Beranda Social Media Ini 8 Alasan Mengapa Banyak yang Menghapus Pertemanan di Facebook

Ini 8 Alasan Mengapa Banyak yang Menghapus Pertemanan di Facebook

Menghapus Pertemanan di Facebook
Menghapus Pertemanan di Facebook

Coba perhatikan, apakah belakangan ini jumlah pertemanan kamu di Facebook berkurang drastis? Sebagian orang pasti merasa kaget, tapi sebagian besar orang menganggap hal ini adalah sesuatu yang sangat wajar.

Kalau dulu mungkin banyak yang menganggap bahwa banyak teman di media sosial akan banyak rejeki, banyak pula wawasan dan peluang untuk berbisnis. Tapi hal itu ternyata berbeda dengan sekarang. Perilaku para pengguna media sosial berubah drastis sejak Politik dan SARA semakin sering muncul di ranah media sosial Facebook.

Fenomena Unfriend/ Unfollow/ Block banyak terjadi di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Banyak sekali pengguna media sosial menghapus pertemanan mereka di Facebook karena alasan berbeda pandangan politik, SARA, ujaran kebencian, dan lain sebagainya.

Fenomena menghapus pertemanan di Facebook tersebut bukan hanya karena pandangan politik dan SARA saja. Ada beberapa hal lain yang membuat seseorang memutuskan atau menghapus pertemanan di Facebook.

Alasan Menghapus Pertemanan di Facebook

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh sebuah perusahaan perjalanan, Sunshine, ada beberapa alasan pengguna Facebook menghapus pertemanannya. Survey ini dilakukan terhadap 2000 orang di Inggris yang sebagian besar sudah menghapus pertemanannya dengan orang lain di Facebook pada beberapa tahun belakangan ini.

1. Pandangan Politik yang Berbeda

Dari 2000 orang yang disurvei, ada sekitar 28% yang mengatakan bahwa mereka menghapus pertemanan di Facebook karena berbeda pandangan politik dengan orang lain. Survei ini dilakukan di Inggris lho, tentunya akan berbeda hasilnya bila survei dilakukan di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, perbedaan pandangan politik juga merupakan alasan yang paling banyak menghapus pertemanan di Facebook. Hal ini terjadi sejak Pemilihan Presiden tahun 2014 yang lalu, di mana seluruh masyarakat bisa melihat kampanye hitam dan berbau SARA sangat marak kita temukan di Facebook.

Selanjutnya, pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu juga menjadi catatan kelam Politik di Indonesia. Kita bisa melihat dengan sangat jelas bagaimana bentuk kampanye hitam dan menyinggung SARA kepada salah satu pasangan calon Gubernur. Perdebatan sengit para pendukung masing-masing pasangan calon Gubernur Jakarta merambah hingga ke media sosial, terutama Facebook. Tidak heran ada banyak sekali pengguna Facebook yang melakukan Unfriend/ Unfollow/ Block teman lamanya di Facebook.

Artikel lain: Cara Menghapus/Menonaktifkan Akun Facebook Sementara & Permanen

2. Pertengkaran dengan Teman

Dari 2000 orang Inggris yang disurvei, ada sekitar 24 % mengatakan bahwa pertengkaran dengan teman menjadi alasan mereka menghapus pertemanan di Facebook. Tidak disebutkan pertengkaran ini dalam hal apa, tapi bisa banyak penyebabnya.

Bila kita melihat di Indonesia sendiri, sepertinya tidak jauh berbeda dengan survei di Inggris. Biasanya orang yang bertengkar cukup intens di media sosial akan berujung dengan menghapus pertemanan mereka, atau bahkan memblokir akun temannya karena sudah terlalu kesal.

3. Teman Upload Foto Liburan

Sebenarnya alasan ini cukup aneh, karena foto liburan bukanlah sesuatu yang membuat seseorang bisa menghapus pertemanan di Facebook. Namun, dari hasil survei di Inggris menyebutkan bahwa ada sekitar 21% orang menghapus pertemanan di Facebook karena temannya sering mengupload foto liburannya ke akun Facebook mereka.

Kemungkinan hal tersebut (unfriend/unfollow/block) dilakukan karena ada perasaan iri dalam diri seseorang. Rasa iri karena tidak bisa liburan ke tempat impian membuatnya menjadi marah dan kesal sehingga berakhir menghapus pertemanannya di Facebook.

Sepertinya orang Indonesia belum separah itu ya. Mungkin ada beberapa orang yang melakukannya. Tapi sebagian besar pasti tidak merasa bahwa foto liburan seorang teman bisa menjadi alasan untuk menghapus pertemanan di media sosial.

4. Terlalu Banyak Upload Foto Selfie

Berikutnya, alasan menghapus pertemanan di Facebook adalah teman yang terlalu banyak mengupload foto selfie-nya ke Facebook. Dari 2000 orang yang disurvei, ada sekitar 15% mengatakan bahwa foto selfie temannya di Facebook membuatnya tidak nyaman dan akhirnya menghapus pertemanan mereka.

Hal ini menjelaskan mengapa pihak Facebook sudah menyediakan tools untuk menyembunyikan unggahan teman. Jadi, ketika kamu melihat seorang teman terlalu banyak upload foto selfie, maka kamu tinggal menyembunyikan (hide) unggahan tersebut. Tidak perlu menghapus pertemanan.

5. Terlalu Nyinyir dan Mengeluh Tentang Banyak Hal

Kebiasaanya nyinyir di Facebook juga ternyata bisa berakibat kehilangan pertemanan di media sosial lho. Hal ini banyak terjadi di Indonesia. Seseorang yang selalu berkomentar negatif tentang banyak hal tentu membuat kita tidak nyaman.

Beberapa orang sering nyinyir atau mengeluh tentang kehidupan pribadi dan kehidupan orang lain, ini seperti membuka aib sendiri dan aib orang lain ke publik. Mungkin tujuannya untuk mencurahkan isi hati, tapi alih-alih mendapatkan masukan yang bermanfaat dari teman Facebooknya, sebagian besar orang justru merasa tidak nyaman membacanya.

Dan yang lebih membuat tidak nyaman adalah ketika pengguna Facebook sering nyinyir sesuatu yang berhubungan dengan politik dan SARA yang sering berujung pada ujaran kebencian pada orang yang berbeda pandangan dengannya. Inilah yang sering membuat seseorang melakukan Unfollow/ Unfriend/ Block akun Facebook temannya.

6. Tidak Kenal di Dunia Nyata

Dari hasil survei kepada 2000 orang di Inggris ditemukan fakta bahwa ada 10% pengguna media sosial Facebook menghapus pertemanannya karena alasan tidak kenal atau kurang kenal di dunia nyata. Alasan ini sepertinya sangat masuk akal, karena banyak orang yang hanya ingin berteman di Facebook dengan orang yang dikenal di dunia nyata.

Mungkin dulu orang senang memiliki banyak teman di Facebook karena banyak teman bisa berarti terkenal atau banyak yang akan memperhatikan. Tentunya hal ini berbeda dengan kondisi pengguna sosial media saat ini yang sangat memperhatikan privasi mereka.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Instagram Takeovers, Ini Penjelasannya

7. Alasan yang Tidak Spesifik

Dari hasil survei disebutkan bahwa ada hal-hal lain yang menyebabkan seseorang menghapus pertemanan di Facebook. Tidak disebutkan secara spesifik penyebabnya apa, tapi beberapa dari mereka menyebutkan bahwa mereka menghapus pertemanan dengan mantan pacarnya dan mantan atasannya.

Bila kita perhatikan pengguna sosmed di Indonesia, semakin lama semakin memperhatikan privacy dalam bersosial media. Tak jarang pengguna Facebook menghapus pertemanan dengan akun yang suka tag sembarangan untuk tujuan promosi. Dan banyak juga pengguna Facebook yang menghapus pertemanan dengan mantannya karena si mantan sudah menikah atau sudah punya anak.

8. Terlalu Sering Jualan di Facebook

Sebenarnya cukup banyak orang yang tidak mempermasalahkan temannya sering berjualan di Facebook, namun ternyata ada beberapa pengguna FB yang merasa tidak nyaman timeline mereka dipenuhi dengan status yang isinya jualan terus. Mungkin kalau cara berjualannya dibuat lebih menarik, misalnya storytelling, maka status jualannya ngga dianggap mengganggu bahkan jualannya laris.

Nah, kamu sendiri sudah menghapus berapa banyak teman dan apa alasan mu menghapus pertemanan di Facebook?

19 KOMENTAR

  1. artikelnya sangat bermafaat bagi kita semua…semoga kedepanya pada dewasa all..

  2. salah satu yang buat saya unfriend ya gk kenal mas, biasanya ada juga yang share share gk jelas, menuh menuhin beranda facebook dengan berita gkmutu dan kebanyakan hoax

    • Sama dong, yang suka nyebar kebencian rasial juga sering saya unfriend. Ngga berguna berteman di FB dengan penyebar kebencian

  3. Biasanya yang sering meng-unfollow atau memutuskan pertemanan ialah karena hubungan di dunia nyatanya sedang buruk seperti putus dengan pacar, terjadi percekcokan diantara teman, karena beda pendapat dan lain lain. Sangat bermutu postingannya .. ditunggu postingan selanjutnya . Thanks for information. Salam blogger 😀

  4. Benar sekali gan, saya juga sering menghapus pertemanan dengan beberapa alasan di atas

  5. Semua alasan yang disebutkan diatas banyak benarnya mas, tapi itulah menjadi resiko pengguna sosial media ini yaitu facebook bermacam banyak pertemanan bermacam dan beragam pula yang terupdate pada statusnya masing-masing.

  6. Terlalu banyak info hoax dan hate di Facebook :(
    Apalagi media-media kecil susah sekali dapat attention dan exposure karena dibabat habis sama penyebar hoax/kontroversi dan media-media besar.

    U/ bisnis khususnya UKM yg lagi berkembang lebih baik ngandalin Google (SEO) daripada sosmed macam Facebook…

  7. Politik banyak efek negatifnya, pertemananpun bisa jadi permusuhan hanya karena beda pandangan. semoga kita-kita yang ada disini tidak demikian..salam persahabatan, sukses sobat semua dalam setiap aktifitasnya.

  8. Yang paling kesal ya yang nomor 1 itu, perbedaan pandangan politik. Gara gara persoalan sebiji itu, malah merembet kemana-mana.

    • Bener mas, masalah politik di Indonesia sudah membuat orang merasa paling bener dan semena-mena menghakimi orang lain

  9. Saya juga risi nglihat orang berselfie di Facebook yang gak jelas, dan yang paling menyebalkan lagi ngetag berisi iklan.

  10. blogger dari jogja

    Haha betul banget, saya rasa tanpa memberikan survei diatas pun sudah amini banyak orang. Ditambah lagi yang spam foto kemesraan saat pacaran, langsung unfollow walau kenal orangnya. :v

    • Mungkin karna mas Jomblo ya jadi risih lihat foto orang pacaran wkwkwk

  11. Saya salah satunya, tapi kalo nggak keterlaluan bannget sih paling diunfollow aja, tapi kalo dah menebar kebencian langsung sya blok aja, takut aja gitu aura negatifnya nular ke sya, secara sya juga punya hak untuk bersosial media dengan nyaman

    • Saya setuju, kalau sudah menebar kebencian dan membentuk opini untuk mengintimidasi orang lain di media sosial mendingak di BLOCK lah.

  12. Tambah satu lagi min, unfriend teman yang terlalu agresif jualan barang ato nawarin sesuatu…..

    jujur ane g masalah klo facebook dipake buat nyari sampingan kyk jualan barang/jasa, cuman mbok y ngga’ terlalu agresif.

    Siap sih yg demen dibombardir 5 kali sehari nawarin itu-itu melulu….

    yg paling males klo ada yg nawarin suruh ikut MLM ato investasi2 g jelas tuh min. Mending unfriend dulu deh.

Tinggalkan Balasan