Menilik Eksistensi 5 Perusahaan Teknologi Paling Bersinar di Tahun 2015

Menilik Eksistensi 5 Perusahaan Teknologi Paling Bersinar di Tahun 2015

perusahaan teknologi
Image dari Streetwise.co

Sebagai salah satu komponen bisnis yang menjadikan industri digital berkembang pesat, sebuah perusahaan #teknologi tentu tak bisa dilupakan begitu saja. Sepanjang tahun 2015 sendiri sejumlah perusahaan telah mampu menancapkan pengaruhnya dan mendominasi industri teknologi. Lalu perusahaan teknologi mana saja yang telah mampu menancapkan pengaruhnya dan mendominasi di sepanjang tahun 2015 ini? Berikut ulasannya.

1. Perusahaan Uber

Perusahaan teknologi pertama yang berpengaruh dan mendominasi disepanjang tahun 2015 adalah Uber. Meski perusahaan ini dibeberapa negara masih berurusan dengan tuntutan hukum terkait status usahanya, namun perusahaan yang menjalankan bisnis transportasi roda empat berbasis online ini perlu diperhitungkan.

Sampai sejauh ini perusahaan yang berpusat di San Fransisco, Amerika ini masih tetap berdiri kokoh dan malah mencatatkan valuasi atau nilai terbaru mencapai US$ 62,5 milyar. Angka ini sendiri ternyata telah mampu melampaui perusahaan Ford dan General Motor yang masing-masing hanya bernilai US$ 55,48 dan US$ 55,15 miliar.

Artikel lain: Sepanjang Tahun 2015, Inilah Beberapa Kejadian Mengejutkan di Ranah Teknologi Dunia

2. Facebook

Kedua, perusahaan teknologi yang telah sukses mendominasi dunia digital tahun 2015 aadalah #Facebook. Meski telah muncul sejak tahun 2004, Facebook baru mencatatkan konsolidasi keuntungannya di tahun ini. Saat ini Facebook memang bukan hanya menjai media sosial tempat berbagi cerita saja, namun dengan beragam fitur terbaru yang dihadirkan, Facebook telah menjadi fenomena budaya tersendiri di tengah masyarakat.

Tak hanya itu, dengan segala rencana yang ada, dari virtual reality Oculus Rift dan drone bertenaga surya raksasa yang akan membagikan Internet ke negara-negara berkembang, media sosial kreasi Mark Zuckerberg ini diprediksi akan mampu terus berkembang dan bertumbuh ditahun 2016.

Keberadaan Facebook ditahun 2015 sendiri (bersama #Google YouTube) juga tercatat telah berubah menjadi salah satu tujuan utama untuk video online. Dari sinilah maka kemudian Facebook kemudian mampu menjadi salah satu perusahaan komunikasi teratas di dunia. Saham Facebook di tahun 2015 sendiri meningkat hingga 37 persen.

3. Amazon

Bisnis e-commerce sepanjang tahun 2015 memang tak bisa dilewatkan begitu saja dalam percaturan dunia teknlogi dan digital. Maka saat  ini tercatat telah ada beberapa perusahaan #e-commerce yang telah sukses. Salah satu perusahaan e-commerce yang telah sukses mendominasi dunia digital tersebut adalah Amazon.

Perusahaan milik Jeff Bezos ini nampak telah menunjukkan progresivitasnya sepanjang tahun 2015 kemarin. Peningkatan perusahaan ini sendiri nampak ketika sebuah data berbicara bahwa lebih dari setengah orang Amerika Serikat menyatakan mereka melakukan sebagian besar belanja liburan mereka di Amazon.

Apalagi saat ini Amazon juga telah terjun ke bisnis lain juga seperti bisnis Amazon Web Services (AWS) yang telah mampu menggarap pesanan senilai US$ 7 miliar dalam pendapatannya pada 2015. Saham Amazon sendiri di tahun 2015 tercatat  meningkat hingga 125 persen.

4. Salesforce

Paa kategori produk yang disebut CRM (Curstomer Relationship Management), yang di antaranya membantu penjual melacak informasi penjualan, perusahaan Salesforce telah menjadi yang terdepan di tahun 2015. Pendapatan Salesforce sendiri telah tumbuh sekitar 25 persen per tahun, dan saat ini ada di jalur untuk mencapai US$ 10 miliar pada pendapatan tahunan secara lebih cepat daripada perusahaan serupa lainnya.

Peningkatan pendapatan Salesforce sendiri tidak hanya dari usaha utama sendiri, namun pada tahun 2015 Salesforce juga telah menjadi pemain utama dalam ekosistem perusahaan Silicon Valley dengan menetapkan dirinya sebagai investor usaha nomor satu di perusahaan perangkat lunak awan. Dari sini tak mengherankan bila kala itu #Microsoft pernah mendekati Salesforce dengan tawaran pembelian senilai US$ 50 juta awal. Di tahun 2015 sendiri Salesforce telah memberikan 34 persen keuntungan kepada investornya.

Baca juga: Inilah 5 Pencapaian Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia Tahun 2015

5. Netflix

Terakhir, perusahaan teknologi yang telah mampu menancapkan pengaruhnya dan paling mendominasi pada tahun 2015 adalah Netflix. Dengan lebih dari selusin acara baru, nominasi Emmy yang berlimpah, ekspansi internasional, dan ekspresi pop culture baru, Netflix memang nampak terus berkembang dan bertumbuh di tahun 2015.

Netflix sendiri telah memainkan posisinya sebagai ‘pencipta’ atas hiburan televisi yang disampaikan seperti konten online. Meski kemudian Amazon dan pemain lain terus mencoba hal serupa dan mengejar, namun Netflix tetap merintis jalannya. Hasilnya, saham Netflix di tahun 2015 tercatat meningkat pesat mencapai lebih dari 144 persen.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan