Beranda Social Media 7+ Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara / Hilang

7+ Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara / Hilang

Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara

Apakah kamu sedang mengalami masalah, WhatsApp Call suaranya hilang? Jika iya, maka kamu harus tahu cara mengatasi masalah panggilan WhatsApp tidak ada suara.

Sejauh pengalaman saya, masalah ini sangat jarang terjadi. Namun tentu saja beberapa pengguna aplikasi WhatsApp pernah mengalami masalah tidak ada suara saat menelepon.

Sebelum mengatasi masalah tersebut, sebaiknya kamu tahu dulu apa penyebab WhatsApp Call tidak ada suaranya. Dengan begitu, kamu dapat mengatasi masalahnya dengan tepat.

Penyebab WhatssApp Call Tidak Ada Suaranya

Ada beberapa hal yang menyebabkan panggilan WhatsApp tidak bersuara. Namun, penyebab paling sering adalah karena adanya masalah pada mic, bug pada aplikasi WA, dan gangguan sistem.

Dalam hal ini, saya membedakan masalah menjadi dua jenis, yaitu:

  • Suara kamu tidak terdengar lawan bicara.
  • Suara lawan bicara tidak terdengar di ponsel kamu.

Masing-masing penyebab masalah memiliki cara penanganan yang berbeda. Yuk, simak penjelasan selanjutnya.

Solusi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara

Berikut ini saya akan membahas cara untuk mengatasi panggilan telepon via WA yang tidak keluar suara. Mudah-mudahan dengan menerapkan beberapa tips ini, WhatsApp call di ponsel Anda bisa normal seperti semula.

1. Periksa Microphone dan Speaker

Saat kita melakukan panggilan telepon dengan aplikasi WhatsApp, maka komponen yang bekerja pada smartphone adalah microphone dan speaker.

Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Speaker untuk mengeluarkan suara dari lawan bicara, sedangkan microphone untuk mengirimkan suaran kamu ke lawan bicara.

Speaker Microphone
Jika ada kerusakan pada speaker HP kamu, maka kamu tidak bisa mendengarkan suara dari lawan bicara. Jika kerusakan ada pada bagian microphone, maka suara kamu yang tidak akan terdengar oleh lawan bicara.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kerusakan tersebut? Begini caranya:

  • Microphone; coba kirimkan pesan suara rekaman ke lawan bicara di WhatsApp. Lalu, minta orang tersebut untuk memeriksa apakah suara kamu terdengar.
  • Speaker; silahkan mencoba speaker kamu dengan memutar musik bervolume keras. Jika suara tidak wajar, misalnya suara kecil, itu artinya masalahnya pada speaker kamu.

Pastikan microphone dan speaker di ponsel kamu dan lawan bicara dalam keadaan aktif. Jika salah satunya dalam posisi disable, maka suara tidak akan keluar.

Perhatikan icon microphone dan speaker, jika ada tanda embun berbentuk lingkaran berarti fitur tersebut sedang dalam keadaan disable atau tidak aktif.

Lihat gambar berikut.

WhatsApp Speaker dan Microphone
Microphone dan speaker dalam keadaan disable.

Pastikan fitur microphone dan speaker aktif. Mungkin pernah tidak sengaja di-disable, kamu bisa mengaktifkan kembali kedua fitur tersebut dengan mengetuk icon-nya.

2. Menaikkan Volume Suara Panggilan

Setiap ponsel memiliki pengaturan volume terpisah untuk notifikasi, pemutaran media melalui speaker, volume penerima dan volume headphone, dan pengaturan yang berbeda di setiap aplikasi.

Periksa kembali pengaturan volume untuk output yang kamu gunakan. Pastikan volume output speaker kamu sudah cukup agar suara terdengar jelas.

3. Pakai Headset Saat Menelepon

Bug pada sistem smartphone terkadang dapat diatasi dengan langkah yang sangat sederhana.

Beberapa pengguna smartphone Android menyebutkan suara yang hilang di speaker saat menelepon dapat diatasi hanya dengan memakai headset atau earphone.

Smartphone pada umumnya memiliki sistem internal sendiri yang berguna untuk mengeluarkan suara dari speaker ke headset/ earphone.

4. Memberikan Izin Akses Microphone pada WhatsApp

Aktifkan Microphone

Setiap kali kita akan menggunakan fitur WhatsApp, kita harus memberikan izin akses untuk sistem HP yang diperlukan.

Dalam hal ini, WhatsApp memerlukan izin akses microphone agar bisa melakukan panggilan. Jadi, jika sebelumnya kamu menolak izin akses mikrofon maka kamu bisa mengaktifkannya terlebih dahulu.

Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan di ponsel kamu.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Buka aplikasi WhatsApp. Lalu masuk ke menu Izin.
  • Aktifkan Izinkan hanya saat aplikasi digunakan.

Selain mikrofon, Anda juga mungkin perlu memberikan izin akses ke sistem lainnya di smartphone Anda, seperti; galeri, SMS, telepon, dan lainnya. Jika sudah dilakukan, silahkan mencoba melakukan panggilan.

5. Periksa Koneksi Internet

Pada saat koneksi internet sedang buruk maka fitur-fitur WhatsApp tidak dapat digunakan seperti biasanya, termasuk fitur panggilan telepon via WhatsApp.

Koneksi Internet Stabil

Hal ini mengakibatkan masalah tidak keluarnya suara saat melakukan panggilan telepon. Mungkin saja kamu tetap bisa melakukan panggilan, tapi kualitas suara akan putus-putus atau bahkan tidak ada suara.

Nah, jika ini yang menjadi penyebabnya maka solusinya adalah memperbaiki koneksi internet kamu terlebih dahulu. Pastikan koneksi internet kamu cukup stabil dengan sinyalnya 4G LTE, atau setidaknya HSPA.

6. Bersihkan Data dan Memori WhatsApp

Terkadang masalah panggilan WA tidak ada suara disebabkan karena adanya bug pada aplikasi WhatsApp. Nah kamu bisa membersihkan Memori atau Data aplikasi WA untuk menghapus bug tersebut.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan;

  • Buka Pengaturan di smartphone kamu.
  • Buka menu Aplikasi.
  • Pilih aplikasi WhatsApp,
  • Masuk ke menu Penyimpanan.
  • Ketuk tombol Hapus data atau Hapus memori.

Hapus Data dan Memori

Menghapus Memori akan membersihkan cache aplikasi WhatsApp saja. Namun, jika menghapus Data maka aplikasi WhatsApp kamu akan seperti baru diinstal dan kamu otomatis logout.

PERHATIAN: sebelum memilih opsi Hapus Data, pastikan kamu sudah mencadangkan data terlebih dahulu. Selain itu, pastikan juga nomor WA yang digunakan masih aktif agar bisa melakukan verifikasi saat login.

7. Menginstal Ulang Aplikasi WhatsApp

Instal Ulang WA

Menginstal ulang aplikasi WhatsApp bisa kamu lakukan bila empat cara sebelumnya tidak berhasil. Hapus atau uninstall aplikasi WhatsApp, lalu instal ulang.

PERHATIAN: Dengan melakukan langkah ini, maka semua data kamu di aplikasi WhatsApp akan hilang. Oleh karena itu, kamu wajib mencadangkan data yang ada di WhatsApp.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan di HP kamu.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Cari aplikasi WhatsApp.
  • Pilih Hapus Instalan.
  • Selanjutnya, buka Playstore.
  • Cari aplikasi WhatsApp.
  • Instal kembali.

8. Reset HP

Ini langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan, jika beberapa cara sebelumnya ternyata tidak bisa mengatasi masalah WhatsApp Call tidak ada suara.

Langkah ini akan menghapus semua bug di sistem ponsel kamu, termasuk masalah suara WhatsApp tidak ada saat panggilan.

Reset Ponsel akan menghilangkan semua data yang ada di smartphone Anda. Ini akan membuat isi dan tampilan ponsel kamu kembali ke setelan pabrik.

Jadi, pastikan kamu sudah mencadangkan semua data penting yang ada di ponsel kamu ke kartu SD atau USB sebelum mereset ponsel.

Berikut cara reset ponsel yang bisa kamu lakukan:

  • Buka Pengaturan di ponsel kamu.
  • Pilih menu Manajemen Umum.
  • Buka menu Reset.
  • Pilih Reset data pabrik.
  • Lalu, ketuk Reset.

Reset HP

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login

Penutup

Itulah penjelasan ringkas cara mengatasi WhatsApp yang tidak keluar suara saat melakukan panggilan telepon.

Dari penjelasan di atas, ada dua masalah yang bisa diselesaikan, yaitu;

suara kamu yang tidak terdengar lawan bicara
suara lawan bicara yang tidak terdengar di ponsel kamu.

Jadi selama komponen mic dan speaker ponsel kamu tidak rusak, sebenarnya mengatasi masalah WhatsApp call tidak ada suara sebenarnya cukup mudah.

Ikuti saja langkah-langkah yang disebutkan dalam tutorial di atas. Pasti beres.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan