7 Ecommerce yang Sukses Kembangkan Konsep Fashion Ramah Lingkungan

7 Ecommerce yang Sukses Kembangkan Konsep Fashion Ramah Lingkungan

Image dari Ecouterre.com
Image dari Ecouterre.com

Pertumbuhan dunia e-commerce dengan segala kelebihannya saat ini memang membuat banyak pihak ingin menjajalnya. Tak ayal kemudian banyak produk online yang bermunculan dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Salah satu produk yang kini sedang menjadi tren dan dijual secara online adalah produk fashion berkonsep eco-fashion.

Apa itu eco-fashion? secara sederhana, Eco-fashion merupakan produk #fashion yang ramah lingkungan dan didasari karena sebuah kesadaran lingkungan. Meskipun kemudian banyak yang kontra akan keberadaannya sebab masih menggunakan bahan kimia, menurut saya eco-fashion perlu diapresiasi dalam masa pertumbuhannya saat ini.

Jika Anda adalah salah seorang pecinta produk-produk ramah lingkungan, eco-fashion bisa menjadi pilihan berbelanja. Dengan sistem online, Anda pun akan lebih dimudahkan untuk berbenja produk ini. Berikut beberapa referensi e-commerce eco-fashion yang bisa Anda pilih.

1. Ecommerce Eco-fashion Toko Fashionku

#Ecommerce eco-fashion pertama yang bisa Anda pilih adalah Toko Fashionku. Dengan alamat situs TokoFashionku.com, TokoFashionku menghadirkan fashion bertema lingkungan (eco-fashion) dengan penggunaan beberapa bahan seperti serat bambu, katun organik, dsb. Toko yang berpusat di Bandung ini memiliki produk yang terkenal yaitu handuk serat bambu yang lembut dan menyerap lebih cepat dari handuk biasa.

Artikel lain: BelowCepek.com, Startup Ecommerce Fashion Berkonsep Fixed Price

2. Goddes on The Go

Dengan alamat situs www.Goddessonthego.net, Goddes on The Go yang berpusat di Bali menjual kain Lenzing Modal yang terbuat dari serat kayu beech. Keunggulan serat  kayu beech yang ditanam di daratan Eropa ini adalah memiliki serat yang diklaim paling halus dan paling ramah lingkungan di dunia.

3. Komodo

Berdiri sejak awal tahun 1990-an, online shop Komodo yang berpusat di Inggris ini mempromosikan penggunaan beberapa bahan alami seperti katun organik, rami ganja, bambu, dan serat-serat alami lainnya. Katun organik dan sol daur ulang sendiri diproduksi di Kathmandu, Nepal.

Selain t-shirt, #toko online yang terinspirasi dari budaya dan warna Asia ini juga memproduksi jaket, sweater, mantel, dan sepatu. Pemasaran Komodo sendiri telah mencapai Benelux, Prancis, Italia, Jerman, Austria, dan Australia.

Selain berbisnis, online shop yang memiliki situs www.Komodo.co.uk juga seringkali terlihat mendukung kegiatan sosial seperti Sumatran Orangutan Society, Sunrise Children’s Association, Portal Bike, Inspirasia Foundation, dsb.

4. Loomstate

Dengan misi menyehatkan para petani, lingkungan dan semua orang yang terlibat dalam produksi fashion, Loomstate menjadi toko online yang begerak di penjualan eco-fashion. Dengan alamat situs www.Loomstate.org, online shop yang berpusat di Amerika ini menjanjikan t-shirt yang lembut dan tidak menyusut.

Bahan yang digunakan sendiri adalah katun organik yang ditanam di sebuah daerah di India. Tidak jauh berbeda dengan Komodo, Loomstate juga seringkali menampakkan dirinya dalam beberapa proyek menciptakan bumi sehat bersama komunitas setempat.

5. Kuyichi

Diambil dari nama dewa di Peru sebagai tempat bahan baku katun organik yang didapat, Kuyichi memiliki misi ingin menjadikan tren fashion ramah lingkungan ini sebagai tradisi untuk generasi mendatang. Toko online yang beralamat www.Kuyichi.com ini  memproduksi barang-barangnya di beberapa negara di Asia dan Eropa. Dengan pusatnya di Belanda, Kuyichi yang berdiri sejak 2001 memperkenalkan bahan katun organik pada industri fashion.

6. Tentree

Tentree adalah sebuah toko online yang menjalankan program dimana bila seseorang membeli produk fashion di Tentree, maka itu artinya mereka sama dengan menanam 10 pohon di Madagaskar dan Ethiopia. Sampai saat ini penjualan yang bisa dilakukan melalui situs www.Tentree.com telah menghasilkan pohon yang tertanam sejumlah  4.948.780 batang.

Selian menjalankan program penjualan yang mendukung pelestarian lingkungan, Tentree juga menerapkan sistem kerja yang ramah lingkungan dengan menggunakan jam kerja dan gaji sesuai dengan peraturan di negara tersebut serta tidak mempekerjakan anak-anak.

Baca juga: Blibli.com, Pelopor Ecommerce Berkonsep Mall Online di Indonesia

7. Peopletree

Terakhir, toko online yang menjual eco-fashion dalam sistem online adalah Peopletree. Dengan menggunakan produk lokal dan pewarna alami, pihak People Tree menjamin produknya bebas bahan berbahaya bagi lingkungan. Toko online yang berpusat di Inggris ini mengutamakan perdagangan yang adil dan fashion yang ramah lingkungan.

Dengan sistem yang dijalankannya tersebut, People Tree juga dikenal sebagai organisasi pertama yang mendapat GOTS (Global Organic Textile Standard), standar tekstil organik dunia. Di dalam websitenya yaitu www.Peopletree.co.uk, People Tree juga menampilkan wajah-wajah para pekerjanya yang kebanyakan berasal dari negara berkembang.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan