Mau Tidak Boros di Bulan Ramadhan? Terapkan Tips Hematnya Berikut Ini

hemat di bulan Ramadhan

Image dari People.cn

Bulan Ramadhan telah tiba, saatnya untuk melakukan penghematan. Penghematan? Kok harus berhemat? Kan bulan Ramadhan kita tidak akan banyak makan dan minum karena puasa, jadi mengapa harus berhemat? Memang secara rasional atau nalar bulan Ramadhan dengan adanya puasa seharusnya pengeluaran kita jadi mengecil. Tapi ternyata di lapangan tidak demikian yang terjadi.

Tanpa disangka-sangka bulan Ramadhan justru membuat kita melakukan banyak pengeluaran disana-sini. Harga-harga barang kebutuhan yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab tingginya pengeluaran di bulan Ramadhan. Hal ini pada akhirnya memang menjadi sebuah tradisi setiap tahunnya. Maka dari itu pada saat bulan Ramadhan tiba, kita sebagai orang yang bijak harus bisa berhemat agar pengeluaran kita bisa terkontrol dan terkendali.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa berhemat pada bulan Ramadhan ini? berikut beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

1. Belanja untuk Kebutuhan Sekaligus Untuk Satu Bulan

Tips pertama untuk bisa berhemat di bulan Ramadhan adalah berbelanja kebutuhan rumah tangga sekaligus untuk satu bulan. Mengapa harus belanja kebutuhan untuk satu bulan sekaligus? Tentu saja ada banyak manfaat hemat yang bisa didapat dengan cara ini. Pertama Anda bisa menghemat bahan bakar kendaraan karena Anda tak perlu bolak balik ke pasar atau swalayan.

Kedua dengan belanja keperluan langsung satu bulan sebelum bulan Ramadhan maka Anda akan terhindar dari kenaikan komoditi saat bulan Ramadhan tiba. Dan terakhir dengan belanja kebutuhan selama satu bulan penuh maka biasanya akan ada potongan harga yang bisa Anda peroleh dari toko. Namun untuk yang terakhir ini pastikan dulu Anda berbelanja di toko yang menyediakan diskon dengan jumlah pembelian tertentu.




Artikel lain: Mau Jual Menu Berbuka Puasa yang Laris Manis? Coba Beberapa Menu Berikut Ini

2. Cari Toko atau Swalayan yang Memberi Diskon

Berikutnya, tips berhemat di bulan Ramadhan adalah dengan mencari toko atau swalayan yang memberikan potongan harga (diskon). Ya, pada saat bulan Ramadhan tak jarang memang beberapa toko atau swalayan yang memberikan promo potongan harga pada produk-produk tertentu atau juga potongan harga untuk jumlah pembelian tertentu. Nah dari sinilah Anda bisa melakukan penghematan dengan mendatangi dan berbelanja kebutuhan di toko atau swalayan tersebut.

3. Usahakan Jangan Terlalu Sering Berbuka Puasa di Luar

Hal yang sering kali membuat seseorang boros di bulan Ramadhan adalah terlalu seringnya kita berbuka di luar rumah. Berbuka puasa di luar rumah entah itu di resto atau di warung makan bersama teman atau keluarga memang sangat menyenangkan. Namun tahukah Anda bahwa jika hal ini sering Anda lakukan maka keuangan Anda bisa jadi akan jebol.

Sebab harga menu yang ada di luar sana pastinya akan jauh lebih mahal dibanding ketika Anda membuat sendiri di rumah. Nah maka dari itu untuk bisa berhemat pada bulan Ramadhan ini maka sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan Anda berbuka puasa di luar rumah.




4. Membuat Menu Kudapan dan Minuman Sendiri

Jangan ragu untuk membuat makanan, minuman atau aneka jajanan yang bisa Anda buat. Dengan membuat makanan, minuman dan aneka jajanan sendiri maka Anda dan anggota keluarga akan terhindar dan terminimalisir untuk membeli menu di luar rumah yang harganya bisa jadi mahal.

Nah saat Anda keluarga mengkonsumsi menu dari kreasi yang Anda buat maka pengeluaran bisa ditekan dan Anda pun bisa berhemat. Selain bisa berhemat, membuat menu sendiri di rumah akan membuat Anda dan keluarga terhindar dari menu yang tidak higienis dan berbahaya.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Yang Cemerlang di Bulan Ramadhan

5. Buatlah Kue-Kue Lebaran Anda sendiri

Terakhir, cara berhemat di bulan suci Ramadhan adalah dengan membuat kue lebaran sendiri. Di akhir menjelang bulan Ramadhan usai memang Anda akan disibukkan dengan mempersiapkan lebaran. Salah satu persiapan lebaran tersebut adalah membuat kue. Ya, kue memang selalu identik dengan lebaran nanti.

Nah dari sinilah Anda bisa melakukan penghematan dengan membuat kue-kue lebaran ini sendiri. Ya, dengan membuat kue lebaran ini sendiri memang Anda akan menghemat pengeluaran dibandingkan dengan membelinya di luar yang harganya lebih mahal. Jadi jika memang Anda punya keterampilan membuat kue lebaran maka jangan ragu untuk membuatnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud