Memperkuat Jaringan Bisnis Online Dgn Skema SFS Instagram

Bisnis-Online-Lewat-Skema-SFS-Instagram

Instagram  adalah salah satu #media sosial  yang paling digandrungi sejak awal tahun 2014. Cara menggunakannya sangat mudah. Kita dapat mem-posting foto-foto koleksi kita untuk dilihat para followers. Hal ini akan membuat kita jadi eksis dan selalu up to date akan koleksi-koleksi foto dari akun #Instagram favorit kita. Instagram tak hanya dimanfaatkan oleh pengguna perseorangan untuk mengakses atau mengunggah foto-foto pribadi. Banyak pula bisnis online yang memanfaatkan Instagram untuk mempopulerkan produknya lewat foto-foto keren.

Bagaimana bisa?

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa Instagram bukanlah media sosial yang tepat untuk mempopulerkan bisnis online. Ternyata banyak juga lho pebisnis modern yang jeli membaca peluang dan mencoba memanfaatkan Instagram sebagai salah satu sarana promosi. Visualisasi Instagram yang menarik membuat banyak orang gemar berjualan di Instagram. Bahkan kini ada istilah SFS (Shoutout for Shoutout) yang dilakukan oleh para pemilik akun online shop di Instagram.

Artikel lain: Instagram untuk Bisnis – Menarik Perhatian IG-ers!



Apa itu SFS (Shoutout for Shoutout)?

SFS adalah suatu kondisi dimana sesama online shop saling mempromosikan satu sama lain. Dengan demikian followers suatu online shop akan memperoleh informasi mengenai online shop terpercaya lainnya melalui publikasi yang dilakukan si online shop pertama tersebut.  Cara ini memang sangat hemat dan mudah serta dapat mempererat hubungan antar pemilik online shop.

Nah, bagi kita yang memiliki akun online shop di Instagram, coba amati dulu beberapa informasi berikut ini sebelum memberlakukan sistem SFS bersama dengan online shop lainnya.

Jumlah Followers

Bila kita baru saja memulai online shop di Instagram, kita tentu harus berjuang untuk mendapatkan banyak followers. Biasanya online shop lain akan melirik kita untuk melakukan sistem SFS bila kita sudah memiliki lebih dari 1.000 followers. Sebagai langkah awal, jangan menambahkan followers dengan menggunakan bot (palsu). Berjuanglah mendapatka followers sungguhan dengan cara menyajikan foto-foto menarik disertai hashtag yang relevan dan mudah dicari.

Bila Followers Masih Sedikit

Jika kita ingin memperoleh followers real dalam jumlah yang cukup banyak, kita tinggal menghubungi online shop yang memiliki informasi mengenai cara promosi. Biasanya online shop tersebut memiliki sistem berbayar dengan harga yang bervariasi. Online shop tersebut akan mempromosikan online shop kita di jam-jam tertentu dan kemudian akan menghapus posting­-annya dalam waktu 24 jam.

Bila Menggunakan Jasa Promosi Dari Online Shop Lain

Bila kita menggunakan jasa promosi berbayar dari online shop lain, kita tak perlu langsung mengajukan posting yang isinya berjualan. Tujuan utama kita melakukan promosi berbayar adalah menambah jumlah followers. Oleh sebab itu, buatlah posting-an dengan konten yang unik, kreatif atau lucu agar para pengguna Instagram yang membaca posting-an tersebu tertarik untuk berkunjung dan menjadi followers bagi akun Instagram kita.

Titik Puncak SFS

Titik puncak (tipping point) sebuah toko online untuk melakukan SFS adalah bila jumlah followers-nya sudah mencapai angka di atas 10.000. Setelah mencapai jumlah followers tersebut, pasti akan banyak online shop yang mengajak akun Instagram kita untuk saling berpromosi. Cara promosinya mudah saja lho, kita tinggal mem-posting gambar atau video dari online shop lain dengan kata-kata atau hashtag yang sudah disepakati sebelumnya.

Grup Messenger Beranggotakan Online Shop

Online shop di Instagram biasanya memiliki group chat messenger yang beranggotakan para pemilik online shop dengan followers yang jumlahnya di atas 10.000. Jika kita sudah bergabung di komunitas ini, maka proses SFS akan semakin lancar dan mudah. Tawaran akan banyak berdatangan dan kita tinggal memilih ingin mempromosikan secara SFS atau dengan sistem berbayar.

Teliti Memilih Rekan SFS

Sebaiknya kita mempromosikan online shop lain yang produknya berbeda dengan produk yang kita jual. Hal ini akan meminimalkan persaingan sehingga sistem SFS tidak membuat kita merugi. Selain itu, hubungan baik dengan sesama online shop lain juga akan lebih terjaga.

Baca juga: Tips Membangun Branding Melalui Fitur Video di Instagram

Jadi, apapun alasan penggunaan media sosial kita harus menggunakannya dengan cermat dan bijak agar terhindar dari penyalahgunaan atau tindak cyber crime lainnya.






7 total comments on this postSubmit yours
  1. Menurut pengalaman pribada saya,jika ingin penjualan di instagram cepat laku,kita harus aktif di instagram,entah like foto orang atau cari folower

  2. Bagus nih buat yang Start Up berbisnis.

    Sangat mengedukasi.

    :)

  3. Thanks min, saya dr dulu plg ga ngerti yang namanya instagram..

  4. terima kasih Max maxmanroe Dan suhu mochammad madjid

  5. Thanks infonya yah. sangat membantu. bagi pembaca yang berminat sfs personal boleh juga sama saya ^^

    • saya mau mas

  6. Terima kasih ya atas infonya
    Saya sendiri ingin mencoba SFS 5api sayangnya followern6a masih sedikit

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud