Mengintip Trend Penggunaan Teknologi Dalam Ekonomi Digital

Image dari Selular.id

Saat ini hampir semua lini usaha sudah mulai mengadaptasi adanya penggunaan teknologi digital. Hal ini nampak dari bagaimana para pelaku bisnis bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk memaksimalkan penjualan mereka.

Tidak hanya itu, yang juga patut diperhatikan adalah adanya perkembangan teknologi yang mendukung industri ekonomi digital. Teknologi ini tentu semakin lama akan terus berkembang menyesuaikan kebutuhan serta trend yang berkembang di masyarakat.

Tren Teknologi Ekonomi Digital

Seperti yang telah dirangkum oleh salah satu perusahaan sekuritas, Accenture Technology Vision mengungkap bahwa ada beberapa trend teknologi tertentu yang akan berkembang dalam beberapa tahun ke depan.

Riset tahunan yang melibatkan lebih dari 5.400 pebisnis dan praktisi TI di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, mengungkap lima tren teknologi yang akan muncul sepanjang tahun ini dan berfokus pada konsep “For People, By People”.

Artikel lain: 4 Syarat Bangun Jaringan Bisnis Berbasis Digital Kian Kuat




Dengan tema tersebut, yang dipaparkan adalah bahwa teknologi dibuat tidak hanya untuk mempermudah manusia namun juga bagaimana bisa mengembangkan potensi dari manusia itu sendiri. Karena saat ini muncul kecemasan bahwa adanya teknologi justru akan mengendurkan banyak kemampuan manusia. Bahkan ada prediksi mencengangkan, dimana di masa mendatang manusia justru akan dikendalikan oleh teknologi.

Laporan tersebut menyatakan bahwa saat ini masyarakat mulai melihat hadirnya teknologi dengan konsep “untuk manusia, oleh manusia” (for people, by people) – dimana teknologi akan mengantisipasi kebutuhan masyarakat dan memberikan pengalaman yang sangat personal.

Disampaikan oleh Paul Daugherty selaku Chief of Technology and Innovation Officer Accenture, adanya penciptaan teknologi baru sebenarnya bagai pedang bermata dua. Di sisi lain ada potensi besar namun di sisi lain ada pula tantangan yang harus dihadapi.

“Seiring peran teknologi dalam mengubah cara kita hidup, bekerja, dan menciptakan peluang, namun teknologi juga membawa tantangan sosial. Oleh karena itu, manusia memiliki kendali untuk menciptakan perubahan yang berdampak pada hidup kita, dan kami percaya bahwa para pemimpin kita merupakan pemimpin yang tanggap dan bertanggung jawab sehingga dapat memastikan setiap teknologi baru akan memberikan dampak yang positif,” ujar Paul

Dalam kesempatan yang sama beberapa tren teknologi yang mungkin akan berkembang untuk mendukung kesuksesan ekonomi digital antara lain:




1. Artificial  Intelligence

Sempat di singgung dalam beberapa artikel sebelumnya AI memang menjadi fenomena baru sejak mulai dikembangkan beberapa tahun silam.

Intelijensia buatan saat ini mulai bangkit, mengatasi berbagai masalah dengan membuat interaksi menjadi lebih sederhana dan pintar. AI menjadi bentuk tatap muka pengguna (UI) yang baru, mendukung cara kita bertransaksi dan berinteraksi dengan sistem. Selain itu, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tengah menjadi perbincangan hangat dalam beberapa tahun belakangan ini dan Indonesia menjadi salah satu negara yang mulai ikut meliriknya.

2. Teknologi Berbasis Manusia

Hal yang sangat menarik diketahui bahwa, tren pembuatan teknologi berbasis pengembangan diri manusia merupakan bentuk teknologi yang tidak hanya diperlukan namun wajib untuk dikembangkan. Teknologi ini akan beradaptasi terhadap cara kita berperilaku dan teknologi belajar dari manusia untuk meningkatkan kualitas hidup, membuat manusia lebih kaya dan merasa lebih terpenuhi.

Bahkan banyak dari eksekutif di kawasan Asia Tenggara yang menyatakan bahwa ide pembuatan teknologi berbasis manusia merupakan keharusan. Namun yang tidak kalah penting adalah bagian mana membuat pengawasan serta panduan agar nantinya teknologi tersebut bisa memberikan hasil terbaik.

3. Pelayanan Terintegrasi

Saat ini sudah banyak menciptakan teknologi yang semakin memudahkan pengorganisasian sebuah layanan agar tidak terlalu panjang. Teknologi semacam ini, beberapa tahun mendatang juga akan terus berkembang.

Pasalnya, perusahaan atau brand bisnis berupaya untuk semakin membuat para pelanggannya nyaman tanpa harus dipusingkan dengan berbagai prosedur yang panjang.

Baca juga: Mau Sukses di Tahun 2016? Persiapkan Diri Anda untuk Pesatnya Industri Digital dan Kreatif

4. Workforce Marketplace

Tren teknologi yang terakhir adalah Workforce Marketplace atau yang bisa diartikan sebagai marketplace para pencari kerja. Ini sangat nampak dengan berkembangnya banyak situs mencari pekerjaan yang bisa dijadikan referensi untuk mencari tenaga kerja anda yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Teknologi semacam ini juga bisa membantu para pencari kerja untuk mendapat pekerjaan terbaik sesuai dengan bidang dan keahlian. Di Indonesia sendiri, layanan semacam ini juga semakin banyak terlebih kebutuhan sumber daya manusia untuk industri teknologi dan kreatif juga semakin meningkat.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Teknologi ibarat dua mata pisau, satu sisi akan bersifat konstruktif dan sebaliknya jika tidak bijak bisa desktruktif. Mendukung kemajuan atau memperbudak :-)

  2. teknologi informasi berkembang begitu pesat harus diiringi dengan kecerdasan manusia penggunanya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud