Memulai Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil Rp 5.000 Per Hari, Seriously?

Bisnis-Sampingan-dengan-Modal-KecilPerkembangan zaman semakin maju, kebutuhan hidup sehari-hari pun kian meningkat jumlahnya. Bila beberapa tahun yang lalu uang seratus ribu rupiah masih terbilang besar dan dapat digunakan untuk membeli beragam kebutuhan rumah tangga, lain halnya dengan zaman sekarang.

Tak heran bila banyak orang yang melirik peluang bisnis sampingan untuk menambah pundi-pundi tabungan. Memiliki bisnis sampingan tak hanya bermanfaat untuk membantu keuangan, karena ternyata bisnis sampingan juga dapat melatih seseorang untuk lebih disiplin dan mengatur manajemen waktu secara optimal.

Bisnis sampingan apa yang bisa dimulai dari modal yang minim dan risiko kerugian yang kecil? Hal ini mungkin menjadi pertanyaan di benak sebagian besar orang yang ingin mulai merintis bisnis sampingan. Ya, bisnis dengan risiko yang minim tentu sangat diminati oleh semua orang. Siapa sih yang tidak mau berbisnis sampingan dengan modal kecil dan risiko yang minim. Untungnya, bisnis tersebut dapat dilakukan dengan mudah oleh semua orang. Bahkan dengan modal Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja per harinya.




Artikel lain: 5 Peluang Usaha Sampingan Yang Cocok Bagi Para Guru

Serius? Bisnis Apa yang Hanya Membutuhkan Modal Maksimal Rp 5.000?

Bahkan perlu modal Rp50.000 hingga Rp 100.000 untuk memulai bisnis pulsa eletrik lho. Jawabannya ada pada koran yang bisa anda peroleh setiap hari. Koran biasanya memuat banyak iklan mengenai penjualan properti serta barang-barang lainnya. Disinilah kejelian anda dilatih untuk menemukan peluang bisnis dari setumpuk kertas berisi informasi yang bernama koran. Iklan-iklan yang dimuat di koran dapat membawa rezeki bagi anda yang memiliki sedikit kerajinan untuk mengolah iklan tersebut. Dan berikut ini adalah tipsnya :

Modalnya cukup Rp 3.000 hingga Rp 5.000 setiap harinya untuk membeli sebuah koran. Pilihlah koran yang populer di kota tempat tinggal anda. Misalnya saja koran Kompas dan Pos Kota di Jakarta, atau koran Tribun Jogja yang populer di daerah Yogyakarta. Koran-koran yang memiliki good reputation biasanya banyak dibaca oleh masyarakat dan banyak memuat iklan tentang beragam penawaran produk dan jasa.

Telusurilah iklan-iklan yang sekiranya memungkinkan anda untuk menjadi broker atau perantara dalam proses transaksi penjualan produk tersebut. Biasanya objek properti merupakan salah satu produk yang membutuhkan perantara penjualan. Lakukanlah kontak dengan pihak yang memasang iklan. Tak tertutup kemungkinan bila pihak pemasang iklan juga merupakan perantara penjualan yang ingin mendapat keuntungan.

Berbicaralah dengan sopan dan santai untuk menawarkan kerjasama. Tak tertutup kemungkinan bila sang broker tersebut mau diajak bekerjasama agar produk yang diiklankan lebih cepat terjual. Akan lebih beruntung lagi bila ternyata pihak pemasang iklan adalah pemilik langsung dari objek properti sehingga anda dapat meminta izin untuk membantu memasarkan properti yang ingin mereka jual.

Setelah komunikasi terjalin dengan lancar, segeralah lakukan survey lokasi. Ambillah foto dan data-data mengenai properti yang ingin dijual. Data-data tersebut biasanya mencakup alamat lengkap, status sertifikat dan karakteristik bangunan. Data-data dan foto yang telah anda ambil selanjutnya dapat anda posting melalui situs penjualan online seperti Toko Bagus (www.olx.co.id), Berniaga (www.berniaga.com), Urbanindo dan situs-situs lainnya.

Perpaduan bisnis online dan offline ini merupakan bisnis sampingan yang unik dan membutuhkan modal yang relatif kecil. Hal krusial yang paling diperlukan dalam menjalankan bisnis sampingan ini adalah kemampuan anda untuk disiplin, rajin melakukan pencarian informasi serta mampu melakukan komunikasi yang interaktif dengan pihak broker atau pihak penjual. Mungkin saja di luar sana pihak penjual atau para broker belum memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran, sehingga hal ini menjadi salah satu keuntungan bagi anda.

Baca juga: Memulai bisnis tanpa modal, apakah mungkin?

Bila anda telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak selama beberapa waktu, tak mustahil bila anda lebih dikenal dan dipercayakan untuk melakukan banyak perantaraan penjualan. Produk yang Anda pasarkan pun tak terbatas pada objek properti saja, namun bisa merambah hingga ke produk lainnya seperti penjualan kendaraan bermotor, barang elektronik dan pengenalan produk kuliner terbaru. Intinya, kejujuran dan usaha yang tekun akan membuat anda berhasil dalam menjalankan bisnis sampingan yang satu ini.



14 total comments on this postSubmit yours
  1. Sepertinya saya kurang ahli dalam hal itu.. Mungkin perlu pembelajaran yang lama

  2. tertarik ingin menjadi pebisnis, bermodal kecil, mohon bantuannya thanks ya….

  3. Info yang bermanfaat mas.. memang sudah seharusnya jangan cuma ngandelin satu usaha tapi perlu adanya usaha sampingan

  4. Saya ragu ni min… amur baru 18 thn sudah mau usaha yng beginian, apa kah dapat di percaya orang?.. tolong berikan pendapat

  5. Tolongim dong gimana caranya usaha jual pulsa buat pemula biar bisa lancar dan untung

    • Intinya untuk bisnis pulsa harus pandai memutar uang gan. Karena usaha jenis ini kalau dihitung berdasaran presentasi, keuntungannya sangat kecil gan. Makanya itu kalau mau sukses dalam bisnis pulsa, fokusnya bukan dipulsa tapi pada aksesoris.

      Pulsa sebagai pelaris untuk aksesori hp saja.

    • kalo untuk jualan pulsa ada beberapa tips mungkin yang bisa bermanfaat..
      1. jangan biarkan pelanggan berHUTANG, karna jual pulsa untung nya tidak seberapa.

      2. berani bersaing dengan yang lain, cek tempat lain, atau berpura pura sebagaipembeli

      3. bisa lebih murah, wlaupun hanya lbh murah 500, knp tidak, karna yakin bahwa masyarakat akan mmpertimbangkan wlpun bedanya hanya 500,
      murah tp banyak pembeli kenapa tidak ?

      4. mungkin bisa sambil berjualan yang lain seperti minuman dingin yang d sediakan d kulkas, dan makanan kecil untuk nongkrong,

      untung 1000 atau 2000 pun kalo banyak pembeli, insyha allah baik !

  6. Trik memposting data property yg mau dijual ke situs online

  7. Tolong bantu saya ingin belajar peluang usaha kecil kecilan tempat tinggal kami di Reni jaya pamulang thanks

  8. Masalah yang saya hadapi yaitu kalau berbicara suka belepotan dan biasa menggunakan bahasa yang berantakan apakah mungkin saya bisa menjadi seorang broker

    • bisa ajah….banyak orang yg cara ngomongnya bledak bleduk…tapi jadi orang sukses

    • 5000 kasih pengemis …ntar ma si pengemis anda di doain jadi orang kaya

  9. Mempunyai bisnis memang sangat menjanjikan sekali, tapi jika modal cuman rp.5000 perhari jadi ingin mencobanya.

  10. “Memiliki bisnis sampingan tak hanya bermanfaat untuk membantu keuangan, karena ternyata bisnis sampingan juga dapat melatih seseorang untuk lebih disiplin dan mengatur manajemen waktu secara optimal” kalimat ini memotivasi banget :)

3 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud