Mau Menjalankan Bisnis Dari Rumah? Jawab 3 Pertanyaan Ini Dulu

Mau Menjalankan Bisnis Dari Rumah? Jawab 3 Pertanyaan Ini Dulu

Banyak orang mengidamkan-idamkan punya bisnis sendiri yang bisa dikerjakan dari rumah. Tak sedikit yang mencoba memulai usaha di rumah namun mengalami kegagalan. Memang sangat menginspirasi bila melihat orang yang sukses dengan berbisnis dari rumah. Namun kemudahan tersebut bisa saja menjadi bumerang bagi Anda jika tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Berbisnis atau memulai usaha di rumah tidaklah semudah yang kita bayangkan. Tidak pula lebih mudah dari mengelola usaha yang berada di luar rumah, misalanya seperti mengelola perusahaan ataupun sebuah toko yang jauh dari rumah. Banyak hal yang mempengaruhi kesulitan menjalankan sebuah bisnis dari rumah. Jika Anda benar-benar ingin menjalankan sebuah bisnis dari rumah, Anda perlu menjawab tiga pertanyaan sederhana di berikut ini.

Artikel lain: Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

1. Apakah Anda Disiplin Dalam Bekerja?

Masalah kedisiplinan sebenarnya bukan saja dihadapkan kepada pebisnis yang mengelola usahanya dari rumah. Semua pebisnis harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Namun untuk bisnis yang Anda kelola sendiri dari rumah, tentu akan sangat memerlukan kedisiplinan yang lebih.

Seperti yang ditekankan di atas, bisnis dari rumah tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Apalagi jika Anda tidak memiliki kedisiplinan yang teguh. Saya jamin hanya kegagalan yang akan Anda dapatkan.

Jujurlah pada diri sendir, seberapa disiplinkah Anda dalam mengelola sebuah pekerjaan. Apakah selama ini Anda sudah bangun lebih pagi dari yang lainnya setiap hari? Itu hanya contoh sederhana. Bekerja di rumah tanpa ada arahan atau aturan dari bos, Anda sendiri yang membuat semua peraturannya.

Anda mau berbuat apapun tidak ada yang memarahi, di situ kadang kita merasa bebas dan menjadikan etos kerja kita lemah. Jadi jawab dengan jujur pertanyaan ini, dan pertimbangkan seberapa besar kedisiplinan Anda untuk menjalankan bisnis dari rumah.

Artikel lain: Cermatlah Sebelum Memutuskan Bekerja dari Rumah

2. Sudahkah Memiliki ‘Modal’ Untuk Berbisnis di Rumah?

Seringkali untuk memulai sebuah bisnis memerlukan modal yang cukup besar. Apakah Anda yakin dengan sumber dana yang akan digunakan untuk memulai sebuah usaha di rumah? Apakah sumber dana tersebut tidak akan mengganggu ‘kesehatan’ keuangan keluarga Anda jika terjadi sesuatu dengan bisnis Anda? Jangan sekedar memberanikan diri memulai usaha di rumah tanpa melakukan kalkulasi yang baik.

Lihatlah kondisi Anda dengan realistis, apa yang Anda butuhkan untuk memulai usaha, apakah Anda sudah memilikinya ataukah belum. Jika Anda tidak memiliki waktu, uang maupun modal yang lain, lebih baik Anda pending dulu keinginan untuk berbisnis dari rumah.

Sebaiknya jangan mengorbankan sesuatu hanya untuk mendapatkan sesuatu yang belum pasti. Amankan dulu finansial Anda baru kemudian rencanakan kembali program-program Anda. Jika Anda memaksakan diri dengan berhutang, ada resiko yang akan menanti Anda ke depan.

Baca juga: Memulai Bisnis Tanpa Modal – Apakah Mungkin?

3. Apakah Anda Memiliki Dukungan yang Cukup?

Bisnis dari rumah yang akan Anda kerjakan akan sangat menguras waktu dan energi, mungkin juga uang. Jadi pastikan jika Anda akan memulai bisnis dari rumah Anda memiliki sistem pendukung yang kuat. Bisnis di rumah yang nantinya akan Anda kelola bukan hanya tentang bisnis, namun lebih dari itu banyak faktor yang berperan di dalamnya. Di sini ada keluarga, ada istri ada juga anak atau mungkin juga saudara yang lain. Jadi sebagai penyokong bisnis rumahan Anda akan sangat baik jika keluarga bisa mendukung seratus persen aktifitas bisnis tersebut.

Komunikasi dengan keluarga sebelum Anda memulai bisnis akan sangat membantu mempermudah Anda dalam memulai bisnis. Jelaskan semua resiko yang mungkin akan Anda hadapi dalam menjalankan bisnis di rumah. Dan jangan lupa untuk menyatukan komitmen dengan keluarga Anda. Jika semuanya sudah jelas dan memberikan support, maka langkah Anda akan semakin leluasa untuk menjalankan usaha Anda dari rumah.

Nah, itulah beberapa pertanyaan yang bisa Anda jadikan pertimbanagn sebelum memutuskan untuk memulai berbisnis di rumah. Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan. Pikirkan dalam keadaan tenang agar mendapatkan keputusan yang bijaksana. Good Luck!

3 KOMENTAR

  1. Memang benar adanya bahwa bisnis dari rumah terlihatnya mudah, tetapi sebenarnya lebih sulit dari apa yang dibayangkan. Dan yang pasti akan ada juga tantangannya.

  2. Yang paling sulit nomor satubtentang kediaiplinan. Memang benar melihat orang lain sukses ane ikut2n. Sebgai contoh dri saya sendri ikut adsense karena nonton video eka leamana. Setelah diterima ternyta bukan main susahnya cari yang nmnya $ . bkin artikel semaunya. Mlas melanda. Disiplin memang menjadi nomor satu jika ingin sukses. Postingan sangt bermanfaat tax

  3. harus memenuhi semua 3 itu kah ?

Tinggalkan Balasan