7 Hal Yang Membuat Niche Blog Lebih Menguntungkan

niche blog

Berkembangnya dunia #blogging saat ini memang sangat luar biasa. Blog yang merupakan sebuah channel atau web log ini sekarang telah bertransformasi hingga memunculkan beragam kategori dan jenis. Media yang kini tak hanya digunakan sebagai sarana menyalurkan hobi menulis ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan didalamnya.

Profesi blogger pun telah mampu menghiasi ragam pekerjaan dan karir yang dulu telah ada. Dengan berbagai cara menggaet pengiklan, para blogger ini sedikit banyak telah mengubah wajah dari blog. Kalau mungkin dulu kita hanya mengenal blog sebagai media curhat atau bentuk lain dari buku harian digital (dairy) yang berisi beragam hal, namun kini blog punya kekuatan tersendiri dengan munculnya blog – blog khusus (niche blog).

Blog khusus (niche blog) saat ini memang berkembang pesat seiring dengan fenomena monetisasi blog. Maka jangan heran jika kini kita bisa menemukan blog-blog yang khusus membahas tema-tema tertentu seperti niche kesehatan, niche teknologi, niche travelling, niche kuliner, niche sepak bola atau niche-niche lain yang mungkin saja bisa lebih spesifik.

Lalu kenapa blog niche (khusus) ini bisa menjadi begitu menjadi perhatian karena dinilai lebih menguntungkan? Berikut ulasannya.

Artikel lain: 6 Cara Untuk Membuat Konten Blog Lebih SEO




1. Memikat Pembaca Setia

Hal pertama yang membuat Niche blog lebih menguntungkan adalah peluang blog niche untuk mendapatkan pembaca setia. Ya, dengan Anda konsisten memposting konten dengan tema yang sama, maka pembaca yang datang akan mengetahui bahwa blog Anda memang spesifik.

Maka saat mereka membutuhkan informasi yang sama, mereka akan mengingat blog Anda dan akan mengakses blog Anda untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Saat Anda mendapatkan pembaca setia dengan besarnya kepercayaan pada suguhan informasi blog yang ada, maka kesempatan Anda untuk memonetisasi blog akan semakin besar.

2. Membangun Komunitas

Komunitas adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan pandangan, kesukaan dan hobi. Nah, dengan Anda membangun blog niche (blog dengan tema khusus), maka secara tidak langsung Anda sedang mengupayakan membuat tempat atau media berkumpulnya orang-orang dengan kesukaan sejenis. Jika Anda mau dan ingin mengembangkan hal ini, bukan tidak mungkin sebuah komunitas di kehidupan nyata bisa terbentuk dari blog niche Anda.

3. Menjadi Ahli atau Spesialis

Jika Anda terus-menerus dengan konsisten memposting tulisan dengan tema yang sama, maka ilmu Anda tentang topik atau tema tersebut akan terus semakin bertambah. Nah, apabila hal ini telah melekat dan menjadi identitas Anda yang didapat dari pengakuan publik, maka itu artinya Anda telah menjadi seorang yang ahli atau spesialis pada tema atau niche blog yang Anda kembangkan.

4. Menarik Para Pengiklan

Dalam hal monetisasi blog, blog niche akan memiliki peluang lebih besar menarik para pengiklan daripada blog personal. Hal ini dikarenakan niche blog atau blog khusus lebih menarik para pengiklan untuk mempromosikan produk atau jasanya karena kesamaan ide.




Para pengiklan memiliki asumsi bahwa iklan yang ditampilkan pada blog niche akan banyak menarik calon konsumen yang memang datang kesana karena satu ketertarikan yang sama. Selain iklan mandiri (spesifik), iklan dari Google atau Google Adsense juga sangat menyukai blog-blog yang memiliki tema khusus ini.

5. SEO Friendly

Dengan tema spesifik (niche) memang akan membuat blog Anda jadi #SEO friendly. SEO (Search Engine Optimization) yang akan lebih menyukai blog niche akan sangat penting buat Anda dalam hal penempatan blog pada posisi strategis di sebuah halaman mesin pencari. Dengan posisi yang strategis ini maka blog Anda akan lebih cepat mendapatkan kunjungan dan trafik yang tinggi hingga akan membuat ranking blog Anda menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Panduan Belajar Blogging Untuk Pemula, Tips Membangun Blog

6. Potensi Networking

Jaringan antar blog merupakan salah satu hal yang bisa membuat blog cepat bertumbuh. Nah untuk blog-blog dengan tema khusus (niche blog), Anda akan dengan mudah untuk membangun jaringan (networking) dengan blog-blog lain yang setipe. Kekuatan yang terbentuk dari jaringan blog niche ini akan sangat bermanfaat buat Anda untuk mampu menarik lebih banyak pemasang iklan di blog-blog yang tergabung dalam jejaringan blog tersebut.

7. Konversi Yang Lebih Tinggi

Terakhir, hal yang menjadikan niche blog lebih menguntungkan adalah adanya konversi yang tinggi. Konversi penjualan dalam kaitannya dengan blog niche ini memang akan memiliki potensi yang lebih lebih besar. Pasalnya, pembaca blog niche bisa dipastikan mereka adalah orang-orang yang targeted, segmented dan siap untuk membeli produk atau jasa. Dengan besarnya pengunjung yang targeted ini maka peluang dalam deal penjualan akan juga semakin terbuka lebar.



19 total comments on this postSubmit yours
  1. saya sudah bingung mau komentar gimana lagi, semua nya terlalu bagus dan nancep banget buat saya, sekaligus mampu membuat saya lebih semangat ngeblog. semoga ilmu bermanfaat mas

  2. Termakasih artikelnya mas, Kalo niche games bagaimana melawan persaingan dengan website yang sudah lebh dulu populer ya mas?

  3. Mas, saya ini pemula banget hehe…masih bingung nih untuk memulainya…
    untuk membuat artikelnya itu lo bingung mas…gimana menurut pendapat jenengan?

  4. Sangat sangat terbantu sekali dengan pemaparan diatas. Selain dapat wawasan baru tentang blogging, main2 di maxmanroe sangat menyenangkan. Mudah-mudahan ketemu titik terang disini. Thanks bang

  5. terima kasih mas infonya bermanfaat… konjungi blog ane dan komentarnya ditunggu

  6. infonya sangat bermanfaat, terimaksih banyak sudah berbagi

  7. Bagaimana cara mengubah blog saya menjadi niche blog mas ?? Mohon penje lasannya mas …

  8. keren.. thanks mas, artikel2nya sangat membantu :D :)

  9. Niche Blog yang paling banyak dicari orang Apa ya Mas ?

    • Tentang bisnis, film animasi, game, ada banyak kog mas. :)

      • untuk niche/topik movie saya masih bingung dalam penulisan artikel mas. solusinya mas utk niche blog tsb

        • Bikin ulasan atau opini tentang sebuah film

  10. wah harus pindah ke blog niche nih -_-

  11. Terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat, terus berkarya Mas Max

  12. Apakah membuat fanpage di facebook bisa menguntungkan juga untuk blog??

  13. Salah satu keuntungan niche yang tertarget yaitu benar yang nomor satu , yaitu adanya pembaca setia . jadi mereka tahu harus kemana untuk referensi

  14. syukurlah, gak nyesal saya garap blog niche dari setahun yang lalu pas pertama mengenal blog,

  15. Makasih sharingnya mas, pokoknya apapun yang di tulis di maxmaroe.com selalu mantab,,, saya kalo sehari gk masuk kesini rasanya gimana gitu ??? hahaha,,, sy banyak belajar dari sini

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud