10+ Orang Terkaya di Singapura 2017 dan Jumlah Kekayaannya

Orang Terkaya di Singapura – Baru-baru ini majalah Forbes merilis daftar orang paling kaya di Singapura tahun 2017. Dari sekian banyak nama yang muncul, ada beberapa nama yang sudah cukup lama berada di 50 besar daftar orang terkaya di negara seribu larangan ini.

Total kekayaan bersih orang-orang terkaya di Singapura tahun 2017 mencapai angka USD104.6 miliar, naik sekitar 11% dari tahun 2016. Jadi, tidak heran mengapa Singapura masuk dalam jajaran negara maju di dunia walaupun luas negara tersebut lebih kecil dari kota Jakarta.

Duo bersaudara Robert NG & Philip NG masih bertengger di posisi puncak orang paling kaya di Singapura. Dengan kekayaan mencapai angka USD8,7 miliar atau sekitar Rp 114,8 triliun (kurs Rp 13.200 per dollar). Untuk lebih lengkapnya, simak artikel ini sampai tuntas.

Daftar Orang Terkaya di Singapura Saat Ini

Berikut ini adalah daftar orang terkaya di Singapura tahun 2017 besarta jumlah kekayaannya:

1. Robert NG & Philip NG

Total Kekayaan: USD9,4 miliar
Sumber kekayaan: Far East Organization
Industri: Bisnis properti
Domisili: Singapura

Orang Terkaya di Singapura

Robert NG dan Philip NG

Dua bersaudara ini memiliki kekayaan yang fantastis. Walaupun kekayaan mereka sempat turun sebesar USD2 juta karena melemahnya pasar real estate, hal itu tidak menggeser posisi mereka sebagai orang terkaya nomor 1 di Singapura.

Kakak beradik ini sempat menghabiskan waktu mereka untuk menjalankan bisnis di Australia. Beberapa aset pun telah mereka beli, seperti Hotel Westin Sydney dan Podium Ritel warisan tetangga mereka yang dibeli seharga USD342 juta pada tahun 2016 lalu. Mereka juga membeli Mal Pantai Scarborough di Perth dengan harga USD45 juta, pada Januari 2017 lalu.




Artikel lain: Daftar Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2017

2. Eduardo Saverin

Total Kekayaan: USD9,3 miliar
Sumber Kekayaan: Facebook
Industri: Situs Media Sosial
Domisili: Singapura

Eduardo Saverin

Eduardo Saverin

Eduardo Saverin adalah seorang pengusaha keturunan Brazil-Amerika yang juga merupakan co-founder Facebook. Saat ini ia telah mengganti kewarganegaraannya menjadi warga negara Singapura dan berdomisili di negara seribu larangan tersebut.

3. Goh Cheng Liang

Total Kekayaan: USD7,8 miliar
Sumber Kekayaa: Japan’s Nippon Paint
Industri: Bisnis cat
Domisili: Singapura

Goh Cheng Liang

Goh Cheng Liang

Goh Cheng Liang adalah seorang pebisnis sukses di industri cat dan memiliki 39% saham di Nippon Paint Holdings Jepang. Awalnya Goh Cheng Liang membangun bisnis cat sendiri di Singapura di sebuah pabrik kecil. Pada tahun 1962, ia bergabung dengan perusahaan Nippon Paint yang pada akhirnya membawanya pada kesuksesan dan menjadi salah satu orang terkaya di Singapura.

4. Kwek Leng Beng

Total Kekayaan: USD7,1 miliar
Sumber Kekayaan: Hong Leong Group, City Developments
Industri: Real estate
Domisili: Singapura

Kwek Leng Beng

Kwek Leng Beng

Kwek Leng Beng adalah salah satu pengusaha di bidang developer di Singapura. Ia merupakan salah satu orang yang berperan besar pada perkembangan kota-kota di Singapura.




Pria ini membeli dua hektar Stag Brewery di kota London Selatan seharga USD225 juta. Pria ini juga membeli beberapa properti utama di kota London yang menghabiskan dana sebesar USD600 juta.

Selain itu, Kwek Leng Beng dan dua rekannya berencana untuk membangun dua menara residensial di sekitar Bank Brisbane Selatan. Kerja kerasnya tersebut akhirnya membuatnya masuk dalam daftar orang terkaya di Singapura saat ini.

5. Khoo Family

Total Kekayaan: USD6,3 miliar
Sumber Kekayaan: Maybank
Industri: Perbankan
Domisili: Singapura

Khoo Family

Khoo Family

Keluarga Khoo adalah ahli waris seorang bankir bernama Khoo Teck Puat. Ia berinvestasi di Standard Chartered Bank pada tahun 1986. Bagian terbesar dari kekayaan keluarga Khoo berasal dari penjualan saham mereka di Bank Standard Chartered dengan nilai USD4 miliar di tahun 2006 silam.

Keluarga Khoo juga menjalankan bisnis hotel, yaitu Goodwood Group of Hotels, diketuai oleh Mavis Khoo-Oei yang juga memiliki Goodwood Park Hotel di Singapura.

6. Wee Choo Yaw

Total Kekayaan: USD5,8 miliar
Sumber Kekayaan: United Overseas Bank (UOB)
Industri: Perbankan
Domisili: Singapura

Wee Choo Yaw

Wee Choo Yaw

Wee Cho Yaw adalah seorang bankir veteran dan juga ketua emeritus United Overseas Bank yang merupakan bank terbesar ketiga di Singapura. Bank tersebut telah memberikan sumbangan sebesar USD14 juta untuk amal dan juga program beasiswa ke National University of Singapore lebih dari $14 juta.

7. Kwee Bersaudara

Total Kekayaan: USD5,3 miliar
Sumber Kekayaan: Pontiac Land
Industri: Real Estate
Domisili: Singapura

Kwee Bersaudara

Kwee Liong Seen dari Kwee Bersaudara

Kwee bersaudara adalah keluarga Singapura yang memiliki Pontiac Land Group, sebuah perusahaan pengembang properti mewah pribadi dan pemilik hotel yang berbasis di Singapura. Kwee Lion Kwong Liong Keng, Kwee Liong Tek, Kwee Liong Seen, dan Kwee Liong Phing secara kolektif menjalankan grup tersebut.

8. Kuok Khoon Hong

Total Kekayaan: USD2,8 miliar
Sumber Kekayaan: Wilmar
Industri: Minyak Palem
Domisili: Singapura

Kuok Khoon Hong

Kuok Khoon Hong

Kuok Khoon Hong adalah seorang pengusaha kelapa sawit yang memiliki kekayaan mencapai USD3,5 miliar. Ia menjalankan perusahannya, Wilmar International bersama-sama dengan miliarder asal Indonesia yang juga pemegang saham Wilmar, Martua Sitorus.

Kuok Khoon Hong mengakuisisi London Aviva Tower, yang dimiliki oleh miliarder Simon halabi dengan nilai USD470 juta. Kepiawaiannya dalam berbisnis akhirnya membawa pria ini masuk ke dalam daftar orang paling kaya di Singapura.

9. Raj Kumar & Kishin RK

Total Kekayaan: USD 2,6 miliar
Sumber Kekayaan: Royal Holdings/RB Capital
Industri: Real Estate
Domisili : Singapura

Raj Kumar & Kishin RK

Raj Kumar & Kishin RK

Pasangan pengusaha ayah-anak, Raj Kumar dan Kishin RK adalah salah satu tuan tanah di Singapura terkemuka dengan kerajaan properti Royal Holdings / RB Capital milik mereka.

Duo pengusaha ini telah melakukan kesepakatan menyenangkan setelah menyelesaikan pemukiman keluarga pada 2011 antara Raj dan adiknya Asok Kumar Hiranandani, yang juga seorang miliarder.

Kepemilikan mereka atas real estate termasuk 442 kamar Holiday Inn Express di Clarke Quay dan Hotel Intercontinental bintang lima di Robertson Quay.

Baca juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia

10. Sam Goi

Total Kekayaan: USD2,2 miliar
Sumber Kekayaan: Tee Yih Jia Food Manufacturing
Industri: Bisnis makanan beku
Domisili: Singapura

Sam Goi

Sam Goi

Sam Goi adalah seorang pengusaha kelahiran China yang dikenal sebagai “Popiah King” Singapura. Ia membangun kekayaannya sebagian besar berasal dari perusahaan makanan milik pribadi yang bernama “Tee Yih Jia Foods” sebuah bisnis yang menjual makanan beku berskala besar termasuk pancake, lumpia di seluruh dunia.

Dalam beberapa tahun belakangan Sam Goi menandatangani perjanjian real estate baik di Malaysia dan Singapura melalui perusahaan GSH yang terdaftar di Singapura dan memegang 48% sahamnya. Sam Goi diperkirakan kekayaan bersihnya adalah USD2 miliar dan dia berada di peringkat 10 dalam daftar orang terkaya di Singapura.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud