Pelajaran Penting dari Kevin Rose Untuk Founder Startup

kevinrose

Startup saat ini merupakan sebuah ranah yang ‘sexy’ untuk terus di garap. Namun ada beberapa pokok penting bagi Anda yang merupakan seorang founder startup untuk diperhatikan. Nah kali ini Kevin Rose akan memberikan sebuah pelajaran penting untuk para founder startup.

Kevin Rose, selain menjadi co-founder dari North Technologies, dia juga adalah General Partner di Google Ventures dan juga merupakan founder beberapa situs yang populer di interenet, diantaranya Digg, Milk, Revision3, dan Pownce. Dalam sebuah wawancara, Kevin Rose berbagi beberapa pelajaran penting yang ia dapatkan selama menjadi founder dan investor. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Hilangkan Ego dan Belajarlah dari Orang yang Telah Sukses

Hilangkan semua ego pribadi Anda jika Anda ingin startup Anda maju. Belajarlah dari orang-orang yang telah sukses, ambil ilmunya dan buatlah mereka membantu Anda dengan kelebihan yang Anda miliki. Carilah mentor untuk Anda dan pelajarilah banyak hal dari mereka untuk #startup Anda terus berkembang. Meski startup Anda sudah berjalan janganlah sungkan untuk belajar lebih banyak dari para pendahulu Anda,curi kesuksesan mereka lalu terapkan dan kembangkan utnuk startup yang Anda miliki.

2. Jangan Lakukan Semua Hal yang Anda Inginkan Sekaligus

Saat Anda membuat suatu produk, mendapatkan ide-ide baru memang sangat menarik dan menyenangkan, tapi jumlahnya akan terus menumpuk dengan cepat dan membuat Anda kehilangan fokus. Seperti yang dideskripsikan Kevin, “Seseorang akan memberikan ide. Kemudian Anda akan mendiskusikannya dengan tim. Mendadak, dari ide kecil tersebut akan muncul pendapat-pendapat baru dan akhirnya akan menjadi hal yang besar.

Sebagai seorang founder, Anda harus mengambil sebuah keputusan yang baik bagi startup Anda. Saring ide-ide yang muncul dan lakukan dengan bertahap, jangan melakukannya sekaligus. Jika Anda lakukan dengan sekaligus maka sudah dipastikan Anda akan kehilangan arah.




Artike lain: Bagaimana Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia?

3. Bangun Trend dan Komunitas yang Solid

Bangun sebuah brand yang baik dan bangun pula sebuah komunitas yang solid. Hal ini perlu dilakukan karena jika anda telah memiliki sebuah brand yang baik dan sebuah #komunitas yang solid, Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mempromosikan produk yang Anda miliki. Karena komunitas Anda yang sudah terbangun dengan sangat kuat akan dengan suka rela bercerita kepada orang lain mengenai produk yang Anda miliki

4. Bangun Jaringan Dengan Cara yang Menyenangkan

Dengan adanya startup baru yang diluncurkan setiap harinya, menggunakan PR agency saja tidak cukup untuk Anda dikenal orang-orang. Maka Kevin menyarankan beberapa hal yaitu untuk mengenal para reporter dan pelanggan yang penting bagi perusahaan Anda. Mulailah dengan bercakap-cakap (bukan untuk menjual), tunjukkan presentasi pada mereka (mereka ingin melihat sesuatu dan bermain-main dengannya), dan berikan mereka sebuah akses awal yang mudah untuk versi beta sebelum produk Anda diluncurkan.

Yang terpenting adalah jangan memperlakukan networking seperti networking, seperti ‘Saya harus mendapatkan kartu namanya. Saya harus bertemu dengan lebih banyak orang.’ Lakukan semua itu dengan cara yang menyenangkan, seperti Anda sedang berlibur. Maka hal tersebut akan mengalir dengan natural.

5. Hadapi Masalah Sebagai Suatu Tantangan, Bukan Masalah

Banyak founder ketika melihat masalah yang besar akan menjadi gugup, ketakutan atau merasa masalah yang mereka hadapi terlalu besar untuk diatasi. seorang founder yang baik adalah, mereka yang melihat hal tersebut sebagai tantangan, bukan sebagai halangan. Jika ada masalah yang besar atau sesuatu yang perlu mereka atasi, itu adalah hal yang akan menggerakkan Anda. Sebuah faktor yang akan menggerakkan seorang individu.




Jadi, semua masalah yang mungkin akan timbul menghampiri startup Anda jangan sampai membuat Anda bimbang, ragu maupun takut. Jadikan mereka sebuah tantangan yang menyenangkan dengan harapan tantangan itu dapat membuat startup Anda semakin menjadi besar.

Baca juga: Michael Arrington ~ Sosok Dibalik Kesuksesan Website TechCrunch

Membangun sebuah startup atau perusahaan yang besar, sukses dan bermanfaat adalah keinginan semua orang yang menggelutinya. Namun jangan melupakan poin-poin kecil yang justru sangat penting untuk kita lakukan. Perhatikan dengan baik semua aspek yang ada dalam membangun bisnis, dan lakukan dengan tepat.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud