Senjata Rahasia Startup DroidLime, Padukan Orisinalitas Dan Review yang Segar

Startup DroidLime

Image dari Twitter.com

Sebagai salah satu pilar perkembangan informasi dan #teknologi, portal media informasi online saat ini menjadi pilihan yang sempurna bagi masyarakat digital untuk mendapatkan berbagai informasi terupdate setiap harinya. Dari situ tak bisa ditampik secara otomatis persaingan antara portal berita juga akan berlangsung kian sengit. Hal tersebut praktis membuat setiap pengembang portal media online wajib menyiapkan strategi khusus untuk bisa bertahan dan memenangkan persaingan.

Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan menyuntikkan kreativitas dalam layanan yang disuguhkan kepada pembaca online. Bentuk kreatifitas tersebut tentu sangat beragam, dan yang sangat menarik bagi saya salah satunya seperti yang dikembangkan oleh sebuah portal berita teknologi khususnya gadget dan perangkat mobile, DroidLime.

Mengawinkan ide original dengan konsep entertaining review, nyatanya portal berita DroidLime mampu menunjukkan performa dan peningkatan yang luar biasa meski terbilang masih cukup “muda”. Dikembangkan oleh seorang technopreneur yang juga menjabat CEO DroidLime, Romi Hidayat, perlahan DroidLime berhasil menjadi salah satu media online khusus #gadget dan perangkat mobile terdepan di Indonesia.

Latar Belakang Berdirinya DroidLime

Banyak kisah sukses tentang berdirinya sebuah perusahaan berbasis teknologi, yang bermula dari sesuatu yang sederhana atau mimpi untuk membangun bisnis secara mandiri. Ini pulalah yang terjadi pada founder sekaligus CEO DroidLime, Romi Hidayat. Berbekal modal uang sebesar Rp10 juta yang ia kumpulkan dari sebagian penghasilannya sebagai karyawan, Romi mulai melirik potensi pembuatan media portal berita online sejak tahun 2014 silam.

“Gue dulu suka beli action figure, game, dan lain-lain. Itu gue setop, dan gue alihkan untuk modal,” kenang romi.

Setelah menggali lebih dalam tentang ketertarikan dan kemampuan nya di bidang perangkat teknologi, akhirnya Romi memutuskan untuk memilih tema gadget serta teknologi yang berkenaan dengan dunia mobile sebagai ruh utama portal berita yang akan ia bangun. Namun kala itu dia sadar betul bahwa persaingan di bidang media informasi online bertemakan gadget seperti #smartphone atau aplikasi mobile sudah cukup padat dengan beberapa pesaing besar.

Artikel lain: Inilah 5 Pencapaian Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia Tahun 2015

Namun dengan keyakinan serta persiapan yang matang tentang konsep pelayanan miliknya nanti, ia percaya dapat menghadirkan layanan portal media online yang beda daripada yang lain. Dari situlah ia kemudian segera membeli sebuah domain yakni DroidLime.com.

Mengapa memilih nama DroidLime? Pada dasarnya nama tersebut dipilih karena mengandung sebuah filosofi khusus. Droid yang identik dengan robot, merepresentasikan portal media ini akan membahas tentang beragam hal terkait dengan teknologi terupdate. Sedangkan Lime yang berarti jeruk lemon, mengibaratkan kesan berita “menyegarkan” layaknya buah lemon yang ingin dibawa oleh sang founder.

Membangun Pondasi Bisnis Hingga Mendapat Lonjakan Trafik

Dari situ tepatnya pada bulan November 2014, domain DroidLime.com sudah aktif dan mulai digarap. Dan di bulan Januari 2015, DroidLime mulai merilis konten terkait dengan update perangkat smartphone terbaru secara rutin setiap harinya.




Namun yang menarik, kala itu Romi sebagai pendiri tidak serta merta langsung terjun penuh mengelola DroidLime. Dan untuk masalah update konten serta beberapa hal yang terkait dengan operasional DroidLime, diserahkan kepada seorang rekan bernama Aqmal Maulana. Akmal yang memang mempunyai background dalam dunia jurnalis utamanya menggarap tema tentang teknologi, secara konsisten terus memperbarui konten serta fitur-fitur yang ada dalam layanan situs DroidLime.

DroidLime Team

Untuk memperkuat fondasi bisnis yang dibangun, nyatanya Romy Hidayat tidak tanggung-tanggung dengan menggandeng beberapa rekan lain untuk lebih memaksimalkan potensi DroidLime. Mereka di antaranya Elan Suherlan, Mohamad Fahmi serta Wasa Wirman. Setiap anggota dari tim tersebut juga telah mempunyai pengalaman yang sangat mumpuni dalam bidangnya masing-masing. Seperti Elan Suherlan yang telah lama berkecimpung di dunia fotografi dan videografi, Muhammad Fahmi yang lihai dalam menggodok optimasi situs serta Wasa Wirman yang mempunyai peran sentral di bidang pengembangan SDM serta menebar jaring relasi bisnis.

Paska membentuk tim bisnis, babak baru perjalanan DroidLime dalam persaingan media online di Indonesia dimulai. Pada bulan Maret 2015, fokus yang ingin dikembangkan oleh DroidLime yakni untuk membuat video review yang kemudian menjadi salah satu format konten andalan situs tersebut. Sebulan berselang, di bulan April nyatanya kerja keras dari tim mulai membuahkan hasil yang diidamkan. Bak ketiban “durian runtuh”, traffic yang didapatkan oleh DroidLime melonjak tinggi, sehingga menempatkan situs ini pada posisi Alexa Ranking 1800.

Bagi sebuah situs, yang tergolong masih muda dengan usia masih kurang dari 1 tahun, mendapatkan guyuran traffic serta loyalitas pembaca yang begitu besar tentu menjadi pencapaian tersendiri bagi tim DroidLime. Bahkan menyambut pencapaian tersebut, Romi selaku CEO DroidLime mengambil keputusan besar dengan hengkang dari perusahaan dan fokus penuh mengelola DroidLime di pertengahan tahun 2015.

Baca juga: 11 Investor Potensial Bagi Startup Teknologi di Indonesia

Mengintip Rahasia Sukses Droidlime

Mendapat peringkat situs yang terbilang tinggi di setengah tahun pertama operasionalnya, tentunya banyak yang bertanya bagaimana Romi bisa mengembangkan DroidLime hingga sebesar saat ini. Dalam sebuah wawancara, pria berkacamata ini mengungkapkan bahwa kolaborasi yang apik dan kontribusi maksimal dari setiap anggota tim, menjadi salah satu resep mujarab bagi perusahaan yang ia kelola untuk bisa melejit naik.

Namun jika dibahas lebih rinci, kita bisa mengelompokkan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh DroidLime dan tidak dimiliki oleh para pesaing lainnya.

1. Mempertahankan Idealisme Konten

droidlime Kelebihan pertama dari portal berita DroidLime adalah, selalu dipertahankannya idealisme dalam setiap konten yang dirilis. Tidak seperti #website review gadget atau smartphone yang lain, DroidLime mempunyai konsep tersendiri yang berbeda dari situs lain. Seperti contohnya dalam hal tabel spesifikasi gadget. Android lain menyajikan tabel spesifikasi yang berbeda dengan kebanyakan situs review lain ataupun yang dikeluarkan secara resmi oleh vendor perangkat.

Tabel yang disusun oleh DroidLime didasarkan dari pengalaman para foundernya dan juga masukan yang sering ditanyakan oleh pengunjung situs. Kebanyakan pengunjung lebih mencari informasi yang langsung pada intinya, beberapa informasi utama yang mereka cari di antaranya yakni seperti harga, processor, kapasitas RAM, kamera serta daya tahan baterai. Dengan merangkum informasi secara padat dan jelas, nyatanya konten DroidLime lebih banyak diminati oleh netter atau mereka yang sedang mencari informasi tentang gadget tertentu.

Selain itu idealisme juga nampak dari tampilan situs yang lebih mengutamakan adaptasi perangkat mobile. Dengan susunan yang user friendly, setiap konten yang ada dalam DroidLime bisa dengan mudah diakses sekaligus tetap mempertahankan unsur menarik di dalamnya. Dari sisi konten yang disajikanpun terbilang lengkap dan dapat mengakomodir semua keperluan pencari informasi gadget, yakni mulai dari berita teknologi terkini, artikel review, hands on serta yang tidak kalah menarik tentunya konten berbasis #video.

2. Mengulas Gadget Dari Sudut Pandang Wanita

DroidLady

Jika ingin tahu apakah rahasia DroidLime bisa meledakkan jumlah traffic di awal pengembangan situs tersebut, jawabnya yakni inovasi cerdas dari tim DroidLime yang memadukan ulasan gadget dengan “faktor X” yang dimiliki oleh kaum hawa.

Tidak bisa dipungkiri memang, kebanyakan bagi mereka yang berkecimpung di dunia teknologi ataupun perangkat mobile, kebanyakan didominasi oleh pria. Adapun wanita, mereka kebanyakan tidak terlalu antusias mengenai informasi rinci perangkat teknologi. Beranjak dari fakta tersebut, tim DroidLime berhasil mengembangkan terobosan konten video review yang dibawakan oleh para talent gadis yang tentunya muda dan menarik.

Beberapa gadis yang kemudian menyandang gelar DroidLady tersebut, secara rutin memberikan ulasan ataupun pengalaman pemakaian dari berbagai gadget dan perangkat mobile yang bisa disaksikan oleh pengunjung baik lewat situs DroidLime maupun channel #YouTube DroidLime.

Baca juga: Mengenal ADEI ~ Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia

3. Strategi Monetisasi yang Ramah Bagi Pengunjung Situs

Dengan berbagai pencapaian dan juga tingginya minat netter terhadap beragam konten yang disajikan, secara otomatis juga membuka “kran” potensi monetisasi bagi situs DroidLime. Namun hal tersebut tidak serta merta membuat tim pengembang DroidLime gelap mata dan menjalankan monetisasi dengan membabi buta. Bisa terlihat dari tampilan situs, kita tidak akan menemukan tampilan iklan yang berjubel dan mengganggu kenyamanan saat menjelajahi situs tersebut. Pun demikian, ketika mendapatkan kerjasama advertising dalam bentuk review, DroidLime tetap berusaha untuk objektif dan memaparkan review secara gamblang tanpa tendensi tertentu.

Inilah yang membuat loyalitas dari para pengunjung DroidLime tetap terjaga dari waktu ke waktu. Karena dari segi kualitas ulasan, dirasa tetap mendalam namun juga berimbang. Belum lagi ditambah konten fresh plus “aduhai” yang dibawakan oleh para DroidLady, tentunya semakin menjadi nilai tambah di mata pengunjung.

Saat ini portal berita online khusus gadget, DroidLime sudah berkembang menjadi salah satu situs unggulan dan mampu bersanding dengan pemain besar lainnya seperti situs JagatReview, TeknoUp, Chip Indonesia serta Selular.

Dengan berbagai kelebihan dan keunikan layanan yang ditawarkan, nampaknya perkembangan dari situs DroidLime masih akan terus menanjak beberapa waktu ke depan. Upaya peningkatan kualitas tersebut, juga diimbangi dengan langkah agresif tim DroidLime dengan mengadakan berbagai event offline yang menyasar sekolah-sekolahan dan peruguruan tinggi di berbagai kota di Indonesia.

So, ingin tau update informasi dan review gadget terbaru? Langsung saja, cek DroidLime sekarang juga.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud