Membangun Blog, Kembangkan Dengan Cara Anda Sendiri

membangun blog pribadi

Image dari Jeffbullas.com

Membangun dan mengembangkan blog memang sangat sulit dan perlu proses yang sangat panjang. Berbagai teknik SEO, ribuan backlink, ditambah dengan bermacam-macam ebook belum bisa menjamin Anda akan sukses dalam mengembangkan sebuah blog. Namun demikian, ada juga blog yang nyaris tanpa teknik #SEO, tanpa ada backlink, namun bisa menjadi blog yang bisa dikatakan sukses. Itulah uniknya membangun blog, maka dari itu, jika Anda sedang membangun blog dan membesarkan blog, sebaiknya temukan cara Anda sendiri.

Sulit memang, namun ketika Anda bisa membesarkan blog dengan metode dan cara yang Anda temukan sendiri, maka ke depan Anda akan mudah ketika ingin membangun blog baru lagi. Untuk bisa menemukan cara membangun blog sendiri, di bawah ini adalah beberapa tips membangun blog dengan mengutamakan potensi kemampuan dasar diri sendiri yang bisa Anda coba terapkan.

1. Sukses Untuk Blog Lain Belum Tentu Sukses Untuk Blog Anda

Memang sulit membangun dan mengembangkan blog, terlebih jika kita berangkat dari nol. Saat ini, dengan semakin berkembangnya dunia blogging, banyak sekali bertebaran ilmu blogging yang dibagikan oleh para senior. Teknik-teknik untuk meningkatkan visitor blog pun juga sudah mudah sekali ditemukan di mesin pencari.

Tinggal ketikkan kata kunci yang diinginkan, maka akan muncul beragam teknik yang bisa Anda terapkan pada blog Anda. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa tidak semua teknik yang ada tersebut bisa cocok dan sesuai dengan blog Anda. Bisa jadi satu teknik bisa meningkatkan pengunjung blog, namun belum tentu juga ketika Anda terapkan pada blog Anda. Jadi ya Anda juga harus banyak mencoba dan mengamati sendiri.

Artikel lain: Panduan Belajar Blogging Untuk Pemula, Tips Membangun Blog




2. Beda Orang Biasanya Beda Karakter Blog

Selanjutnya, tentu saja ketika ingin mengembangkan blog Anda harus memiliki guru, atau siapa saja yang bisa Anda tanyai tentang #blogging. Dari sini biasanya tidak hanya satu orang saja, bisa dua atau lebih. Nah, yang perlu juga Anda pahami adalah biasanya masing-masing orang ini memiliki karakter atau ciri tersendiri dalam mengembangkan blog mereka. Misalnya saja, ada yang mengutamakan banyaknya jumlah artikel atau ada juga yang mengutamakan banyaknya kata dalam artikel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memang mereka biasanya memberikan ilmu pada kita yang baru-baru ini sesuai dengan pengalaman yang pernah mereka lalui. Kita pun sebenarnya akan mengarah pada karakter tertentu juga lama kelamaan. Dan itu bisa menjadi ciri khas yang akan membedakan Anda dengan yang lain, maksimalkan itu.

3. Selalu Catat Bila Terjadi Sesuatu Pada Blog Anda

Ini mungkin yang sedikit berat, mencatat segala sesuatu yang terjadi pada blog. Yup, biasakan mencatat apapun yang terjadi pada blog Anda. Jika terjadi kenaikan visitor maupun terjadi penurunan visitor, biasakan untuk mencatat itu dan kemudian cari penyebabnya.

Apakah itu terjadi secara wajar, atau itu terjadi di luar kebiasaan blog Anda. Ini sangat penting sekali, karena ketika Anda bisa menemukan penyebab terjadinya sesuatu pada blog, maka ke depan Anda akan lebih mudah ketika ingin membangun blog yang lain.

4. Jangan Lelah Untuk Mencoba Cara yang Baru

Jangan pernah lelah untuk mencoba cara yang baru meski sering tidak berhasil. Karena dengan mencoba meski itu tidak berhasil, Anda akan mendapatkan ilmu baru dan itu sangat penting dalam proses pengembangan blog Anda.




Selalu akan ada banyak cara baru untuk mengembangkan blog, Anda bisa mencobanya baik teknik dari orang lain ataupun hasil pengamatan Anda sendiri. Atau menggabungkan beberapa teknik yang ada maka bisa jadi akan memunculkan teknik yang baru yang bisa jadi itu merupakan kunci pendongkrak visitor blog Anda.

Baca juga: Sudah Efisienkah Cara Membangun Blog Anda? Coba Lakukan 5 Hal Ini

5. Percaya Pada Diri Sendiri, Jangan Selalu Bergantung Pada Orang Lain

Untuk bisa mengembangkan blog dengan baik, maka Anda harus percaya dulu pada kemampuan Anda sendiri. Jangan terlalu menggantungkan pada kemampuan orang lain, sesekali bertanya atau meminta bantuan orang lain yang lebih senior tidak apa-apa.

Namun jangan selalu bergantung pada mereka, Anda harus bisa mandiri dan berjalan sendiri dalam mengembangkan blog Anda. Jika tidak, maka sampai kapanpun Anda tidak akan pernah memiliki kemampuan membangun blog sendiri jika selalu bergantung pada orang lain.



12 total comments on this postSubmit yours
  1. yang ke 5, aku kadang gak percaya diri :(

  2. Makasih tipsnya Mas… Kebetulan saya lagi galau mikirin blog. Makanya nyasar kesini hehe.

  3. Halo pak, mohon tanya, klo dari segi seo mana yg lebih mudah diulik apakah blogger dengan custom domain atokah wordpress.org?

    Website ini pake yg mana pak?
    Klo sempat kasih review utk beritapeluang.com pak.moga web ini makin sukses

    • Kalau menurut saya masih bagusan WordPress karena website WordPress bisa ditambahkan plugin untuk optimasi website. Maxmanroe.com menggunakan platform WordPress.org

  4. terimakasih ilmunya ya. tulisan2nya padat ilmu banget. sangat bagus untuk panduan saya yg baru mau belajar buat blog. :)
    thanks yaa p’max

  5. saya suka yang pertama.

  6. Seorang blogger tentu harus percaya diri, agar tulisannya bisa dipercaya.

  7. Thanks untuk tulisannya, sangat bermanfaat sekali untuk masukan bagi para blogger.
    Penting banget untuk menjadi diri sendiri dalam ngeblog dan tentunya terus konsisten dalam menulis.

  8. Bertahan dan terus menulis. Terkadang, saya berpikir sangat sulit untuk membangun karakter di blog pribadi. Bingung? harus di mulai dari mana. Jadi saya sering berkunjung dan membaca kembali tulisan yang di buat.

    MAX

  9. Yup, benar sekali. be your self…

  10. Harus mempunyai konsistensi yang tingi juga sob. Pengalaman saya ketika gagal karena saya nggak konsisten :(

  11. Percaya Pada Diri Sendiri : Saya suka dengan kata-kata ini…
    Terima kasih atas share artikelnya…
    Salam,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud