Akibat Kasus Baterai Terbakar, Samsung Peringatkan Pengguna Segera Tukarkan Galaxy Note 7 Miliknya

GALAXY NOTE 7

Image dari Channelnewsasia.com

Sejak diperkenalkan pada awal tahun ini, produk terbaru dari pabrikan perangkat teknologi Samsung, Samsung Galaxy Note 7 sudah menarik perhatian pengguna di seluruh dunia. Oleh karena itu tidak mengherankan jika kemudian banyak sekali order yang masuk sejak rilis penjualan perdana seri terbaru ini.

Namun hal yang sangat tidak diharapkan terjadi, karena fakta di lapangan,  cukup banyak perangkat tablet Galaxy Note 7 yang mengalami malfungsi hingga terjadi kebakaran perangkat. Hal tersebut tentu menjadi pukulan telak bagi Samsung selaku produsen perangkat canggih tersebut.

Mengambil langkah cepat menanggulangi masalah ini, Samsung terus berupaya untuk mengingatkan para pemilik Galaxy Note 7 untuk segera menukar atau meminta refund untuk produk yang telah mereka beli.

Mendapat Peringatan Keras Dari Otoritas Amerika

Pada tanggal 15 September lalu, Consumer Product Safety Commission (CPSC), sebuah badan federal yang mengawasi keluhan dan juga peringatan terkait produk yang beredar di Amerika, telah mengeluarkan peringatan resmi untuk menarik lebih dari 1 juta produk Galaxy Note 7 yang telah dijual dan dikirimkan untuk konsumen di kawasan Amerika. Hal ini, berkaitan erat dengan sejumlah kasus yang terjadi hampir menyeluruh di seluruh dunia, dimana banyak perangkat Galaxy Note 7 yang terbakar maupun mengalami kerusakan.

Untuk di kawasan Amerika saja, sudah muncul tak kurang dari 92 laporan Galaxy Note 7 yang mengalami kepanasan baterai di atas kewajaran. Beberapa diantaranya dikabarkan terbakar, dan 55 kasus bahkan hingga menelan kerusakan dan kerugian material milik konsumen. Demikian yang terjadi di Korea Selatan yang merupakan basis pengembangan perusahaan Samsung, dilaporkan bahwa terdapat 7 perangkat Galaxy Note 7 yang terbakar dan angkanya terus bertambah menjadi 35 kasus hingga awal bulan September lalu.




Disampaikan oleh kepala CSPC, Elliot Kaye, menyatakan bahwa perangkat Galaxy Note 7 versi lama ditengarai sebagai produk gagal dan rawan terbakar. Oleh karena itu sangat diharapkan bagi para pemilik atau yang sudah membeli perangkat ini untuk memanfaatkan layanan penukaran ataupun refund dari pihak perusahaan Samsung.

Fasilitas Penukaran Dan Refund Dari Samsung

Sehubungan dengan kasus ini, pihak perusahaan Samsung menanggapi dengan sangat cepat dan tetap mengutamakan kepuasan serta keselamatan pengguna. Mulai awal bulan September lalu, Samsung telah menghentikan produksi semua produk Galaxy Note 7 versi lama yang ada di pasaran. Selain itu, langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan penarikan terhadap 2,5 juta perangkat Galaxy Note 7 yang telah dikirimkan pada konsumen di seluruh, baik melalui merchant besar, situs online maupun penjual ritel.

Dalam hal ini, Presiden Samsung Electronics Amerika, Tim Baxter menyatakan bahwa, ada beberapa pilihan bagi pengguna yang telah membeli perangkat Galaxy Note 7. Pilihan pertama yakni, mengembalikan perangkat lama dan digantikan dengan produk Galaxy Note 7 versi baru yang dijamin lebih aman. Pilihan kedua yakni, mengganti uang kembali untuk pembelian tersebut. Dan pilihan yang terakhir, pengguna juga bisa menukar perangkat Galaxy Note 7 dengan produk Samsung lain yang memiliki nilai setara.

Aktif Ingatkan Pengguna

Selain menyampaikan lewat media online, Samsung juga mempunyai langkah lain untuk memperingatkan para pengguna yang terlanjur membeli perangkat Galaxy Note 7. Peringatan tersebut akan muncul setiap pengguna mengaktifkan perangkat Galaxy Note 7 dan terhubung secara online. Dengan begitu, pengguna akan terus diingatkan dan didorong untuk segera menukarkan perangkat miliknya.

Mengenai produk Galaxy Note 7 dengan versi terbaru, Samsung menyatakan bahwa pihaknya telah merilis tak kurang dari 500.000 unit untuk ditukarkan dengan versi lama yang sudah tersebar di kawasan Amerika. Dalam beberapa waktu ke depan, jumlah versi baru yang dijamin lebih aman dan tidak mempunyai masalah baterai overheat ini, akan terus ditambah hingga akhir bulan Oktober mendatang.




Jadi bagi rekan-rekan yang mungkin sudah memiliki perangkat Galaxy Note 7 versi lama, sangat disarankan untuk segera menukarkan perangkat tersebut. Mengenai proses pengembalian, bisa ditanyakan pada gerai yang menjual perangkat atau dengan mencari informasi lebih lengkap pada situs resmi perusahaan Samsung yang bisa diakses pada tautan berikut ini. http://www.Samsung.com/us/note7recall/




4 total comments on this postSubmit yours
  1. Hororr jadinya kalau hp meledak 😲😱

  2. apakah batre tiba2 panas dalam kondisi standby bisa menyebabkan batre terbakar?

  3. Saya yang sebelumnya sangat menggemari smartphone samsung.. semenjak kasus baterai meledak ini, saya jadi was-was kalau mau beli smartphone samsung baru!! :(

    • Ponsel saya juga Samsung mas, kadang jadi was-was juga hehehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud