OrchitaCRAFT ~ Binsis Tas Unik Decoupage Ari Dianing Ratri yang Mampu Ciptakan Peluang Besar

OrchitaCRAFT

Image dari Republika.co.id

Bisnis kerajinan tangan saat ini memang tak bisa diremehkan begitu saja. Sebab dengan kreativitas dan inovasi para pengrajin bisa saja membuat karya yang luar biasa dan menghasilkan uang. Salah satu pengrajin sekaligus pengusaha yang telah membuktikan hal ini adalah Ari Dianing Ratri (Ratri). Dengan kreativitas yang dimilikinya ia berhasil menciptakan tas tangan atau clutch yang unik dengan sentuhan decoupage.

Tas yang kemudian diberi brand OrchitaCRAFT ini sendiri memiliki banyak manfaat seperti menjadi alat pembawa barang dan juga menjadi aksesori cantik nan eksklusif. Lalu seperti apakah bisnis tas OrchitaCRAFT kreasi Ari Dianing Ratri (Ratri) ini? Berikut ulasannya.

Terapkan Seni Decoupage

Tas tangan OrchitaCRAFT kreasi Ratri memang diciptakan dengan menerapkan seni decoupage. Lalu apa itu seni decoupage? Kata decaupage sendiri berasal dari bahasa Prancis yaitu decouper yang berarti memotong.

Dari sini maka seni decoupage bermakna seni dekorasi yang menutupi permukaan sebuah benda dengan potongan kertas atau kain. Di tangan Ratri sendiri decoupage ini tidak hanya sekedar seni namun telah menjadi kebangkitan semangat wirausaha Ratri. Pasalnya sebelumnya Ratri memang menjalankan bisnis beragam aksesori craft, mulai dari rajut, sulam pita dan payet bersama kakaknya.

Artikel lain: Bodypack ~ Kesuksesan Bisnis Tas Kreatif yang Lahir Dari Inovasi Tiada Henti

Sayangnya bisnis yang dijalankan secara offline di kawasan Plaza Pondok Gede dan Thamrin City ini hanya mampu bertahan tiga tahun saja. Nah, beberapa bulan setelah itu Ratri berkenalan dengan seni decoupage yang membuat semangatnya bangkit kembali.

Awal Mula Berbisnis Tas Unik Decoupage

Untuk memulai bisnis tas unik  OrchitaCRAFT dengan seni decoupage ini Ratri mengaku mengeluarkan modal awal Rp 1,5 jutaan. Dananya ini lalu ia gunakan untuk membeli beberapa alat dan bahan.

Selain itu modalnya ia gunakan juga untuk membeli beragam clutch seharga Rp 50-75 ribu, puluhan lembar tisu impor seharga Rp 15 ribu per lembar, lem, cat akrilik dan vernis Rp 100 ribuan. Karya tas decoupage kreasi Ratri ini sendiri memiliki keunggulan di aspek desain, kualitas bahan baku yang digunakan, serta ketelitian dan kerapiannya.

Pemasaran OrchitaCRAFT

Pada awalnya pemasaran produk OrchitaCRAFT dilakukan Ratri melalui akun #Facebook. Karena responnya cukup baik, maka Ratri pun mulai kebanjiran sejumlah order produk “OrchitaCRAFT” dan memperluas ekspansi pemasarannya dengan menggunakan akun Instagram dan website. Karena masih berjalan beberapa bulan order yang bisa dilayani Ratri masih dibatasi.

Sebelum mengembangkan lebih besar, Ratri mengaku harus fokus membuat konsumen sadar akan keberadaan OrchitaCRAFT. Selain #promosi online, kini Ratri sendiri sudah melakukan juga promosi offline bersama reseller ketika sedang kumpul-kumpul dengan teman arisan atau keluarga.




Menghadapi Tantangan dan Kendala Bisnis

Dalam menjalani bisnis ini Ratri mengaku menghadapi kendala pada beberapa hal seperti pesaing yang semakin banyak dan juga yang terbesar yaitu tren tas decoupage yang bisa menurun di suatu waktu. Untuk mengantisipasi kendala dan tantangan ini Ratri mengembangkan desain yang unik dan berbeda dengan yang lain.

Dan untuk mengatasi kendala ini Ratri merasa merasa beruntung karena memiliki teman-teman komunitas arisan IKATSEMUA yang selalu memberi semangat mulai dari konsultasi desain, pengadaan bahan baku, serta pemasaran.

Pencapaian Usaha OrchitaCRAFT

Dengan harga produk antara Rp 150 ribu–Rp 300 ribuan, Ratri mengaku mendapatkan omzet yang masih belum maksimal. Hal ini menurutnya disebabkan karena bisnisnya yang masih baru berjalan beberapa bulan.

Dari omset yang didapatkan Ratri menggunakannya untuk belanja bahan untuk diputarkan lagi guna menjaga bisnisnya tetap berjalan. Meski keuntungan finansial masih belum bisa dirasakan namun Ratri merasa bersemangat untuk terus mengembangkan OrchitaCRAFT sampai sukses.

Baca juga: Evrawood ~ Bisnis Tas Casual Urban Yang Telah Menembus Pasar Mancanegara

Rencana Ke Depan Usaha OrchitaCRAFT

Menurutnya OrchitaCRAFT  nantinya juga tidak akan terfokus pada seni decoupage, tapi bila nantinya di suatu saat ada tren seni craft yang lain maka Ratri juga akan ikut menyesuaikan produk-produknya untuk mengikuti tren kekinian.

Dengan modal passion dan kreativitas yang dimiliki Ratri mengaku sangat optimis dan bersemangat. Bahkan saking bersemangatnya Ratri bahkan memiliki rencana  membuat buku craft bersama BFF sekaligus soulmate-nya yaitu Heni Purwani.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud