Mengenal Kamera Prosumer, Fitur dan Jenisnya, Seperti Apa Itu?

kamera prosumer

Image dari Freephotosbank.com

Dengan kecanggihan zaman yang saat ini ada keberadaan perangkat kamera memang sudah sangat mudah kita jumpai dimana saja. Dari kamera dengan ukuran yang besar hingga kamera mini kini sudah bisa kita dapatkan di beberapa tempat penjualan offline maupun online. Dengan munculnya fenomena selfie yang marak saat ini menjadikan kamera makin sebuah ladang bisnis dengan tingkat permintaan yang selalu tinggi setiap tahunnya.

Dan salah satu #kamera yang bisa menjadi pilihan kita untuk mendokumentasikan peristiwa atau momen adalah kamera prosumer. Tentu banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu kamera prosumer? Nah untuk itulah maka dalam kesempatan kali ini penulis akan menjabarkan apa itu kamera prosumer. Berikut ulasannya.

Apa Itu Kamera Prosumer?

Kamera prosumer dalam dunia fotografi merupakan sebuah akronim (singkatan) yaitu professional and consumer. Dari sini bisa diartikan kamera prosumer adalah jenis kamera yang kelasnya berada di tengah-tengah (pertengahan) antara kamera profesional (DSLR) dan kamera consumer (kamera saku). Karena merupakan kamera pertengahan maka fitur dan spesifikasi yang ada juga berada pada kelas menengah. Dan berikut adalah beberapa fitur dasar yang umumnya ada pada kamera prosumer tersebut :

  • Sensor

Fitur pertama pada kamera prosumer adalah sensor.  Pada kamera prosumer ukuran sensor jauh yang ada lebih besar dari kamera saku, namun lebih kecil dari kamera DSLR. Dari sini maka kualitas gambar yang dihasilkan masih berada di bawah kamera DSLR tapi lebih baik dari kamera saku.

Artikel lain: Daftar Harga Kamera Digital Nikon Terbaru

  • Lensa

Lensa pada kamera prosumer memiliki rentang zoom yang panjang dibandingkan dengan kamera saku. Bila kamera saku hanya mempunyai rentang optical zoom hanya mencapai 4x maka kamera prosumer bisa melakukannya hingga 20x bahkan ada yang lebih dari itu. Sayangnya lensa pada kamera prosumer ini tidak bisa diganti seperti pada kamea DSLR.

  • Harga

Untuk harga sendiri kamera prosumer ini memiliki harga yang berada di tengah-tengah antara kamera saku dan kamera DSLR. Jadi bisa dibilang kamera ini tidak mahal dan juga tidak murah. Namun ada kamera prosumer yang memiliki harga sepadan dengan kamera DSLR karena adanya fitur cangguh yaitu rentang zoom yang mencapai 80X.

Beberapa Kamera Jenis Prosumer

Nah dari beberapa penjelasan mengenai kamera prosumer dan fitur-fitur beserta harganya maka kini kita tengok beberapa kamera yang terkategori prosumer ini. Berikut ulasannya.

  • Sony Cybershot DSC H400

Kamera pertama yang berjenis prosumer adalah Sony Cybershot DSC H400. Kamera yang dibanderol dengan harga Rp 3.800.000 ini sendiri sudah terbilang mumpuni. Sebab kamera ini telah mengadopsi teknologi Bionz R, yang mampu menghasilkan detail gambar yang lebih baik. Apalagi dengan nama besar perusahaan Sony, maka seharusnya tidak membuat Anda kehilangan kepercayaan untuk membeli kamera prosumer ini.

  • Nikon Coolpix P900

Berikutnya kamera prosumer yang bisa jadi pilihan Anda adalah Nikon Coolpix P900. Kamera ini memiliki kemampuan zoom yang super panjang hingga 83x. Dari kemampuan ini maka Nikon Coolpix P900 akan membuat Anda bisa melakukan pengambilan gambar hingga jarak 100 meter. Untuk mendapatkan kamera prosumer Nikon Coolpix P900 ini sendiri Anda perlu mengeluarkan dana sebesar Rp6,3 juta-an.




Baca juga: Daftar Harga Kamera Digital Terbaru

  • Canon Powershot SX60

Berikutnya, kamera prosumer yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Canon Powershot SX60. Dengan rentang zoom yang panjang 65X maka akan membuat kamera prosumer yang satu ini sangat mumpuni untuk kegiatan fotografi jarak jauh. Menariknya lagi pengaturan kepekaan cahaya (ISO) Canon Powershot SX60 ini bisa dinaikkan hingga 6400. Jadi dengan ISO yang makin tinggi ini Anda pun akan lebih leluasa untuk melakukan fotografi pada kondisi minim cahaya. Untuk harga Canon Powershot SX60 adalah Rp5,5 juta.

  • Samsung WB 110F

Terakhir, kamera prosumer yang bisa jadi referensi Anda adalah Samsung WB 110F. Meski belum memiliki nama di bidang fotografi, kamera Samsung WB 110F ini bisa jadi pilihan Anda untuk kamera prosumer. Mengapa? Sebab kamera ini sudah terbilang canggih dengan adanya teknologi Dual IS (image stabilization) yang berfungsi membuat kamera tidak goyang hingga kemudian mencegah foto blur.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud