Tips Membangun Branding Melalui Fitur Video di Instagram

Fitur-Video-di-Instagram

Instagram  adalah salah satu #media sosial  yang paling digandrungi di tahun 2014. Ternyata bukan hanya anak muda gaul saja yang gemar memanfaatkan Instagram untuk mengunggah foto-foto pribadi. Instagram juga banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk membangun branding melalui foto dan video yang diunggah di akun Instagram mereka.

Menurut riset yang dilakukan oleh Forrester Research, #Instagram adalah media sosial terbaik bagi para pebisnis untuk memulai interaksi dengan para pelanggan. Survey yang dilakukan oleh BI Intelligence menyatakan bahwa fitur video dengan durasi 15 detik bahkan sukses menyedot puluhan juta penonton di Amerika Serikat.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan fitur video di Instagram untuk membangun branding bisnis, yuk pelajari dulu beberapa trik simpelnya berikut ini:

1. Pilihan Gambar Cover yang Unik dan Menarik

Pemilihan thumbnail video yang unik dan menarik tentu akan memancing rasa keingintahuan para pengguna Instagram. Jadi, gambar yang paling menarik dan eye catching adalah salah satu kuncinya, ya. Kita bisa memasang chapture dari salah satu potongan adegan di dalam video yang kita rasa paling menarik dan representative, atau pilihan lain kita juga bisa menambahkan gambar lain yang cocok menjadi “halaman depan” video kita.



Artikel lain: Instagram untuk Bisnis – Menarik Perhatian IG-ers!

2. Dengan Audio atau Tanpa Audio?

Ternyata video yang memiliki konsep audio visual lebih sukses menarik perhatian para pengguna Instagram daripada video yang hanya berkonsep visual. Campaign product yang dilakuakan dengan konsep audio visual akan menarik lebih banyak pengguna Instagram untuk menyaksikannya secara seksama.

3. Proses Editing

Agar makin keren dan menarik, tak ada salahnya kok menggunakan fitur editing video yang membuat kita bisa memaksimalkan durasi 15 detik untuk membuat video branding yang menakjubkan.

4. Filter Juga Perlu lho

Instagram menawarkan banyak efek dan filter untuk membuat video yang akan kita unggah jadi lebih berkesan dan bisa menarik banyak orang untuk menyaksikannya. Agar pengguna Instagram lebih fokus dengan pesan yang ingin disampaikan lewat video, sebaiknya kita menggunakan 1 filter saja untuk memberikan efek video yang seragam.

5. Angle Juga Menentukan

Angle bukan hanya penting untuk kita yang gemar berfoto selfie, membangun branding pun memerlukan penyesuaian angle terbaik secara teliti. Bila kita ingin memperkenalkan produk dengan mengunggah videonya ke Instagram, gunakan pencahayaan dan angle terbaik untuk menghasilkan efek video yang berkualitas.

Tingkat pencahayaan yang rendah bukanlah musuh bagi proses pembuatan video. Kita tentu bisa kembali menyesuaikan angle dan pencahayaan agar proses pembuatan video berjalan lancar dan memberikan hasil yang maksimal. Mungkin hal ini terkesan teknikal banget ya, but wait, terkadang hal sederhana namun dilakukan di tempat dan waktu yang tepat bisa membuahkan hasil rekaman yang bagus juga kog. So keep trying :)

6. Narasi Untuk Video Branding

Narasi untuk membuat video branding biasanya turut memegang peran penting untuk menimbulkan kesan pertama yang menggoda. Karena cukup banyak pengguna Instagram yang memutuskan untuk membaca caption sebelum mulai menyaksikan video di Instagram. Narasi yang menggoda tentu akan meningkatkan rasa ingin tahu orang untuk menyaksikan video yang kita unggah.

7. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Hashtag yang sesuai akan mempermudah pencarian di Instagram. Banyak sekali calon pelanggan yang memutuskan untuk melakukan pencarian dari hashtag untuk menemukan produk yang sesuai dan sedang dicari. Jadi, gunakan hashtag seperlunya sesuai dengan deskripsi branding yang ingin kita sampaikan melalui unggahan video.

8. Jangan Lupa Lakukan Share

Share dengan media sosial lainnya tentu akan membuat video branding kita berkesempatan untuk dilihat banyak orang. Kini sudah tersedia fitur yang bisa mengintegrasikan satu media sosial dengan media sosial lainnya.

9. Kenalkan Dengan Orang-Orang Terdekat

Orang-orang terdekat kita sejatinya bisa menjadi tim pemasaran yang gratis dan setia bagi bisnis kita. Tentu saja, karena sebelum kita memperkenalkan branding pada masyarakat, kita bisa minta pendapat orang-orang terdekat kita melalui konsep branding yang akan kita usung. Selain bisa menjadi pengkritik yang baik, orang-orang terdekat tentu akan mendukung kita dengan ikut menyebarkan branding tersebut.

Baca juga: Kevin Systrom, Pendiri Instagram

Selain memperhatikan fitur video berdurasi 15 detik, kita juga dapat melakukan cara branding lainnya melalui Instagram. Misalnya dengan menjalin hubungan yang baik dengan sesama pebisnis online yang memiliki akun Instagram. Sistem STS (Shoutout for Shoutout) juga bisa membantu kita untuk saling berpromosi dengan akun pebisnis online lainnya di Instagram. Gunakan Instagram secara bijak agar tujuan branding kita bisa tersampaikan dengan baik untuk para pengguna Instagram.






1 comment on this postSubmit yours
  1. Marketing yang sangat bagus untuk memulai usaha bisnis, terimakasih telah berbagi

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud