Menginjak Usia 10 Tahun, WordPress Tak Ingin Tampil Monoton

ulang tahun wordpress ke 10

Suka berselancar di #internet? Tentu saja internet adalah salah satu sarana untuk berbagi informasi yang paling populer saat ini. Menyebut internet akan terasa kurang lengkap kalau kita tidak membahas mengenai blog. Sebab dari pembuatan blog, proses pertukaran informasi bisa berlangsung dengan lancar di internet setiap hari.

Orang-orang yang gemar menulis bisa menyalurkan hobinya melalui blog. Saat ini ada berbagai platform blog yang populer seperti Blogger, Tumblr dan WordPress.

Nah, ternyata WordPress sebagai salah satu platform #blog terpopuler dunia baru saja merayakan ulang tahunnya yang kesepuluh pada tanggal 29 Juni 2015 lho.

Sekilas Tentang WordPress

WordPress merupakan implementasi ide yang diwujudkan oleh dua anak muda bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Dengan basis data PHP dan MySQL, WordPress tumbuh menjadi perangkat lunak open source yang bisa digunakan oleh seluruh para pengguna internet di dunia. Nama WordPress sendiri diperoleh dari saran salah seorang rekan Matt yang bernama Christine Selleck.

Selain menyediakan fungsi blog bagi para penggunanya, WordPress juga mulai digunakan sebagai CMS (Content Management System) karena platform yang satu ini bisa di-custom sesuai dengan kebutuhan penggunanya.




Artikel lain: Cara Membuat Toko Online Dengan Platform WordPress

Ulang Tahun Ke-10 atau Ke-12?

Pada tahun 2015, WordPress dan sang perusahaan induk yang bernama Automattic merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Sebenarnya WordPress sudah mulai dirilis sejak tahun 2003. Sehingga banyak pihak yang menganggap bahwa di tahun 2015 WordPress sudah menginjak usia 12 tahun.

Tapi ternyata sebagai sebuah produk, WordPress baru mulai eksis dan dikenal oleh para pengguna internet pada tahun 2005. Karena di tahun tersebut WordPress sudah mengusung sistem open source sehingga mudah diakses dan digunakan. Nama perusahaan Automattic sendiri juga berasal dari nama Matt Mulenweg sebagai penggagas peluncuran versi open source pada WordPress.

Auttomatic dan WordPress Terus Berinovasi

Banyak pihak yang berpikir bahwa di usia yang menginjak 10 tahun ini, Matt dan timnya melakukan hal yang monoton bagi WordPress. Namun hal ini dibantah oleh Matt. Menurut Matt seperti yang dilansir dari blog pribadinya, struktur perusahaan terus berubah secara dinamis seiring dengan perubahan zaman.

Sebelumnya sistem open source yang diterapkan WordPress tidak pernah diprediksi sebagai hal yang membawa kesuksesan besar. Di luar dugaan, layanan platform blog yang praktis dan tidak memerlukan keahlian teknik khusus menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki WordPress.




Prestasi WordPress Di Usia yang Ke-10

Menginjak usianya yang kesepuluh, WordPress masuk sebagai salah satu dari Top 50 Sites on The Internet versi Alexa. Prestasi ini juga diiringi dengan penggunaan platform WordPress pada lebih dari 60 juta situs yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Hingga pertengahan tahun 2015, tercatat ada lebih dari 2.5 milyar posting-an maupun komentar pada situs-situs yang menggunakan platform WordPress.

Platform WordPress tidak hanya mengundang ketertarikan dari para pengguna internet awam saja. Sebab ternyata WordPress juga digunakan oleh klien-klien besar di bidang berita, jurnalistik dan ragam bidang lainnya. Klien-klien besar yang menggunakan platform WordPress antara lain adalah BBC, Sony, Volkswagen, TechCrunch, Time, CNN, UPS, TED serta sejumlah klien besar lainnya.

Kesuksesan yang berhasil diraih WordPress di usia yang terbilang muda juga memberikan dampak positif bagi Automattic. Saat ini Automattic menjadi salah satu panutan model bisnis bagi sejumlah proyek open source. Mempekerjakan lebih dari 400 SDM yang tersebar di berbagai negara, Automattic menjadi perusahaan pertama yang memberlakukan sistem home based, yaitu sistem bisnis yang tidak mengharuskan pekerja untuk datang ke kantor.

Baca juga: Cara Membuat Website/ Blog WordPress Versi Mobile Dengan WPTouch Pro

Sejumlah layanan tambahan lainnya seperti Akismet, penanganan spam Jetpack serta perangkat custom lainnya semakin mengukuhkan keunggulan WordPress di bidang platform blog.

Akhir kata, semoga WordPress senantiasa sukses dan mampu menyediakan pelayanan terbaik bagi para pengguna internet. Sebagai pengguna internet yang senang belajar hal-hal baru, mari kita manfaatkan WordPress untuk membuat aktivitas blogging jadi lebih bermanfaat.

Selamat ulang tahun ke-10, WordPress!



4 total comments on this postSubmit yours
  1. wordpress memang yang terbaik tapi blogger yang paling di lirik soalnya banyak yang gunain,ya saya pikir wordpress yg paling mudah di gunakan ketimbang blogger itu sih menurut ku

  2. Saya juga pengguna wordpress.memang wordpress lebih unggul jika di banding platform blog lainnya.

  3. WordPress dan blogspot. Sama baiknya menurut saya

  4. wordpress tetap yang terbaik

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud