Gita Wirjawan ~ Pengusaha Sukses Dengan Karir Cemerlang di Pemerintahan

Gita Wirjawan

Nama Gita Wirjawan populer di mata publik saat dirinya dilantik menjadi Menteri Perdagangan kabinet Indonesia Bersatu Jilid dua pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Namanya kemudian makin melesat ketika ia mengikuti konvensi Partai Demokrat untuk menjaring calon presiden dari partai pemenang pemilu tahun 2009 ini.

Dengan karir di pemerintahan yang bisa dikatakan cemerlang ini, tahukah Anda bahwa pria kelahiran Jakarta, 21 September 1965 ini sudah terlebih dulu sukses menjadi seorang pengusaha? Ya, Gita Wirjawan memang anak bangsa yang juga #pengusaha sukses di Indonesia.

Lalu seperti apakah bisnis, perusahaan serta kisah perjalanan karir Gita Wirjawan? berikut ulasannya.

Masa-masa Sulit Diperkuliahan

Hampir seluruh #pendidikan dasar dan menengah Gita dihabiskan di luar negeri. Bangladesh dan India adalah negara di mana Gita remaja menjalani masa-masa mudanya. Ayahnya yang bekerja di perwakilan WHO Indonesia sebagai dokter ahli kesehatan menuntut Gita selalu mengikuti ayahnya dimana ditugaskan.

Saat beranjak menuju perguruan tinggi, Gita memilih Amerika Serikat sebagai persinggahan berikutnya. Gelar sarjananya diselesaikan di University of Texas Amerika Serikat dan gelar pendidikan S2 pertamanya tamat di Baylor University.




Saat menempuh kuliah Di Amerika ini, Gita mengalami masa-masa  yang sulit. Hal ini dikarenakan Ayahnya saat itu telah pensiun tidak bisa membiayai secara penuh biaya kuliahnya di Amerika. Namun meski terhimpit oleh keadaan yang sulit, Gita selalu teringat kata-kata “You’re bigger than what you think you are” dari Winnie the Pooh.

Dengan kata-kata penyemangat tersebut, Gita kemudian berjuang melawan himpitan kesulitanya tersebut dengan kerja keras dan memanfaatkan segala kesempatan yang ada. Berbagai pekerjaan kasar seperti menjadi pembersih toilet, pencuci piring di restoran, supir hingga sempat berjualan kulit ular pernah dijalaninya untuk mengumpulkan uang.

Di sela-sela libur kuliah, Gita juga rajin memberi les piano. Dari segala perjuangan dan pekerjaan yang dijalani inilah kemudian Gita bertemu dengan Yasmin Stamboel, cucu pahlawan Otto Iskandar Dinata yang kemudian menjadi istrinya.

Artikel lain: Chairul Tanjung, Si Anak Singkong Yang Menjadi Pengusaha Sukses Dan Menteri

Karir dan Pekerjaan

Setelah lulus dari Baylor University, Gita sempat bekerja di City Bank. Namun setelah lulus S-2 keduanya di Havard University jurusan Administrasi Publik, Gita bekerja di Goldman Sachs Singapura, sebuah bank yang didirikan oleh Marcus Goldman hingga tahun 2004. Tahun 2005 Gita pindah lagi ke ST Telekomunikasi sampai 2006 juga di Singapura. Di tahun 2006 hingga 2008, Gita kemudian memimpin dengan menjadi direktur di JP Morgan Indonesia posisi sebagai direktur utama.




Terjun ke Bisnis

Pada tahun 2008, Gita mundur dari posisi direktur JP Morgan Indonesia dan mendirikan perusahaan Ancora Capital, sebuah perusahaan investasi di bidang pertambangan dan sumber daya. Dengan berbagai pengalaman dan keyakinannya di bidang finansialnya, Gita pun sukses membangun Ancora Capital hanya dalam waktu hitungan bulan.

Dalam waktu yang singkat itu, Gita berhasil mengambil beberapa saham di perusahaan besar seperti Perusahaan Apexindo, Perusahaan PT Bumi Resources, Prata Duta, Perusahaan Multi Nitrat Kimia, hingga perusahaan properti di Jakarta dan juga Bali. Keberhasilan Gita memimpin perusahaan Ancora ini diyakini karena pandainya ia memaksimalkan koneksi bisnisnya saat kuliah di Harvard.

Baca juga: Surya Paloh ~ Pengusaha Sukses di Bisnis Media Massa

Kegiatan Gita Wirjawan Lainnya

Selain menjalankan bisnis dan berkarir di pemerintahan, Gita juga diketahui memiliki beragam aktivitas lain. Untuk menyalurkan hobi musik Jazz-nya, Gita diketahui mendirikan sebuah produksi musik yang bernama Omega Pasific Production.

Produksi musik ini bisa dikatakan berhasil karena ia mampu membawa seorang pianis Nial Djuliarso, Bali Loungue yang di vokalisi oleh Tompi dan Jazz Cherokke di album jazz yang diproduksinya. Dan yang lebih hebatnya lagi, beberapa lagu yang dinyanyikan dalam album tersebut merupakan hasil aransemen Gita sendiri.

Hobi lain Gita selain musik jazz adalah bermain golf. Bahkan karena kecintaannya yang besar pada golf ini, Gita mendirikan lapangan golf yang diberi nama Ancora Golf. Dan satu lagi kegiatan lain Gita di bidang olahraga saat ini yaitu menjadi ketua PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). Jabatan yang diembannya dari tahun 2012 hingga 2016 ini tentu semakin menambah warna hidup Gita Wirjawan setelah juga pernah terjun ke dunia politik di tahun 2011-2014.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud