Menyibak Kisah Unik Dibalik Penciptaan Merek Ternama Dunia

Menyibak Kisah Unik Dibalik Penciptaan Merek Ternama Dunia

Image dari Emotivebrand.com

Merek adalah tanda cari sebuah produk atau jasa yang diciptakan oleh seseorang atau pihak tertentu. Merek juga bisa menjadi tanda dan bukti kekayaan intelektual dari sang penciptanya. Yang menarik ternyata, banyak merek besar di dunia ini yang mempunyai kisah unik ketika merek tersebut diciptakan.

Merek apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Volkswagen

Merek pertama yakni hadir dari industri otomotif, merek mobil Volkswagen. Ditinjau dari segi bahasa, Volkswagen dapat diartikan sebagai “mobil rakyat” dalam bahasa Jerman . Kisahnya dimulai ketika masa berjaya kelompok militan Nazi di Jerman.

Pada waktu itu, mobil memang masih menjadi barangnya  hanya bisa dinikmati oleh kaum elit. Dari situ muncul pemikiran para petinggi Nazi untuk menciptakan alternatif #transportasi yang lebih merakyat. Volkswagen, ditunjuk langsung oleh Adolf Hitler untuk menciptakan produk transportasi untuk kaum rakyat.

Artikel lain: 6 Resep Sukses dari Brand Biskuit Legendaris Khong Guan

Dari situ mulai dijalankan pengembangan perusahaan Volkswagen dengan produk pertamanya yakni model KdF (Kraft durch Freude) yang rilis pada tahun 1938. Dari situlah pabrik “mobil rakyat” ini terus beroperasi hingga sekarang bahkan setelah runtuhnya dinasti Nazi.

2. Nokia

Kisah penciptaan merek berikutnya yakni berasal dari produsen perangkat telekomunikasi, Nokia. Siapa yang tidak tahu Nokia, Nokia dikenal sebagai salah satu produsen perangkat ponsel yang paling sukses di dunia. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir dominasinya telah tergeser oleh perangkat yang lebih canggih yakni #smartphone, namun nama Nokia akan tetap abadi di benak jutaan masyarakat di seluruh dunia.

Yang menarik ternyata, perusahaan Nokia awalnya sama sekali tidak berhubungan dengan bidang teknologi. Pada waktu itu, pengusaha asal Finlandia, Fredrik Idestam memiliki perusahaan pulp atau bubur kertas yang didirikan di tepian sungai Nokianvirta. Oleh karena itu perusahaan bubur kertas tersebut diberi nama Nokia AB.

Seiring berjalannya waktu, Finlandia terus berkembang dengan adaptasi teknologi hingga pemerintah meluncurkan regulasi khusus terkait dengan industri telekomunikasi. Inilah gerbang awal, perusahaan Nokia mulai memproduksi perangkat teknologi seperti kabel dan generator. Hingga akhirnya pada tahun 1982, Nokia memproduksi perangkat ponsel pertama dan menyebar serta dikenal sebagai pioner telekomunikasi mobile.

3. Asus

Masih di bidang teknologi, merek berikutnya yakni produsen yang lebih dikenal dengan produk laptopnya, Asus. Jika mendengar kata Asus yang langsung terpikir tentu perangkat laptop, namun ternyata asal muasal kata Asus justru datang dari inspirasi yang sedikit berbeda.

Menurut pendiri perusahaan, kata Asus diambil dari kata Pegasus. Hewan mitologi Yunani ini memang melambangkan kekuatan serta keindahan yang tergabung menjadi satu.

Lalu jika di ulas kembali, mengapa kata Pegasus berubah menjadi kata Asus?

Ternyata alasannya cukup unik, karena jika mengambil kata Asus artinya brand ini bisa ditempatkan di bagian atas daftar perusahaan jika terdapat penyusunan berdasarkan alfabet. Pertimbangan yang sederhana namun sangat beralasan.

4. Bluetooth

Kisah penciptaan merek yang terakhir mungkin merupakan yang paling unik. Ini merupakan produk #teknologi nirkabel, yakni bluetooth. Siapa sangka jika bluetooth terinspirasi dari tokoh yang benar-benar ada masa lalu.

Tepatnya pada abad ke-10, ada seorang raja termasyhur yang menguasai banyak wilayah di kawasan Inggris dan sekitar. Raja tersebut bernama Harald Blatand.

Yang unik, raja Harald Blatand memiliki julukan lain yakni bluetooth karena giginya yang berwarna kebiruan. Oleh karena itu, tidak sedikit pula yang memanggilnya sebagai raja Harald Bluetooth.

Baca juga: 5 Merek Batik Indonesia yang Ternama dan Paling Populer Saat Ini

Namun yang paling menarik adalah, alasan mengapa teknologi nirkabel bluetooth diambil dari kisah raja Harald Blatand. Dahulu kala, konon yang menjadi salah satu kekuatan dari raja tersebut adalah kemampuannya menyatukan berbagai suku di wilayah Inggris. Bahkan kelihaiannya tersebut juga berhasil merangkul banyak suku lain di kawasan yang saat ini menjadi negara Norwegia dan Swedia.

Sang raja yang mampu menghubungkan banyak hal menjadi satu inilah yang dirasa mirip dengan fungsi bluetooth. Hingga akhirnya ketika teknologi tersebut diciptakan, sang penemu memberi nama bluetooth. Uniknya lagi, logo bluetooth juga diambil dari gabungan huruf awal nama raja Harald Blatand yakni huruf H dan B.

6 KOMENTAR

  1. Tnk’s Bos ats infonya,tp klo bleh tahu adakah filosopi dr brands situs yg bos kelola ini ky logo yg dipakai unik ?

  2. terdapat kisah menarik dibalik penamaan brand di dunia ini mas

  3. inspirasi banget maxmanroe. informasinya. thanks.

  4. Setiap merek pasti mempunyai filosofi masing-masing mas

  5. sewa mobil jogja

    buset, baru tau nokia yg dlu terkenal dengan hp.java nya ternyata perushaan kertas awalnya.
    terus skrng nokia masih dikertas apa engga? secara hp nya udh hampir punah

Tinggalkan Balasan