My Ideaction ~ Program Samsung Untuk Fasilitas Ide Brilian Indonesia

Image dari Twitter.com

Setiap orang tentu mempunyai ide yang ingin diwujudkan. Bahkan terkadang sebuah ide yang luar biasa bisa saja muncul dari setiap orang di sekitar kita. Itulah alasan mengapa kita harus menghargai setiap ide yang kita dengar atau kita dapatkan.

Berkenaan dengan itu, belum lama ini salah satu perusahaan teknologi yang bergerak dalam pembuatan perangkat smartphone, Samsung, menggelar sebuah program baru yang diberi nama Ideaction. Secara umum program ini memiliki tujuan untuk menampung beragam ide dari masyarakat dan membantu untuk mewujudkannya.

Program Ideaction

Disampaikan oleh Corporate Marketing Samsung Electronics Indonesia Jo Semindang, menyatakan bahwa Samsung memiliki perhatian yang besar untuk mengembangkan ide dari masyarakat Indonesia. Oleh karena itu program penyampaian ide dan pemberian fasilitas semacam ini sebenarnya sudah pernah dijalankan. Namun pada waktu itu yang menjadi sasaran program adalah mahasiswa.

Setelah melihat perkembangan yang cukup signifikan tidak hanya dari atensi mahasiswa namun juga banyaknya ide menarik yang diterima, akhirnya perusahaan Samsung membuka program dengan tema serupa namun menargetkan kompetitor yang lebih luas yakni masyarakat umum.

Artikel lain: Paska Tragedi Galaxy Note 7, Samsung Tenggelam Apple Gemilang




Jo menyatakan bahwa, Samsung percaya banyak sekali ide hebat yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Dengan kreatifitas nya, masyarakat Indonesia dinilai bisa menelurkan ide yang tidak hanya menarik namun juga mampu memberi solusi.

“Melalui Samsung Ideaction, kami ingin mengajak konsumen sebagai bagian dari inovasi yang dihadirkan Samsung. Terlebih masyarakat Indonesia itu kreatif, karenanya sayang kalau ide kreatif yang ada itu tak bisa diimplementasikan,” jelas Jo.

Dibagi Dalam Beberapa Kategori

Meskipun saat ini program Ideaction masih awal digulirkan, namun peminat untuk mengikuti program ini ternyata cukup besar. Hal itu disampaikan oleh pengembang perusahaan Samsung yang menerima banyak masukan terkait program Ideaction.

Untuk bisa merangkul masyarakat yang lebih luas, program Ideaction akan dibagi menjadi beberapa kategori.

Program ini sendiri dibagi dalam ketiga kategori, yaitu produk, marketing, dan pengembangan masyarakat. Jadi, masyarakat dapat menyalurkan ide yang sesuai dengan ketertarikannya masing-masing dari tiga kategori itu. Nantinya, Samsung pun akan memilih ide terbaik yang terdaftar dalam inisiatif ini dan hadiah untuk ide terbaik tiap bulan.




Yang paling menarik, tentunya nanti ada reward dari pihak Samsung untuk ide-ide yang dinilai terbaik. Keuntungan ini tentu sangat menjanjikan, terlebih ada kemungkinan jika nantinya ide produk yang kita miliki akan difasilitasi untuk dibuat secara nyata.

“Ide terbaik yang berhasil terpilih akan mendapat pembimbingan dari Samsung mengenai gagasannya tersebut. Selepas itu, juga disiapkan pendanaan untuk mewujudkan ide tersebut menjadi produk nyata,” ujarnya.

Sebagai faktor penilaian, Samsung Indonesia akan melihat salah satunya berdasarkan relevansi dengan kategori yang dipilih oleh peserta. Selain itu, tentunya juga masih ada beberapa kriteria lain untuk menentukan ide terbaik.

Fasilitasi Ide Masyarakat

Dalam keterangan, Jo mengungkap bahwa tujuan utama dari program ini adalah bagaimana menfasilitasi mereka yang mempunyai ide besar namun sulit untuk mewujudkannya. Hanya untuk saat ini, inisiatif ini memang masih ditujukan untuk ide-ide yang dapat diwujudkan dalam jangka pendek.

Namun dalam tahap yang lebih panjang, ide tersebut bisa juga akan diteruskan atau diimplementasikan kepada pihak terkait, baik itu perusahaan maupun pemerintah.

Untuk mengikuti program ini syaratnya cukup mudah. Tinggal melakukan registrasi pada situs resmi My Ideaction. Pendaftarannya sudah bisa dilakukan mulai saat ini dan ditutup menjelang akhir bulan Maret 2017.

Baca juga: Akibat Kasus Baterai Terbakar, Samsung Peringatkan Pengguna Segera Tukarkan Galaxy Note 7 Miliknya

Melihat jumlah ide yang masuk, tampaknya program Ideaction 2017 akan diisi banyak sekali ide menarik dari masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, agar proses penilaian bisa berjalan dengan lebih baik Samsung mengadakan sistem penilaian yang interaktif melibatkan masyarakat umum.

Tak hanya Samsung yang dapat menentukan ide terbaik, masyarakat lain juga dapat memberikan umpan balik mengenai sejumlah ide yang didaftarkan dalam kompetisi ini. Tidak ada salahnya bagi rekan-rekan yang mungkin mempunyai ide yang dirasa brilian, namun masih belum tahu bagaimana mewujudkannya, langsung saja coba mengikuti program Ideaction dari Samsung.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud