food blogger, sebuah profesi yang tidak populer tapi cukup banyak yang menjalankannya. Tidak cukup hanya menyukai bidang makanan, tapi Anda juga harus punya kemampuan dalam beberapa hal lainnya.

food blogger

Para food blogger harus memiliki beberapa kemampuan berikut:

  • Kemampuan meriset makanan.
  • Kemampuan menulis.
  • Kemampuan memotret makanan.
  • Kemampuan manajemen keuangan.
  • Dan kemampuan pemasaran konten.

Jadi, tidak hanya sekedar hobi makan saja ya. Tapi Anda harus punya kemampuan pendukung lainnya agar bisa menjadi food blogger yang sukses.

Sebagai inspirasi, Anda bisa mengamati beberapa food blogger terkenal di Indonesia berikut:

  • Anak Jajan (anakjajan.com)
  • Eat and Treats (eatandtreats.com)
  • The Hungry Doctor (thehungrydoctor.net)
  • Culinary Bonanza (culinarybonanza.com)
  • The Food Escape (thefoodescape.com)

4. Peluang Usaha dari Hobi Makan: Menjadi Food Vlogger

Mirip dengan food blogger, profesi menjadi food vlogger juga merupakan salah satu peluang usaha dari hobi makan. Selain menikmati hobi, mereka juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari konten yang mereka ciptakan.

food vlogger

Di Indonesia, ada banyak yang melakoni profesi ini. Para food vlogger membuat konten dalam bentuk video dan mengupload video tersebut ke platform social media berbasis video, terutama YouTube.

Biasanya setiap food vlogger memiliki topik dan konsep video yang unik dan menarik. Dan konten yang ada di dalam kanal YouTube mereka hanya yang berhubungan dengan makanan/ minuman atau kuliner.

Sebagai inspirasi Anda, berikut ini beberapa kanal YouTube food vlogger terkenal di Indonesia:

  • Ken & Grat
  • Mgdalenaf
  • Ria SW
  • Tanboy Kun
  • Nex Carlos
  • Farida Nurhan
  • Gerry Girianza

5. Membuka Toko Makanan

Membuka toko dan berjualan makanan juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang suka dengan aneka kuliner. Jika Anda lihat di sekeliling, pasti banyak toko yang menjual makanan terutama kue-kue kering.

toko makanan

Apalagi musim menjelang hari-hari besar seperti Natal, dan Idul Fitri, tentu peluang semakin besar. Pasalnya, ada banyak orang yang mencari kue untuk menjamu para tamu mereka.

Bukan itu saja, makanan khas suatu daerah juga bisa menjadi bisnis yang potensial. Dengan semakin gencarnya promosi yang dilakukan oleh daerah masing-masing, dengan sendirinya akan meningkatkan pengetahuan masyarakat luas terhadap produk khas dari daerah tertentu.

Hal ini bisa menjadi pemicu semakin meningkatnya keinginan masyarakat untuk sekedar merasakan atau mencicipi kuliner khas daerah tertentu.

6. Menjadi Kritikus Makanan

Kritikus makanan adalah profesi yang paling sesuai bagi seorang yang memiliki hobi makanan dan mempunyai skill menulis. Profesi kritikus makanan dewasa ini bisa dibilang mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Hal ini dikarenakan semakin beraneka ragamnya jenis makanan atau masakan yang dipublikasi baik melalui media televisi maupun media online.

Peluang bisnis dari hobi makan

Tidak seperti reviewer, seorang kritikus makanan harus membahas kelebihan dan kekurangan dari makanan yang dicoba. Jadi, profesi ini bisa disukai sekaligus dibenci oleh pemilik usaha restoran.

Untuk memulai profesi ini, Anda harus melakukan beberapa hal, seperti;

  • Melatih kemampuan menulis.
  • Mempelajari bisnis restoran.
  • Menguji indra perasa hingga batas kemampuannya.
  • Belajar menjadi ahli di bidang makanan.
  • Membaca dan mempelajari karya kritikus makanan dan koki.
  • Mencoba membuat tulisan ulasan tentang makanan.
  • Berusaha menjaga anonimitas atau tidak mudah dikenali.
  • Membuat portofolio dan membuat contoh tulisan Anda kemudian kirim ke media tertentu, misalnya majalah atau bisa juga ke media online.

7. Menjadi Pembuat Resep Makanan

Para pembuat resep biasanya memiliki minat dalam bidang kuliner dan memasak. Mereka menciptakan resep makanan dari awal atau bisa juga memodifikasi resep orang lain menjadi sesuatu yang baru.

Peluang usaha dari hobi memasak

Jika Anda memiliki kesukaan terhadap makanan dan juga sering membuat resep sendiri untuk dicoba, sayang kalau tidak dibagi ke orang lain. Memodifikasi suatu resep atau bahkan membuat resep baru juga membutuhkan keahlian khusus.

Peluang usaha dari hobi makan dengan menjadi seorang pembuat resep juga bisa cukup menjanjikan. Di Amerika, penghasilan para pembuat resep makanan bisa mencapai ratusan juta per bulan.

Bagimana cara memulainya?

Kumpulkan karya resep yang Anda buat ke dalam sebuah catatan khusus. Kalau sudah terkumpul beberapa resep baru, Anda bisa menawarkan kepada penerbit untuk dijadikan sebuah buku, peluang yang bagus bukan.

Artikel terkait: 30+ Peluang Usaha yang Menjanjikan

Penutup

Itulah beberapa peluang usaha dari hobi makan yang bisa Anda coba. Ternyata ketertarikan besar pada makanan itu menguntungkan ya. Selain bisa menikmati berbagai jenis makanan, kita juga bisa punya ladang bisnis yang menjanjikan.

So, jangan ragu untuk menjadikan hobi Anda untuk dikelola menjadi bisnis yang lebih serius. Hobi dapat tersalurkan, dan dapur juga tetap bisa ngebul.

M Majid

Mochamad Majid adalah content writer sekaligus editor di Maxmanroe.com. Menyukai dunia digital media dan fotografi.

Tinggalkan Balasan