Inilah 4 Media Sosial Potensial yang Sering digunakan oleh Travel Blogger

Media sosial untuk Travel Blogger

Image dari Travelappeal.com

Perkembangan media digital saat ini memang sangat mencengangkan. Bagaimana tidak, di sana-sini telah terjadi perubahan yang cukup besar dalam arah pertumbuhan media yang ada. Jika dulu media cetak sangat mendominasi pasar, kini peran mereka telah digantikan oleh media elektronik seperti televisi dan media online terutama #media sosial.

Media sosial atau jejaring sosial saat ini memang semakin menjadi-jadi. Dampak yang ditimbulkan dari media sosial sendiri telah terasa hampir di semua lini. Salah satu bidang yang terkena dampaknya adalah dunia blogging.

Ya, kini banyak #blogger yang tidak mau ketinggalan dengan perkembangan media sosial yang ada. Mereka (para blogger) ini ramai-ramai menggunakan media sosial untuk kepentingan pengembangan blog mereka. Seorang travel blogger merupakan orang yang juga tak mau ketinggalan dengan tren media sosial ini. Untuk mensukseskan blognya, mereka acapkali menggunakan media sosial.

Lalu apa saja media sosial yang sering digunakan oleh para travel blogger ini? Berikut ulasannya

1. Instagram

Media sosial pertama yang sering digunakan oleh para travel blogger adalah Instagram. Sebagai blogger yang memang diharuskan mendokumentasikan hasil travelling-nya, para travel blogger akan sangat terbantu dengan adanya media sosial yang berbasis gambar ini. Apalagi saat ini Instagram juga telah mendukung konten video.

Dengan memanfaatkan #Instagram mereka para travel blogger ini sanagt terbantu untuk memperkenalkan karya foto agar lebih banyak dikenal orang. Saat mereka mampu membuat tertarik pengguna Instagram lain, maka biasanya para pengguna Instagram lain ini akan memfollow akun Instagram para travel blogger. Saat para travel blogger ini telah mendapatkan follower yang banyak maka mereka sangat berpotensi untuk sukses dan populer.

Artikel lain: 7 Tips Memotret Diri Sendiri yang Sering Terlupakan Para Travel Blogger

2. Flickr

Meskipun tak sepopuler Instagram, media sosial yang tergolong senior bernama Flickr ini cukup sering juga diguanakan oleh para travel blogger. Jumlah storage yang sangat besar dan adanya fitur galeri foto menjadi alasan mengapa mereka para travel blogger ini masih memilih Flickr sebagai media sosial untuk mengembangkan blognya.

Dengan adanya storage yang banyak ini tentu travel blogger akan mampu menampilkan karyanya sebanyak banyaknya, baik foto yang berukuran kecil maupun high resolution. Namun bagi Anda yang tidak ingin dicuri hak cipta fotonya, maka disarankan agar mereka tidak mengunggah karya yang berukuran resolusi tinggi, ya.

3. Google Plus

Berikutnya, media sosial yang seringkali digunakan oleh para travel blogger adalah #Google Plus. Meskipun tak sepopuler Facebook dan Twitter, Google Plus masih dianggap oleh para travel blogger sebagai media sosial yang mumpuni untuk mendukung usaha mereka mengembangkan blog. Kemampuannya untuk mensharing foto dan info info yang menarik membuat jejaring sosial milik Google ini sangat diminati para travel blogger.




Belum lagi kemampuan Google Plus ini untuk menjadikan foto cepat terindeks, maka Google Plus ini semakin menjadi pilihan para travel blogger untuk membuat kontennya semakin dikenal luas dan populer.

4. Pinterest

Terakhir, media sosial yang seringkali digunakan oleh para travel blogger adalah Pinterest. Media sosial yang tergolong baru ini memang sangat identik dengan kemampuannya memaksimalkan foto. Dengan konsep unik sharing foto atau gambar berupa Pinboard, maka para travel blogger pun akan terpuaskan.

Visualisasi #Pinterest yang terletak dari pin gambar memang  memiliki potensi besar menarik perhatian orang untuk melihat pin tersebut. Untuk membuat foto Anda menarik banyak orang, Anda harus membuat Pinboard terlebih dahulu tentang kategori/tema pin apa yang akan Pinning di Pinterest.

Pin bisa di Upload atau bisa dari link blog atau website kita, tergantung mau gambar mana yang akan kita tambahkan. Setelah itu Pinterest akan membagikan dan menampilkan kepada pinners yang lain sesui dengan kesamaan Pinboard.

Baca juga: 6 Travel Blogger Indonesia Terpopuler di Instagram

Itulah empat media sosial yang sering digunakan oleh para travel blogger. Dengan segala kelebihan dan keunikannya, travel blogger bisa menggunakannya untuk meningkatkan traffic karya foto atau tulisannya.

Jadi jangan hanya mengandalkan blog atau gallerynya saja, tetapi tarvel blogger saat ini juga harus memanfaatkan sosial media yang mereka punya untuk meningkatkan traffic. Saat trafik blog mereka meningkat, maka peluang besar untuk membuat penghasilan lewat monetisasi dan kepopuleran blog akan semakin bertambah besar.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Google Plus msg mnjadi pilihan dalam mengembangkan blog saya. Walau terkadang mnggunakan IG juga… Thanks ilmunya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud