Beranda Tips & Tricks Cara Membuat Toko Online Dengan Platform WordPress

Cara Membuat Toko Online Dengan Platform WordPress

Buat Anda yang ingin membangun sebuah bisnis online yang menguntungkan, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membangun sebuah toko online atau online shop. Toko online ini bisa kita gunakan untuk menjual produk kita sendiri atau bisa juga untuk menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropship.

Sebenarnya kita bisa saja langsung memasarkan produk di #media sosial, misalnya Facebook dan tidak harus membangun toko online sendiri. Namun cara seperti ini menurut saya tidak efektif untuk jangka panjang. Akan lebih baik kita membangun sebuah toko online sendiri, dan mempromosikan toko online kita tersebut di media sosial. Dengan cara seperti ini kita bisa membangun brand dan terlihat lebih profesional dalam membangun sebuah bisnis jangka panjang di internet.

Bagi sebagian besar orang yang masih awam, membangun sebuah toko online itu adalah sesuatu yang sangat sulit dan memusingkan. Namun, sebenarnya membuat sebuah toko online untuk bisnis tidaklah sesulit yang dibayangkan asalkan Anda mau belajar. WordPress adalah salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk membangun sebuah toko online yang profesional, yang kita perlu kita siapkan adalah nama domain untuk website, hosting, dan juga template untuk toko online tersebut.

Maxmanroe.com akan berbagi sedikit tentang cara membuat #toko online untuk bisnis dropship dengan menggunakan WordPress sebagai platformnya. Langkah-langkahnya tidak sulit, namun memerlukan sedikit ketelitian agar toko online yang dibangun dapat maksimal. Perlu diperhatikan, dalam artikel ini kami merekomendasikan theme khusus untuk toko online agar tampilan dan fungsinya dapat bekerja dengan baik sesuai dengan keinginan.

Artikel lain: Belajar Mengenali Tipe Konsumen dalam Bisnis Online

cara-membuat-toko-online-platform-wordpress
Toko online dengan WordPress

Berikut ini adalah cara membuat toko online profesional dengan memanfaatkan platform WordPress:

1. Mempersiapkan Nama Domain dan Hosting

Untuk membangun sebuah website toko online tentunya kita harus memiliki sebuah nama domain unik yang akan menjadi brand bisnis. Nama domain ini sangat penting karena akan menjadi identitas bisnis kita di internet, jadi jangan sembarangan memilih nama domain untuk toko online Anda. Beberapa waktu yang lalu Maxmanroe.com pernah membuat tips memilih domain, baca artikel ini Tips Memilih Nama Domain untuk Situs Anda. Untuk tempat membeli domain, kita bisa memilih beberapa registrar ternama seperti Namecheap.com, Domain.com, Name.com, atau registrar lokal seperti Masterweb.com.

Kita juga perlu mempersiapkan hosting untuk menyimpan data base toko online yang akan kita bangun. Sebaiknya gunakan jasa penyedia hosting yang punya reputasi baik agar toko online Anda dapat beroperasi dengan maksimal. Saat artikel ini dibuat, hostinger yang digunakan oleh Maxmanroe.com adalah di Hawkhost.com. Anda juga bisa menggunakan jasa hosting dari provider lokal seperti Masterweb, Klikhost, atau Jogjahost.

2. Menginstal WordPress dan Menyiapkan Template Untuk Toko Online

Inilah salah satu keuntungan menggunakan platform WordPress, ada banyak sekali Themes atau template yang bisa kita gunakan untuk membangun toko online. Selain harga theme nya cenderung murah, tampilannya juga terlihat menarik dan profesional. Sebenarnya kita bisa menggunakan theme gratisan dari WordPress, tapi saya merekomendasikan Anda untuk menginvestasikan uang untuk membeli theme premium, toh ini juga untuk bisnis Anda. Setelah Anda menginstall WordPress di hosting Anda, langkah selanjutnya adalah menginstal Theme untuk toko online Anda.

Salah satu theme WordPress untuk toko online yang sangat saya rekomendasikan adalah WP Grosir buatan developer Theme-id. Theme unik ini dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu seharga $25 atau sekitar Rp 250.000,-. Selain theme WP Grosir, Theme-id juga menawarkan berbagai template toko online yang lain, dan saya semua theme mereka sangat unik.

Anda juga akan mendapatkan Tutorial cara menggunakan theme tersebut agar lebih maksimal untuk toko online yang akan dibangun. Tutorial ini sangat mudah untuk dipelajari, dilengkap dengan cara setting awal, cara posting produk, memasukkan nomor kontak, media sosial, dan lainnya.

3. Menginstal Plugins Pendukung Untuk Toko Online

Untuk mendukung performa toko online yang akan kita bangun, tentunya kita perlu menginstal beberapa plugins. Plugins ini dapat membantu performa toko online Anda, tapi pastikan Anda menginstal plugins yang dibutuhkan saja karena terlalu banyak plugins juga bisa memperlambat loading sebuah website. Beberapa plugins yang saya rekomendasikan adalah:

  • Akismet: mencegah SPAM
  • BulletProof Security: untuk membantu keamanan website
  • Contact Form 7: form kontak untuk website
  • Google XML Sitemaps: sitemaps untuk website
  • SEO Friendly Images: membantu meningkatkan SEO images website
  • WordPress SEO: mengoptimalkan SEO setiap postingan sebuah website
  • WP Smush.it: membantu mempercepat load gambar

Artikel lain: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress dan Blogger

4. Membuat Pengaturan Toko Online dengan Theme WP Grosir

Masing-masing theme WordPress pasti memiliki pengaturan yang agak berbeda. Walaupun pihak developer Theme-id memberikan ebook panduan cara menggunakan Theme WP Grosir, Maxmanroe.com akan membahas sedikit apa saja yang perlu kita lakukan pada settingnya. Cara setting theme ini dibagi menjadi 5 bagian penting, yaitu:

I. Cara Upload Theme: di bagian ini kita bisa membaca tutorial singkat cara upload theme ke WordPress kita dengan aman.

II. Setting: di sini kita bisa membaca tutorial berbagai settingan untuk theme WP Grosir, diantaranya:

  • Cara mengatur theme
  • Cara mengatur widget di side bar
  • Cara membuat custom menu
  • Cara membuat slider
  • Cara mengatur permalinks yang baik
  • Dan lain-lain

III. Cara Posting: di sini kita bisa membaca tutorial yang berkaitan dengan postingan di toko online, diantaranya:

  • Rating produk
  • Menentukan Size produk (bila perlu)
  • Cara posting produk dan posting blog di toko online
  • Dan lain-lain

IV. Membuat Halaman Khusus

  • Cara membuat halaman testimoni
  • Cara membuat halaman cek keranjang belanja
  • Dan lain-lain

V. Cara Edit Ongkos Kirim JNE: di sini kita bisa membaca cara membuat halaman cek ongkos kirim JNE dan juga mengeditnya bila diperlukan.

Baca juga: Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online di Bisnis Anda

Secara keseluruhan, cara membuat toko online dengan menggunakan platform WordPress adalah yang termudah menurut saya. Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk semua pengaturannya, cukup membaca tutorial singkat yang disediakan oleh developer theme nya. Di bawah ini adalah screen shoot salah satu toko online yang dibuat dengan menggunakan theme WP Grosir, klik buka spoiler.

Silahkan tonton video berikut ini:

91 KOMENTAR

  1. lagi cari tutorial alhamdulillah ketemu website ini , terimakasih atas ilmunya mas. Salam dari saya satria dari lombok, ingin membuat website toko online sendiri :)

  2. bagus sekali ulasannya min
    mau tanya min
    setelah buat web nya sesuai arahan di atas, apakah harus menginstall lagi plugin WooCommerce

  3. Cukup detail dan sangat bermanfaat sekali untuk memulai bisnis lewat toko online

  4. tema toko online

    Kalau newbie seperti saya gini memang cara yang mudah membeli tema saja

  5. Untuk menjalankan bisnis online dengan serius dan target jangka panjang memang sebaiknya dilengkapi dengan toko online sendiri. WordPress sebagai salah satu platform website memang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membuat toko online karena dilengkapi dengan plugin dan theme yang beragam. Hanya saja untuk membangun toko online menggunakan wordpress tanpa kemampuan koding atau membuat theme sendiri sebaiknya gunakan theme premuim dengan fitur lengkap atau sesuai kebutuhan toko online

  6. Penjual buku islami

    Makasih banget mas, ini lg raba-raba online market, sementara masih pake blogger sih..

  7. Wah, setelah melihat tutorial ini, ternyata membuat toko online ini. gampang-gampang susah ya…

    Tapi harus di coba, kalau sudah berhasil pasti jadi mudah. Thanks buat artikelnya

  8. berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mengelola toko online perbulannya, ini cocok dak untuk pemula? takutnya jadi besar pasak dari pada tiang ;)

  9. Terima Kasih Mas …
    Sangat Membantu Tapi Sementara Pake blogspot Dulu Yang Gratis he he

  10. caranya instal plugin bagaimana? dan cara mengganti tema bagaimana pak?
    tutorial lengkapnya ada gak pak? mohon bantuannya

  11. Saya sudah memiliki toko online, tapi masih sepi pengunjungnya.

  12. Mantap tutorialnya.
    Ada beberapa plugin yang bisa dicoba nih.
    Thanks lae :D

  13. Layak dicoba tips ini. Hanya untuk membuat toko online sendiri saya masih kesulitan untuk mengatur sistem pembayarannya. Apakah ada saran menggunakan jasa apa yang bisa mengatur sistem pembayaran? terima kasih

  14. Terimkasih Banyak Mas Sangat Membantu Sekali Artikel Ini

  15. terima kash mas infonya.
    menurut mas woocomerce bagaimana untuk membuat toko online ?

  16. PanduanRumahTangga

    Makin banyak yang buka toko online dan makin banyak juga yang berguguran karena susah datengin traffiknya. Kalau maxmanroe yg buka toko OL udah pasti kebanjiran order…..
    Btw terima kasih & salam kenal buat semuanya

  17. terimakasih mas artikelnya cocok sekali dengan apa yang saya cari.

  18. Trims pencerahannya, rencana mau buat toko online habis lebaran ini.
    zaenal – 0852 1158 8535

  19. Terima kasih artikelnya sangat membantu kami dalam memilih template website yang sangat efektif dan efisen untuk toko online :D

  20. Artikel-artikelnya bagus, Oiya mas, ada rekomendasi gak buat toko online yg aman, cepat, bagus, harga nego? lagi butuh cepat mas. trims ya

  21. menarik bikin toko online. tapi masih ragu saya.huhuhu

  22. Pemasaran melalui toko online dirasakan perlu untuk menjangkau calon konsumen dari seluruh wilayah di indonesia dan luar.

    Artikel ini perlu dibaca bagi produsen sebuah produk apapun untuk memperluas jangkauan calon konsumen.

    Terima kasih artike yang berkualitas ini.

  23. thx infonya gan, membantu sekali, ternyata agak ribet juga bikin toko online bagi orang awam, yaah walaupun sekarang banyak jasa pembuatan toko online seperti jejualan.com, belajar bikin sendiri pake wordpress juga boleh dicoba

  24. Saya sedang mempelajari membuat toko online. Terima kasih infonya. Bookmark dulu untuk dipelajari lebih lanjut.

  25. Terima Kasih Mas Saya beru saya berkunjung ke Blog ini, kami baru pertama kali ingin belajar buat blog toko online di worpress, yang kami ingin tanyakan apakah saya buat dulu akun wordpress baru beli domain dan hosting? Makasih kami benar-benar baru mau belajar mas, terimah kasih

    • Bukan mas, ini tutorial untuk bikin toko online dengan platform WordPress. Tidak perlu akun WordPress sebenarnya karena kita hanya menggunakan script WordPress.org bukan WordPress.com

  26. Wah ijin bookmarknya halamannya kebtulan ada keinginan punya toko online denger2 bnyk yg udh sukses dari sini :D

  27. malam lae manurung, kami pake thema evolve tapi sering error dan 2 x kena heck redirect ad.adrttt.com,
    situs kami altavesia.com terinspirasi dari situs lae

  28. untuk kondisi sekarang web toko online apa yah yang cocok ? dan persaingan rendah ?
    thanks

  29. bang mau nanya nih total untuk build web seperrti itu kena berapa?? untuk tahun sekarang ya.

  30. Mantaf nih cuma kurang pede hehehe

  31. Minimal kapasitas hosting yang dibutuhkan untuk sebuah toko online wordpress berapa yang bagusnya mas?

    • Disarankan menggunakan hosting yang memiliki disk space 1 gb
      karena kalau pilih yang 200mb maka foto yang banyak akan cepat menghabiskan diskspacenya

      terima kasih

  32. sekarang yg di cari toko online shop hosting nih malah online shop barang

  33. wah keren ya bisa dibuat begitu juga

  34. pengen belajar gmna cara. mejDikN word pres untuk online shop.

  35. Panduannya cukup lengkap untuk belajar bisnis online melai toko online. Nice post

  36. Sekarang WP Smush It sedang tidak bisa digunakan karena API nya yang berbasis di Yahoo sedang diterminate. Alternatifnya bisa pakai Karaken Image Optimizer, free 50MB

  37. Indri Lidiawati

    makasih banyak infonya mas, saya juga sedang belajar membuat toko online :D

  38. tutorial bisnis

    ini kan yang bayar,. kalau yang gratis kira-kira ada gak mas?

  39. maaf mau tanya, apa bisa membuat toko online di blog gratisan seperti wordpress dan blogger?

    • Untuk blog gratisan WordPress setahu saya belum ada themenya, tapi untuk blogger sudah ada theme khusus untuk toko online.

  40. Usaha Kaos Polos Distro

    Saya sedang membuat toko online namun saya masih awam.. dan info ini sangat membantu saya menambah pengetahuan baru tentang toko online.. makasih banyak ilmunya gan…

  41. beres. enaknya pake VPS dari pada hosting ya?

    • Tergantung kebutuhan saja. Kalau trafik masih kecil dan dana kurang, akan lebih baik menggunakan shared hosting :)

  42. Makasih infonya gan… Selama ini saya pikir toko online dngn wordpress menggunakan cms yang lain, ternyata cms wordpress itu sendiri. Template sama plugin nya yg sedikit berbeda yang membuat dia jadi sebuah web toko online ya…

  43. Nice tutorial…sangat bermanfaat bagi seorang pemula seperti saya. yg saya bingungkan saya mau buat toko online lebih ke promosi produk tapi bukan fashion jadi pinginnya ga ada fitur add to chart jadi lebih ke display gambar portofolio gitu. kira-kira rekomendasi plugin image yg bagus atau theme yg seo friendly dan responsiv apa ya mas dari wp ? terimakasih sebelumnya

  44. Saya suka dengan Theme dari Theme-id karena selain responsive juga SEOnya bagus. Entah apa yang mempengaruhi namun semua yang pakai theme id jos gandos.

  45. gan ane mau tanya, kalau beda’y WP-grosir sama
    Woocommerce itu dimananya ya gan ?

    Kira” lebih simple mana gan kalau menurut kategori toko online gan ?
    Mohon pencerahan gan… ^^

  46. Gan, kalau template yang responsif blogger/WP untuk toko online ada gak ya?
    Saya googling tapi belum dapet.

  47. Muhammad Nuhan Nahidl

    Wah penting banget tuh pelajarannya… Berarti untuk membuat toko online membutuhkan modal yang sangat besar ya…

  48. boleh tanya gak?
    templatenya mudah eror gak tuh

    • Theme nya tidak mudah error kecuali kalau kita edit scriptnya dan salah coding, pasti bisa error :)

  49. Mantep banget om, btw apa gak lebih enak pake VPS dari pada hosting?

  50. mas . aku masi awam gk gerti ..
    minta tolong pencerahan tentang…. Makasih

    II. Setting: di sini kita bisa membaca tutorial berbagai settingan untuk theme WP Grosir, diantaranya:

    Cara mengatur theme
    Cara mengatur widget di side bar
    Cara membuat custom menu
    Cara membuat slider
    Cara mengatur permalinks yang baik
    Dan lain-lain
    III. Cara Posting: di sini kita bisa membaca tutorial yang berkaitan dengan postingan di toko online, diantaranya:

    Rating produk
    Menentukan Size produk (bila perlu)
    Cara posting produk dan posting blog di toko online
    Dan lain-lain
    IV. Membuat Halaman Khusus

    Cara membuat halaman testimoni
    Cara membuat halaman cek keranjang belanja
    Dan lain-lain
    V. Cara Edit Ongkos Kirim JNE: di sini kita bisa membaca cara membuat halaman cek ongkos kirim JNE dan juga mengeditnya bila diperlukan.

    • Itu settingan di WordPress dengan menggunakan Thema Wp Grosir. Thema yang lain pasti pengaturannya berbeda

  51. furniture jepara

    terimakasih gan panduanya sangat membantu skali tutotrialnya gan… salam persoadaraan semua..

  52. Gan, saya mau tanya, mana yang lebih baik menggunakan wordpress atau blogspot untuk sebuat toko online ? Saya kurang mengerti dengan hal demikian gan, terimakasih share yang bagus ini, salam

    • Kalau dari tampilan menurut saya masih menang wordpress. Selain itu kita punya kontrol penuh pada website karena kita bisa mengatur database. Toko online di blogspot tampilannya masih kurang menurut saya, selain itu database nya di host Google. Kalau saran saya, toko online lebih baik menggunakan platform WordPress saja daripada Blogspot.

  53. saya sedang mau bikin toko online buat mainan. kira-kira hosting yang bagus dimana ya bang? terima kasih tutorialnya bang..

    • Hosting yang pernah saya pakai dan rekomendasikan:
      1. Server luar (hawkhost.com)
      2. Server lokal (masterweb.com, dapurhosting.com)

  54. Saya coba kunjungi website nya gan, tapi sepertinya tidak aktif lagi ya ?
    terimakasih atas tutornya gan, salam

  55. bisnis online populer

    mau tanya gan,,,,di WP kan ada autor/orang team yang bsa posting di web WP kita….nah andai saja Autor/team tersebut posting ol shoapnya apa bisa gan,,,,,,,karena rencana buat web keluarga jadi mngkn add chartnya di ganti dengan transaksi chat

  56. boleh dunk tanya…?theme ini bisa dipakai berapa toko online

    • Theme nya bisa dipakai untuk toko online sebanyak mungkin, tapi untuk diri sendiri ya. Kalau mau buka jasa membuat toko online untuk klien, mas Abdul harus beli yang developer license.

  57. kerajinan lampu hias

    Cms untuk toko online ada banyak gan dari wordpress, joomla, opencart, dll…

    Tergantung agan cocok nya yang mana. Ane belum pernah nyoba wordpress gan. Nyoba ah

  58. barusan lagi coba install wooocommerce di wordpress gan.. masih coba”, pake themes bawaan wordpress.. lumayan bisa jalan.. cuman kok dilocalhost saya sendiri lemot banget ya mas ?

  59. Wah ternyata susah juga ya, kirain gampang

  60. nice tips bro.. lanjutkan. tapi btw apa g ribet nyari visitornya? meding jual langsung di toko bagus hehehe

  61. Isagenix Indonesia

    saya sangat suka sekali dengan template toko online yang berbasis wordpress menurut saya mudah terindex google dan bila plugin yang dimasukkan sesuai maka kunjungan akan melimpah dan sudah saya terapkan dalam web toko online saya, terimakasih mas sudah mau berbagi info salam sukses

  62. cut Cahaya zaskya

    maksih msa masukannya, boleh di coba ne kek nya :)

  63. memang Kalau buat toko online lewat platform wordpress lebih enak dan lebih bagus.. :)

  64. Wah boleh juga di coba, pas banget ane lagi mau coba buat toko online

  65. Jasa Buat Website

    Sayangnya… WP grosir harus berbayar yah…..
    Dan juga WP cukup makan kapasitas host, sama kayak joomla.
    Tapi cukup bagus hasilnya, profesional

  66. Terima kasih atas pengetahuannya… Lumayan ilmunya buat pengembangan blog ke dot com nanti…

  67. sebenernya tulisannya sudah lengkap dan jelas cuma memang perlu basic tentang web, dan klo perlu jgan melangkah ke SEO dlu klo basic web saja masih meraba. makasih kang tulisannya bagus salam kenal

  68. Belajar SEO Blog

    Sebenarnya susah-susah gampang membuat toko online wordpress. . .salam

    • cara mudah memulai bisnis online

      Alhamdulillah toko online saya sudah jadi pake wordpress gan :)

  69. perumahan kendari

    gmana caranya hilangin fitur member harus daftar?

  70. Saya sudah pakai tuh templatenya. Pengaturannya ok, gampang…
    Klo theme ini terkenal jadi nggak asik deh, jadi banyak yang sama… hehe

  71. Kalau masih kesusahan buat webnya dilempar ke saja mas (Padahal artikel sudah jelsa gamblang gitu, masa masih kesusahan)

  72. wah ternyata tidak semudah yang saya bayangkan sob..ribet juga ternyata ya..pengen belajar php jadinya..

  73. Tulisannya keren Kang, kebetulan lagi mau belajar buat toko online pake wordpress. Alhamdulillah tulisan ini sudah cukup buat memandu saya untuk belajar. Ma kasih banyak Kang… :-D

  74. Jual Boneka Wisuda

    Kesulitan saya ketika bermain wordpress adalah proses terindex ke google yang terlalu lama, apakah ada hubungannya dengan plugin2 seperti itu Pak?

  75. Sebenernya yang membedakan antara platform blogger sama wordpress apa ya pak? apa cuma hanya beda pada tampilannya?

    • Ya sudah jelas engine nya berbeda mba. Kalau dari sisi tampilannya tergantung settingan dan template masing-masing, tapi biasany tampilan Toko online di WordPress lebih bagus dibandingkan dengan platform Blogger.

Tinggalkan Balasan