Memaksimalkan Fungsi Personal Branding LinkedIn

Personal-Branding-LinkedIn

Bukan hanya sekedar sarana untuk narsis dan berkomunikasi saja, sosial media juga dapat digunakan untuk melakukan upaya branding terhadap diri sendiri serta untuk membangun networking yang lebih luas. Salah satu sosial media yang dapat digunakan secara profesional untuk membangun branding secara efektif adalah LinkedIn.

LinkedIn bukan hanya sebagai fasilitator untuk membangun identitas profesional anda, lebih dari itu ternyata fitur-fitur pada LinkedIn dapat dioptimalkan untuk memperluas jaringan pekerjaan Anda. Dengan LinkedIn, Anda dapat berkenalan dan berinteraksi dengan para professional dari seluruh penjuru dunia.

Melalui #sosial media yang satu ini, anda juga bisa memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk membangun karir dan memperkenalkan diri anda ke perusahaan-perusahaan terkenal. Agar Anda mendapatkan benefit dari kegiatan bersosial di LinkedIn, mari menyimak beberapa tips dan trik memaksimalkan fungsi personal branding LinkedIn berikut ini:

Artikel lain: Mengenal 3 Perkembangan Teknologi Sosial Media

Sertakan Foto pada Profil Anda

Sebuah penelitian menyatakan bahwa profil LinkedIn yang menggunakan foto ternyata memiliki peluang 11 kali lebih besar untuk membuat orang lain tertarik dan melihat-lihat. Jadi jangan ragu untuk menyertakan foto terbaik anda pada profil LinkedIn. Gunakan foto yang terkesan resmi namun dengan senyum santai yang mengembang. Hindari penggunaan foto ala selfie karena hal tersebut justru dapat membuat anda tampak kurang profesional.




Lengkapi Profil LinkedIn Anda dengan Berbagai Pengalaman Bisnis

Penjabaran mengenai pengalaman bisnis di LinkedIn dapat menjadi elemen penting yang dapat membuat pihak perusahaan tertarik untuk meng-“hire” atau sekedar menjalin networking bersama anda. Jangan lupa untuk melengkapi bagian tersebut dengan pengalaman dan pencapaian-pencapaian prestasi anda selama berkecimpung di dunia pekerjaan dan bisnis.

Mulailah Menampilkan Keahlian Anda

Profil yang memuat berbagai pencapaian prestasi akan menunjukkan bahwa anda adalah seorang expert di suatu bidang. Hal positif ini dapat mengundang orang lain untuk membuka percakapan atau bertukar pikiran dengan anda sebagai seorang expert. Nah, dari sinilah anda dapat membuka peluang untuk mulai membangun networking yang lebih luas. So, jangan ragu untuk mulai mencantumkan berbagai posting atau tulisan yang anda buat untuk menunjukkan tingkat pemahaman anda terhadap suatu bidang pekerjaan tertentu.

Optimalkan Pencarian Profil Anda

Setiap harinya ada ratusan juta orang yang melakukan pencarian di LinkedIn. Agar profil anda mudah ditemukan oleh orang-orang yang melakukan pencarian, jangan lupa untuk selalu menggunakan keywords ysng berhubungan dengan keahlian Anda. Gunakan keywords yang sekiranya potensial untuk digunakan oleh para pengguna LinkedIn.

Artikel lain: Tips Memaksimalkan Pemasaran Bisnis Via Media Sosial

Selain itu, lakukanlah update posting setiap harinya. Mulailah untuk membagikan berita-berita yang berbobot dan sedang menjadi tren. Melakukan posting secara teratur juga akan membantu peringkat SEO (Search Optimization Engine) profil Anda. Dalam hal ini memang dibutuhkan kemampuan lebih dalam hal penulisan artikel ataupun teknik SEO, namun pada dasarnya semua masih tergabung dalam satu paket “pencitraan” diri anda di dunia maya.




Bergabung dalam Grup dan Komunitas di LinkedIn

Tak ada salahnya jika anda bergabung dalam grup LinkedIn dengan spesifikasi keahlian yang sesuai dengan kemampuan anda. Grup tersebut dapat membantu anda untuk semakin berkembang dan menciptakan networking yang berkembang secara luas. Anda dapat mengenal orang-orang yang berdedikasi di bidang yang sama dengan anda.

Selain itu fungsi dari bergabung dengan group adalah melakukan kerjasama yang nyata antar anggota. Tak sedikit kerjasama besar yang terjalin dari sebuah grup yang ada di jaringan LinkedIn.

Cantumkan Contact Person pada Profil Anda

Di bagian summary pada account LinkedIn anda, jangan lupa untuk menyertakan contact person berupa nomor hp, nomor telepon atau alamat email. Dengan demikian, orang-orang yang mengakses profil anda dan ingin melanjutkan komunikasi secara lebih intens dapat menghubungi anda dengan mudah. Bila orang lain dapat menghubungi anda dengan mudah, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan atau kerja sama bisnis akan terbuka lebar.

Demikianlah tips-tips simpel yang dapat anda praktekkan untuk mengoptimalkan penggunaan LinkedIn. Selalu ingat bahwa penggunaan sosial media harus dilakukan dengan bijak dan profesional agar dapat mendatangkan manfaat bagi karir dan kegiatan bisnis anda. Jam terbang yang didukung dengan tindakan branding secara profesional akan menghasilkan image positif bagi karir Anda.

Baca juga: Belajar Konsep 3C – Sukses Berbisnis via Sosial Media

Stay proactive and be a professional person :)



3 total comments on this postSubmit yours
  1. itu buat pengusaha” gitu ya mas?

    • Khusus untuk para profesional, pencari kerja, dan pebisnis mas

  2. LinkedIn memang salah satu social network yang baik, saya akan mempraktekannya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud