Mau Tentukan Niche Blog yang Paling Sesuai Untuk Anda? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Berikut Ini

niche blog

Image dari Kotausaha.com

Tema atau topik blog yang tepat dengan jiwa sang #blogger memang akan sangat membantu dirinya untuk mencapai apa yang dicita-citakan saat membangun blog. Mengapa demikian? sebab dalam dunia blogging, spesifik blog dengan tema tertentu atau sering disebut niche blog selalu mendapatkan tempat tersendiri bagi pengunjung dan iklan. Maka bila Anda memang memiliki tujuan entah itu ingin populer atau ingin mendapatkan penghasilan ketika membangun blog, maka pastikan blog Anda mempunyai niche tertentu yang tepat dengan dan sesuai dengan Anda.

Sayangnya untuk mendapatkan tema blog yang tepat ini bukanlah perkara yang mudah. Anda perlu sebuah analisis dan renungan yang serius untuk bisa membuat keputusan tentang pemilihan topik atau tema blog. Nah bagi Anda yang masih bingung untuk menentukan tema blog (niche blog), Anda bisa menggunakan teknik menjawab 5 pertanyaan berikut ini.

1. Apa Passion Anda?

Pertanyaan pertama yang harus Anda jawab untuk tentukan topik blog yang sesuai dengan Anda adalah apa passion Anda? Ya dengan menjawab pertanyaan ini Anda akan diajak untuk menemukan apa yang paling melekat pada diri Anda, terutama pada hal kesukaan dan kegemaran Anda. Namun untuk melewati pertanyaan ini tidak mudah seperti yang dibayangkan orang. Pasalnya dari sekian banyak hal yang Anda sukai, Anda akan dituntut untuk memilih satu kesukaan.

Inilah yang sering membuat blogger mengalami kesulitan untuk menentukan satu kegemaran guna dipilih sebagai niche blog. Namun ketika Anda telah menemukan tema yang benar sesuai dengan passion Anda, maka akan mendapatkan energi lebih untuk mengelola blog anda. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat dengan Anda untuk mencapai tujuan blogging yang sesuai topik.

Artikel lain: Membidik 7 Niche Blog yang Paling Diminati oleh Blogger Wanita




2. Apakah Topik Tersebut Populer?

Kedua, pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk menentukan topik yang sesuai dengan Anda adalah apakah topik tersebut populer? Setelah menentukan tema sesuai passion, hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah kepopuleran topik tersebut. Kenapa harus populer? Sebab dengan niche yang populer Anda akan lebih mudah untuk menarik pengunjung lebih banyak.

Saat blog Anda dikunjungi lebih banyak pengunjung maka Anda pun akan lebih cepat mencapai apa yang Anda cita-citakan dalam #blogging. Dari sini maka Anda memang dituntut lebih jeli saat menentukan topik dari sebuah passsion. Saat Anda mendapatkan topik tersebut tidak populer maka lebih baik Anda menggantinya dengan tema lain yang juga masih terkait passion Anda.

3. Apakah Niche Blog Tersebut Berkembang Atau Malah Menyusut?

Tidak semua yang populer akan bersifat langgeng. Lihat saja beberapa fenomena boyband saat ini yang sudah tenggelam ditelan waktu. Padahal dulu boyband sangatlah populer. Nah dari sinilah Anda tidak boleh terjebak dengan kepopuleran sesaat atau instan. Anda harus mencari tema yang terus berkelanjutan dan berkembang serta tidak termakan waktu.

Dalam dunia bisnis, hal ini bisa diartikan sesuatu yang tidak musiman. Dengan topik blog yang tidak musiman ini maka Anda akan bisa mendapatkan trafik pengunjung blog yang stabil. Maka dari sini Anda harus bisa menjawab pertanyaan bagaimana tingkat keberlanjutan dari kepopuleran topik yang telah Anda pilih.

4. Bagaimana Persaingan Antar Blogger dengan Topik Tersebut?

Lebih jauh lagi dari pemilihan niche blog ini, seorang blogger harus bisa menjawab seberat apakah tingkat persaingan dari topik yang Anda pilih tersebut? Seperti layaknya bisnis, dalam blogging yang sudah marak dijalankan orang, maka persaingan pun tak bisa dielakkan.




Maka dari itu untuk bisa lebih mudah mencapai tujuan Anda dalam blogging, Anda harus mencari topik yang memiliki tingkat persaingan yang tidak terlalu berat. Namun bukan berarti Anda lantas memilih topik yang terlalu jauh dari kepopuleran publik. Usahakan juga untuk tetap berada di jalur atau track dari tahap-tahap sebelumnya.

Baca juga: 7 Hal Yang Membuat Niche Blog Lebih Menguntungkan

5. Apakah Niche Blog Tersebut Profitable?

Terakhir, pertanyaan yang perlu Anda jawab untuk menentukan topik untuk blog Anda adalah apakah topik tersebut profitable? Profitable di sini bukan hanya berlaku untuk blogger yang berfokus pada monetisasi. Tapi bagi blogger yang memiliki tujuan lain juga perlu memikirkan hal ini.

Pastikan apa yang Anda bangun dalam blog berdasarkan niche tertentu ini akan membawa Anda pada keuntungan. Keuntungan di sini sendiri bisa dilihat dari progres yang Anda rasakan dari hari ke hari atau minggu ke minggu serta bulan ke bulan untuk mencapai tujuan blogging Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Biasanya tema blog yang berhubungan dengan sains/ilmu pengetahuan kurang diminati. Hal ini merupakan pengalaman pribadi.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud