Mengenal Keuntungan dan Kerugian Strategi Market Follower

Strategi Market Follower

Image dari Freelancem.ag

Di dunia bisnis saat ini tidak bisa dielakan lagi dari namanya persaingan antar perusahaan, beserta #strategi pemasaran yang diterapkan oleh sebuah perusahaan dalam memasarkan produknya. Berbagai cara dan strategi tersebut akan menentukan posisi akhir bisnis itu bagi perusahaan yang menjalankannya. Karena dengan begitu maka para pelaku bisnis tidak jarang untuk selalu dituntut untuk melakukan inovasi, disertai ide pemikiran yang belum pernah ada sebelumnya, untuk bisa terus bersaing dan mendatangkan lebih banyak lagi konsumen.

Strategi dalam menghadapi #persaingan bisnis ini, biasanya tergantung pada skala juga posisi dari perusahaan dalam pasar. Perusahaan yang telah mempunyai nama dan mapan dari berbagai aspek, mampu menerapkan strategi yang lebih kompleks yang tidak bisa dilakukan oleh perusahaan kecil. Namun kadang tidak menutup kemungkinan apabila perusahaan berskala kecil dengan strateginya sendiri, dapat menghasilkan sisi keuntungan yang sama bahkan bukan tidak mungkin dapat lebih tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan besar sekalipun.

Konsep Strategi Market Follower

Salah satu strategi ampuh dan banyak digunakan saat ini oleh para pebisnis adalah menjalankan strategi market follower, yaitu memiliki artian dimana sebuah usaha berdiri namun di sisi lain tidak mendominasi pasar, dan produk yang dijualnya tersebut dapat mempertahankan posisinya. Biasanya bisnis jenis seperti ini mengembangkan strategi yang dilakukan oleh seorang market leader, dimana nantinya mereka akan mendapatkan market share yang bagus dengan resiko cenderung lebih kecil.

Strategi ini sering disebut dengan strategi play it safe atau bermain aman. Bisnis market follower juga seringkali menawarkan produk yang sama dan bahkan serupa dengan market leader, dan hanya lebih menonjolkan perbedaan ciri khasnya pada target penjualan, seperti halnya lokasi atau servis.

Artikel lain: 10 Strategi Mengembangkan Bisnis Dengan Cara Peduli Pada Orang Lain

Keuntungan Strategi Market Follower

Bagi perusahaan atau sebuah bisnis yang menerapkan strategi ini, ada baiknya mengetahui beberapa keuntungan sebagai market follower, di antara lain sebagai berikut:

  • Memperoleh keuntungan tinggi karena tidak ada beban untuk melakukan inovasi. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya anggaran yang besar untuk keperluan riset dan penelitian untuk pengembangan produknya. Pihak perusahaan hanya mengikuti apa yang dilakukan oleh market leader dan yang sedang tren di pasaran.
  • Dapat memanfaatkan kegiatan #promosi yang dilakukan oleh seorang market leader. Di saat market leader sedang melakukan promosi produk baru, maka saat itu juga follower akan mengamati respon dari pasar terhadap produk tersebut. Apakah mendapatkan tanggapan positif, atau malah justru sebaliknya tidak dapat memenuhi kebutuhan pasar yang ada.
  • Resiko persaingan yang rendah, follower melakukan penjualan pada pasar yang berbeda sehingga bisa terhindar dari konfrontasi atau persaingan secara langsung dengan seseorang yang bertindak sebagai market leader.

Kerugian Market Follower

  • Tidak Memiliki Identitas Produk yang Jelas

Karena tadinya follower hanya mengikuti langkah dari market leader dalam menciptakan sebuah produk, maka sejatinya follower tidak memiliki ciri atau keunikan produk tersendiri. Pihak konsumen hanya bisa mengenali berdasarkan nama produk dan juga fungsinya saja, tapi tidak bisa memperhatikan keunikan atau ciri khas yang dimiliki produk tersebut.

  • Di anggap Sebagai Parasit

Follower tidak jarang mengikuti kesuksesan sebuah produk. Apabila market leader melakukan promosi produk baru dan mendapatkan sambutan bagus dari pasar, maka disaat yang bersamaan pula seorang follower akan menghadirkan produk yang sama atau mirip dalam jumlah besar tapi dengan harga yang lebih murah.

  • Kasus yang Lebih Parah Adalah Menjiplak atau Membajak Produk Kompetitor

Follower seringkali dianggap sebagai plagiat produk yang dimiliki oleh market leader. Hal ini karena sering ditemui di pasaran berbagai produk milik follower yang memiliki nama dan kemasan yang sangat mirip dengan market leader. Sehingga pihak konsumen yang tidak menyadarinya dari awal tak jarang bisa terkecoh oleh produk itu.

Persaingan pasar yang sedemikian ketat terjadi, mendorong beberapa pelaku usaha untuk bisa segera menerapkan strategi menjadi follower. Dimana nantinya mereka mengikuti langkah dari market leader dalam berbagai aspek seperti halnya penciptaan produk, promosi dan segmen pasar.




Baca juga: Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Dari Hobi

Strategi semacam ini memang bisa mendatangkan keuntungan, terlebih lagi bagi bisnis yang masih baru berdiri atau masih dalam usaha skala kecil. salah satu keuntungan yang paling terlihat adalah dapat mengetahui respon dari pasar terhadap produk baru dan produk apa yang diinginkan oleh pihak konsumen.

Namun menjadi seorang follower bukan berarti harus sampai melupakan segalanya, atau secara terus terusan mengikuti langkah leader tanpa melakukan inovasi dan tindakan apapun. Tanpa didukung dengan tindakan nyata, maka sebuah produk akan berjalan begitu saja tanpa adanya perkembangan yang signifikan, tidak memiliki ciri khas atau keunikan yang bisa dikenal oleh pasar. Jika bisnis yang sedang Anda jalankan masih dalam tahap follower, maka usahakan untuk menjadi follower yang ingin selalu mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik lagi.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Pernah baca artikel mengenai produk tiruan yang malah bisa lebih sukses :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud