Mau Jalankan Bisnis Clothing Line? Lakukan 6 Hal Ini Sebelumnya

Image dari Vwmin.org

Image dari Vwmin.org

Bisnis dan industri fashion di Indonesia saat ini memang bisa dikatakan sangat berkembang dengan pesat. Dari pertumbuhan  yang menggairahkan ini tak ayal bila kemudian muncul beberapa bisnis atau usaha fashion dengan konsep-konsep yang menarik. Salah satu konsep #bisnis fashion yang cukup menarik untuk dibahas disini adalah clothing line yang muncul dan menjadi tren sejak tahun 2000-an.

Clothing Line sendiri adalah bisnis jualan pakaian oleh kaum-kaum remaja dengan brand-brand karya mereka sendiri yang dipasarkan lewat distro-distro atau melalui #media sosial (online). Sebut saja beberapa brand semacam Woles, Dreambirds Artwear, Sunday Sunday, Peter Say Denim dan Crooz. Bagi Anda yang juga tertarik dengan dunia bisnis clothing line ini maka Anda harus bersiap dengan enam hal berikut ini.

1. Buat Rencana dan Jalankan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum bisnis clothing line ini adalah membuat rencana dan memikirkan modal. Rencana memang sebuah landasan utama bagi semua bisnis untuk bisa melangkah dan memulai usaha dengan baik.

Maka rencanakanlah bisnis clothing line Anda ini dengan membahas modal, target pasar serta strategi pemasarannya. Dengan ini semua Anda akan terbantu untuk lebih fokus pada pengeluaran untuk produksi dan tidak mencampurkannya dengan pengeluaran pribadi.

Artikel lain: Damn I Love Indonesia ~ Kesuksesan Brand Fashion Populer Dengan Jargon Cinta Tanah Air




Selain itu perencaan yang matang ini akan membuat Anda mampu menganalisis kompetitor, merencanakan distribusi dan mengestimasi penjualan. Jika Anda ingin lebih serius dan profesional, Anda bisa mengkonsultasikan perencanaan bisnis ini dengan ahlinya agar Anda semakin mahir nantinya.

2. Jadilah Spesialis

Sebelum benar-benar menjalankan bisnis clothing line ini Anda harus memiliki komitmen untuk tetap fokus pada satu bidang fashion sampai sukses. Ini adalah teknik untuk menjadikan Anda sebagai spesialis dalam bisnis clothing line yang bisa menjadikan brand Anda dikenal dan populer. Semakin Anda menjadi spesialis maka semakin besar pula kesempatan Anda dan bisnis clothing line Anda untuk menjadi populer.

Bukankah menekuni satu hal sampai sukses lebih baik daripada menjalankan banyak usaha namun tidak ada yang sukses. Jika kemudian dirasa sudah stabil dan sukses, maka Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dengan menjadi satu kesatuan, misalnya saja merambah bisnis aksesori yang feminin sesuai dengan koleksi busana.

3. Berpikir Sebagai Seorang Pebisnis, Bukan Desainer

Bisa jadi Anda tertarik menggeluti bidang clothing line ini karena Anda adalah seorang desainer yang sangat mencintai dunia desain. Maka jika kondisi Anda memang demikian, maka alangkah lebih baik jika Anda merubah mental Anda sebagai seorang pebisnis atau pengusaha.

Ya, demi meraih sukses meraih pendapatan yang menguntungkan Anda memang mau tak mau harus berpikir, bersikap dan bertindak selayaknya seorang pebisnis. Dalam hal ini Anda harus mampu mencari peluang, mengolah berbagai potensi dan mencari keuntungan.




4. Beli Material Secara Grosir

Namanya berbisnis di bidang fashion maka Anda mau tak mau harus mempersiapkan diri untuk pembelian bahan untuk baju. Untuk bisa mencapai keuntungan, Anda bisa membelanjakan bahan ini secara grosir. Dengan membeli secara grosir Anda akan mendapatkan potongan harga yang cukup berarti untuk bisa Anda jadikan keuntungan saat Anda memproduksi baju. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar mencari tempat murah dan membelinya dalam partai besar sehingga harganya bisa lebih murah.

Baca juga: 7 Ecommerce yang Sukses Kembangkan Konsep Fashion Ramah Lingkungan

5. Kerjasama dengan Orang Lain

Jalinan kerjasama dengan mitra atau rekan kerja merupakan sesuatu yang penting untuk bisnis Anda. Semakin banyak mitra dan rekan kerja yang Anda jalin maka semakin baik juga peluang Anda untuk menjejakkan diri pada kesuksesan. Ini dikarenakan dengan memiliki banyak mitra dan rekan kerja Anda akan mendapatkan banyak bantuan jika suatu saat Anda mendapat kesulitan.

6. Profesional

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan sebelum bisnis clothing line ini adalah profesionalisme. Jika Anda mau sukses Anda memang harus mau bersikap dan bertindak secara #profesional. Dengan profesionalisme yang Anda tampilkan maka Anda akan mendapatkan timbal balik yang setimpal untuk kesuksesan bisnis clothing line Anda.

Maka dari itu jangan ragu untuk bersikap profesional, meskipun itu akan menguras kas perusahaan Anda. Hasilnya tentunya ada di belakang setelah Anda memberikan sikap profesionalisme Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Bisnis clothing lina adalah impianku sejak lama .. terimakasih artikelnya sedikit banyak memberikan pencerahan :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud