Mau Sukses Berjualan Online di Instagram? Coba Terapkan 6 Tips Berikut Ini

Berjualan Online di Instagram

Image dari Nextshark.com

Sebagai media sosial yang sudah populer dimata netizen, Instagram tentu saja sangat bermanfaat bagi siapapun. Tidak hanya untuk ajang eksistensi diri, Instagram kini juga bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan usaha Anda. Maka dari sini para pebisnis yang memang memiliki keinginan agar produknya laris manis mereka memiliki kesempatan dan peluang besar untuk mewujudkannya dengan baik.

Namun untuk bisa mensukseskan jualan via Instagram ini Anda membutuhkan beberapa tips dan strategi. Lalu bagaimana cara dan tips untuk sukses berjualan online di Instagram ini? Berikut ulasannya.

1. Buatlah Akun Profesional

Tips pertama untuk sukses berjualan online di Instagram adalah membuat akun Instagram yang profesional. Ya, untuk bisa menarik banyak pelanggan untuk membeli produk, Anda memang tidak bisa membuat akun secara sembarangan. Lebih dari membuat akun biasa, Anda harus membuat akun yang profesional.

Caranya buatlah nama brand toko Anda yang baik dan dapat terlihat lebih terpercaya. Dengan nama akun atau ID yang lebih keren dan profesional ini maka produk Anda akan lebih mudah di ingat oleh customer. Dengan demikian maka penjualan via Instagram pun akan makin meningkat.

Artikel lain: 4 Tips Food Photography untuk Bisa Datangkan Banyak Follower Pada Akun Instagram Anda




2. Tetapkan Target Audiens yang Sesuai

Setelah membuat akun yang profesional, maka hal berikutnya yang perlu Anda lakukan untuk bisa sukses berjualan via Instagram adalah menetapkan target audiens yang sesuai. Anda memang harus menentukan target pasar yang akan di sasar. Mengapa? Sebab dengan mengetahui target pasar atau konsumen yang akan disasar maka Anda akan mampu membuat konten yang tepat dan sukses menghasilkan konversi penjualan.

3. Buat Konten dengan Visualisasi Menarik

Berikutnya tips agar bisa sukses berjualan online di Instagram adalah membuat konten dengan visualisasi yang menarik. Konten dalam media sosial Instagram ini maksudnya adalah gambar dan tulisan. Karena Instagram ini adalah jejaring sosial yang berbasis gambar maka konten foto akan memiliki porsi yang lebih besar.

Selain foto, Anda juga membuat konten visual yang lebih menarik di Instagram ini dengan cara membuat video. Cobalah juga untuk membuat konten foto dan video yang mampu bercerita agar follower yang melihatnya bisa tertarik. Dengan foto dan video yang menarik ini maka Anda akan berpeluang mendapatkan pelanggan yang lebih ebsar.

4. Buatlah Kampanye yang Viral

Meski tidak mudah, namun Anda harus terus berusaha untuk membuat kampanye iklan yang bisa meluas (viral). Memang apa manfaatnya? Sebab dengan kampanye viral ini maka produk Anda akan makin dikenal secara luas. Lalu bagaimana caranya untuk bisa membuat kampanye yang viral ini? Tentu saja ada banyak cara, salah satu yang bisa Anda coba yaitu membuat kuis berhadiah.

Masyarakat Indonesia yang suka sekali dengan yang berbau gratis dan hadiah bisa Anda manfaatkan dengan membuat kuis berhadiah dengan beberapa ketentuan. Nah dari sini Anda bisa membuat ketentuan penulisan atau pencantuman hashtag (#). Kode ini memang banyak terbukti membuat kampanye iklan  berjalan dengan efektif.




5. Ciptakan Testimonial Terpercaya

Tidak semua orang bisa percaya dengan produk yang kita jual secara online ini. Hal ini wajar-wajar saja sebab menurut penelitian tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap bisnis online memang masih sangat rendah. Maka dari fakta ini Anda sebagai pebisnis online via Instagram harus lebih serius untuk membuat calon konsumen percaya dengan apa yang Anda jual.

Bagaimana caranya? Salah satu caranya yaitu dengan membuat atau menciptakan testimoni atau ungkapan dari beberapa orang yang telah membeli produk Anda. Cobalah untuk meminta testimoni dari pembeli yang telah menggunakan produk Anda dan kemudian tampilkan pada postingan akun instagram Anda. Dari sini maka kemungkinan untuk Anda mendapatkan pembeli besar akan terbuka lebar.

Baca juga: Intip 4 Resep Ledakkan Popularitas Akun Instagram Ala Entreprenuer Sukses Ini

6. Tingkatkan Brand Awareness

Terakhir, tips untuk membuat jualan online via Instagram Anda berjalan dengan suskes adalah dengan meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan brand atau merk. Ya, setelah beberapa tips diatas Anda lakukan dan Anda telah mendapatkan beberapa pembeli. Maka Anda harus melakukan penguatas brand dari produk yang Anda miliki. Jika Anda berhasil menjalankan strategi ini maka Anda akan semakin mudah untuk meningkatkan penjualan.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. pengalaman pribadi mas,,saya punya 1000 folowers tertarget,,,paling banter closing 5%…susahnya menaikan folowers…terimakasih artikelnya ..Joss

  2. terima kasih dan infonya sangat bermanfaat…..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud