Selain Pengalaman Kerja, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil Saat Menjadi Karyawan

Tidak ada yang salah bagi seseorang yang ingin meniti karir sebagai karyawan. Demikian juga halnya dengan orang yang ingin membangun usahanya sendiri. Faktanya, ada banyak pengusaha sukses yang dulunya juga adalah seorang karyawan.

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa diambil seseorang ketika ia menjadi seorang karyawan, selain pengalaman kerja tentunya. Jika Anda pandai mengambil ilmu saat Anda menjadi karyawan, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga akan menjadi seorang yang sukses di masa depan. Baik sukses sebagai seorang karyawan maupun sukses menjadi seorang pengusaha.

Di bawah ini adalah beberapa hal positif yang bisa kita ambil ketika menjadi seorang karyawan:

1. Belajar Menjaga Kedisiplinan Waktu

Menjaga Kedisiplinan Waktu

Sebagai seorang karyawan, tentu saja Anda akan terikat dengan waktu yang telah dibuat oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Mau tidak mau Anda harus bisa disiplin dalam mengikuti jadwal waktu tersebut, karena jika Anda tidak disiplin maka sanksi dari kantor akan Anda terima.

Jangan mudah mengeluh, sikap disiplin terhadap waktu memang harus dilakukan oleh karyawan dan bahkan bos pun juga harus displin mengikuti aturan tersebut. Jadikan rutinitas dalam mengatur disiplin waktu ini sebagai tempat Anda berlatih dan menempah diri.




Disiplin adalah kunci sukses bagi siapa saja yang ingin menjadi lebih baik di masa depan. Apapun pekerjaan yang sedang Anda jalani saat ini, baik sebagai karyawan maupun pengusaha, tanpa disiplin saya rasa akan sangat sulit bagi Anda untuk menggapai kesuksesan.

Baca juga: 15+ Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

2. Belajar Berkomunikasi dengan Banyak Orang

Berkomunikasi dengan Banyak Orang

Komunikasi adalah salah satu dari beberapa hal penting yang harus dipelajari setiap orang. Peran komunikasi ini sangat vital bagi siapa saja, baik untuk karyawan maupun bagi para pengusaha. Anda harus bisa menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan cara yang benar dan pada saat yang tepat.

Nah, ketika Anda menjadi seorang karyawan, baik secara langsung ataupun tidak, Anda akan dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan siapa saja yang terlibat dengan pekerjaan. Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja, atasan maupun bawahan Anda.

Di sini kemampuan Anda dalam menyelami masing-masing karakter yang berbeda akan sangat berperan untuk meningkatkan kualitas komunikasi Anda. Ketika Anda sudah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, maka akan mudah bagi Anda dalam menempatkan diri dan menjalin relasi.




3. Belajar Menghormati Orang Lain

Menghormati Orang Lain

Menghormati orang lain sangat penting dalam segala hal. Ketika Anda menjadi karyawan, maka tentu saja Anda harus bisa menghormati senior dan atasan Anda. Bukan saja kepada senior dan atasan saja sebenarnya, kepada bawahan dan junior Anda pun juga harus bisa menghormatinya.

Sikap respek kepada orang lain yang Anda lakukan setiap hari dan setiap waktu, akan membentuk karakter dan pribadi Anda sebagai orang yang rendah hati. Sikap ini tentu sangat positif untuk membangun karakter diri yang akan bermanfaat kelak di kemudian hari.

Sikap ini sangat berperan penting baik ketika Anda menjadi karyawan maupun pengusaha, bahkan ketika Anda menjadi pejabat ataupun orang biasa.

4. Belajar Tanggung Jawab

Selain ketiga hal penting di atas, ada lagi yang sangat penting yang bisa kita pelajari ketika menjadi seorang karyawan, yaitu belajar tanggung jawab. Karena bagaimanapun juga seorang karyawan akan selalu dibebani sebuah tanggung jawab di dalam pekerjaannya.

Dan ketika seorang karyawan tidak mampu menyelesaikan tanggung jawabnya, tentu saja akan mendapatkan preseden buruk dari perusahaan bahkan sampai pada peringatan. Maka dari itu, dari sini kemudian Anda bisa mengerti betapa pentingnya sebuah tanggung jawab. Ketika Anda sudah mengatakan sanggup mengambil tanggung jawab tersebut, maka Anda harus memperjuangkannya sampai benar-benar beres.

Ketika seseorang sudah memahami arti tanggung jawab, maka di manapun ia berada tentu akan menjadi pribadi yang memiliki integritas terhadap apa yang dikerjakannya.

Artikel lain:

Kesimpulan:

Jadilah karyawan yang selalu bisa mengambil nilai lebih dari apa yang Anda kerjakan. Setiap sikap positif yang Anda bangun setiap hari, akan membentuk karakter Anda menjadi lebih baik.

Anda akan menjadi orang yang sangat beruntung ketika Anda memiliki karakter positif. Karakter positif akan bisa meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan rekan kerja sehingga tentu saja akan membuat kinerja semakin maksimal.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Setuju bgt sama poin pertama dan ke empat.. Saat ini saya sebagai karyawan merasakan bgt gimana caranya supaya disiplin waktu dan belajar bertanggung jawab juga.. Tapi tentunya planning saya bukan cuma jadi karyawan, tapi jadi bos untuk perusahaan saya sendiri.. Memang semuanya butuh bekal dan harus terjun secara langsung ke lapangan sebagai karyawan.. supaya kelak kalo jadi bos bisa tau gimana rasanya jadi karyawan dan gimana cara ngadepin berbagai jenis watak karyawan.. Intinya nikmatin aja waktumu sbg karyawan dan ambil nilai-nilai positifnya.. Good articles!!

  2. Benar mas, dari semuanya itu kuncinya adalah “belajar” karena belajar disiplin, belajar menghargai orang lain, belajar memanfaatkan waktu ,disiplin dan seterusnya. Semua diawali dengan belajar, karena dengan demikian pasti semua itu bisa menjadi kunci keberhasilan seorang karyawan atau bahkan bukan karyawan saja ,bahkan dari profesi apa pun itu pasti berhasil tentunya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud